Thursday, November 6, 2008

ISDM Present: * Work Load Analysis & Man Power Planning * Effective Interviewing Techniques

Rekan-rekan, kami sampaikan informasi jadwal topik training yang iSDM selenggarakan di Bulan November 2008:

  1. Work Load Analysis & Man Power Planning : 11– 12 November 2008

  2. Effective Interviewing Techniques : 13 November 2008

  3. Emotional Intelligence at Work : 13 – 14 November 2008

  4. Industrial Relation Analyst Program : 13 – 14 November 2008

  5. Situational Leadership ; 18 – 19 November 2008

  6. Return On Training Investment : 18 – 19 November 2008

Apa yang kami akan bahas pada topik tersebut:

1. Work Load Analysis & Man Power Planning : 11– 12 November 2008

PENGANTAR

Dalam rangka menyongsong tahun anggaran baru, HRD dituntut untuk mampu merencanakan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dapat secara efektif mampu menunjang target-target perusahaan di tahun depan. Dalam proses perencanaan kuantitas dan kualitas tenaga kerja, hal ini tidak dapat dilepaskan dari pemahaman dan penguasaan aktivitas 'Analisa Beban Kerja'. Dan, selanjutnya penguasaan aktivitas 'Analisa Beban Kerja' akan lebih sempurna bila dibarengi dengan kemampuan melakukan 'Man Power Planning' sehingga HR dapat berperan sebagai "Strategic Partner" bagi Top Manajemen sekaligus sebagai "Fasilitator" bagi setiap kebutuhan spesifik Unit kerja.

POKOK BAHASAN

  • Definisi Analisa Beban Kerja

  • Jenis-jenis Analisa Beban Kerja

  • Alternatif Pendekatan & Metode Analisa Beban Kerja

  • Teknik Analisa Beban Kerja

  • Konsekwensi dan Analisa Beban Kerja

  • Kaitan Analisa Beban Kerja & Man Power Planning (MPP)P)

  • Definisi MPP

  • Perbedaan antara MPP dan HR Planning

  • Alternatif Pendekatan dan Metode MPP

  • Mekanisme Makro MPP (Total Company Man Power Planning)

  • Mekanisme Mikro MPP (Divisional Man Power Planning)

TRAINING TOOLS

  • Simulasi "Business Process" (Formula MS Excel)
  • Simulasi "Analisa Beban Kerja" (Formula Ms Excel)
  • Simulasi "Man Power Planning" (Formula Ms Excel)

LEAD TRAINER

Ir. Dinarwulan Sutoto, MSi.

Berpengalaman lebih kurang 19 tahun sebagai praktisi, beliau pernah menjabat serangkaian posisi strategis di bidang sumber daya manusia (General Manager HR, Manager Planning & Recruiting). Pemegang gelar master di bidang manajemen SDM Universitas Indonesia ini telah mengikuti beberapa pelatihan HR beberapa insitusi terkemuka lokal maupun internasional (National University of Singapore, Michigan University, Watson & Wyatt Consulting, Hay Management Consulting dan Hewitt Indonesia). Beliau dikenal memiliki pengalaman unik dan menjadi legendaris setelah berhasil mengadaptasi beberapa modul dan sistem HR global ke kebutuhan/kondisi lokal.

Workshop Investment : Rp 2.950.000,-

Early bird &nb sp; : Rp. 2.725.000,- (registered before October 31st, paid before Nov 4th 2008).

Special price for group : Rp. 2.500.000,- (minimum 3 participants)

Back to Top

2. Effective Interviewing Techniques : 13 November 2008

PENGANTAR

Setiap hari terjadi interview di dalam perusahaan. Ada yang dalam rangka memilih calon karyawan yang tepat. Mengetahui akar permasalahan yang terjadi diantara karyawan dan pekerjaan, memberi penilaian atas kinerja yang dihasilkan, memberi dukungan untuk perbaikan dalam bentuk coaching & Counseling dan interview akhir – exit interview – kepada karyawan yang akan keluar dari perusahaan. Dengan pengetahuan dan teknik yang tepat, Interview menjadi sangat besar peranannya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, kemudian mengambil keputusan selanjutnya.

Program Effective Interviewing Techniques ini disusun secara sistematis, untuk melengkapi seorang manajer dalam tugasnya memilih calon karyawan yang tepat, memahami persoalan yang dihadapi bawahannya dan mendapatkan masukan-masukan yang berguna bagi peningkatan kinerja dirinyadan perusahaan.

POKOK BAHASAN

1. Interview sebagai alat komunikasi

2. Dasar Psikologi untuk Interview.

3. Teknik memotivasi responden

4. Membuat sasaran dan menyusun Pertanyaan.

5. Merancang kuesioner

6. Interview sebagai alat pengukuran.

7. Probing untuk mencapai sasaran.

8. Latihan Interview

9. Contoh interview : Atasan dan bawahan.

MANFAAT :

Ø Peserta memahami jenis-jenis interview.

Ø Peserta mampu mempersiapkan diri untuk melakukan interview yang lebih efektif.

Ø Peserta mampu melakukan tugasnya dengan lebih efektif dalam menyeleksi calon karyawan, menggali informasi dari karyawan, evaluasi kinerja karyawan, coaching & counseling dan exit interview.

Peserta :

Manager, Supervisor dan setiap orang yang bertanggungjawab untuk peningkatan sistem Service Excellence di bagiannya dan di seluruh perusahaannya.

Metode Seminar :

Metode yang digunakan adalah prinsip belajar orang dewasa, dengan siklus konsep, contoh, video, latihan dan kesimpulan.

LEAD TRAINER

Ir. Hermanto Kosasih, MBA

Beliau adalah Director dan Senior Management Consultant di bidang Recruitment, Management Training & Consulting. Bapak Hermanto adalah orang Indonesia pertama yang mendapat sertifikat sebagai EQ Trainer dari Six Second – USA, menjadi International EQ Associate Trainer, mengikuti program for Quality Management di AOTS, Yokohama, Jepang dan Production Process di Seiko Epson, Hirooka, Jepang. Lulusan MBA Program dari American Institute of Management Studies ini juga merupakan International Advisory and Review Board of World Customer Service Congress, Virginia – USA.

Investment:

Workshop Investment : Rp. 1.750.000,-

Early bird &nb sp; : Rp. 1.600.000,- (registered before Nov 3rd, paid before Nov 6th 2008)

Special price for group : Rp. 1.400.000,- (minimum 3 participants)

Back to Top


3. Emotional Intelligence at Work ; : 13 – 14 November 2008

PENGANTAR

Riset menunjukkan bahwa dalam semua pekerjaan, Emotional Intelligence adalah dua kali lebih penting dari IQ digabung dengan Kemampuan Teknis. Emotional Intelligence mempunyai peran lebih dari 85% dalam menentukan keberhasilan seorang yang berprestasi hebat. Para pemimpin yang memiliki Emotional Intelligence akan dapat menciptakan nilai tambah melalui peningkatan kinerja, kepemimpinan efektif, kerjasama yang lebih baik, meningkatkan motivasi, mengembangkan inovasi, penggunaan waktu dan sumber daya secara efektif dan mengembalikan rasa saling percaya.

POKOK BAHASAN

Hari Pertama &n bsp; ; &n bsp; ;

1. Definisi EQ dan metode pengembangan EQ dari Six Seconds.

2. Memahami hubungan IQ, EQ, dan keberhasilan seseorang.

3. Menggunakan metoda sederhana untuk memahami EQ diri.

4. Test EQ dan analisanya.

5. Lima kerangka pengembangan EQ

6. Test Personality dan analisanya.

7. Interaktif games untuk menemukan kecenderungan emosi diri dan kecenderungan tindakan terhadap berbagai orang dan situasi.

8. Video dan kasus yang menunjukkan akibat kurangnya keterampilan EQ.

9. Memahami kata-kata dan pengaruhnya pada tindakan, bahkan nasib seseorang. Dapat mengakibatkan kepahitan, bahkan kematian.

10. Bagaimana memperbaiki kecenderungan emosi negatif.

11. Menggunakan biodots sebagai stress indicator.

12. Mengetahui hubungan emosi dengan suhu tubuh.

13. Cara-cara mudah dan efektif untuk pengendalian emosi diri dalam berbagai situasi.

14. Tips untuk meningkatkan level emosi atau menurunkan level emosi.

15. Memahami cara kerja otak sehubungan dengan emosi, logika, kreativitas, analisa, memory, dan auto reminding system.

Hari Kedua

1. Latihan membangkitkan semangat dan emosi positif.

2. Memahami frekuensi otak yang paling baik untuk mengaktifkan auto reminding system.

3. Membuat cita-cita yang istimewa.

4. Menanamkan cita-cita ke otak bawah sadar, dan mengaktifkan auto reminding system.

5. Tips untuk membentuk tubuh sehat, jiwa sehat, dan rohani sehat.

6. Rencana pendukung untuk mewujudkan cita-cita, mencakup IQ, EQ, dan SQ.

7. Mengembangkan empati.

8. Latihan memahami emosi dan pikiran dibalik kata-kata, bahasa tubuh, dan gerak mata.

9. Berlatih memberikan respons yang tepat untuk hubungan baik, sesuai dengan keadaan emosi dan pikiran seseorang.

10. Evaluasi video.

11. Berlatih membangun hubungan yang positif dengan diri sendiri dan orang lain.

12. Berlatih memberikan feedback dan menerima feedback secara positif dan lapang dada.

13. Mengapa perlu mendengarkan intuisi dan suara hati.

14. Bagaimana mengembangkan kepekaan terhadap intuisi dan suara hati kita.

15. Memperbaiki hubungan yang terlanjur rusak, dan menyembuhkan luka batin.

16. Rencana penerapan untuk diri sendiri, dalam keluarga, pekerjaan dan kehidupan sosial.

17. Membuat noble goals.

METODA : (Six Seconds’ approach)

Multisensory-multimedia, active participation, humor, choose yourself.

MANFAAT :

1. Memahami efek emosi terhadap keberhasilan pribadi dan organisasi.

2. Mengetahui grafik EQ diri dan artinya.

3. Mengetahui kekuatan dan kelemahan diri.

4. Kecenderung emosi diri dan hubungannya dengan berbagai macam penyakit akut.

5. Memahami jenis kepribadian diri, dan mampu membaca kepribadian orang lain.

6. Menentukan area pengembangan diri yang diperlukan.

7. Dua puluh teknik mudah dan efektif untuk mengendalikan emosi secara efektif.

8. Membangkitkan semangat walau dalam keadaan ‘bad mood’, letih, lesu dan jenuh.

9. Mampu menenangkan diri walaupun dalam keadaan emosi tinggi dan ketegangan tinggi.

10. Motivasi internal menjadi yang istimewa.

11. Mengaktifkan auto reminding system diri.

12. Membuat rencana pengembangan diri yang seimbang antara IQ, EQ dan SQ.

13. Mengetahui cara-cara membaca perasaan dan pikiran orang lain.

14. Membaca hubungan bahasa tubuh dan gerak mata, dengan pikiran seseorang.

15. Menyesuaikan kata-kata dan bahasa tubuh untuk mendapat penerimaan yang lebih baik.

16. Cara-cara efektif untuk menjalin hubungan yang menyenangkan dengan setiap orang.

17. Mendapatkan feedback yang diperlukan.

18. Memberi feedback yang efektif tanpa mengorbankan hubungan baik.

19. Memperbaiki hubungan yang terlanjur rusak dengan seseorang.

20. Kehidupan yang lebih bahagia, percaya diri, optimis, dan bersyukur.


PESERTA :

Executive, Manajer, Supervisor, Staf dan setiap orang yang banyak berhubungan dengan customer atau mempunyai banyak anak buah dengan berbagai karakter.

LEAD TRAINER

Ir. Hermanto Kosasih, MBA

Beliau adalah orang Indonesia pertama yang belajar tentang EQ dari Dr. Patricia Patton – penasehat kepresidenan AS, menjadi certified EQ Trainer dari Six Second – USA, International Speaker pada Nexus EQ 2005 di Holland, dan International EQ Associate Trainer. Berkomitmen untuk memasyarakatkan EQ di Indonesia dan dunia sejak 1998.

Hermanto – sejak 1998 – telah memberikan pelatihan pengembangan Emotional Intelligence (EQ) kepada berbagai level manajemen dan karyawan dari organisasi pemerintahan, BUMN, bisnis, pendidikan, sosial dan keagamaan. Mempunyai pengalaman yang sangat mendukung sebagai praktisi di beberapa perusahaan nasional dan multinasional. Hermanto juga adalah certified Leadership Trainer dari EQUIP – Dr. John C. Maxwell, alumni AOTS Jepang untuk Program for Quality Management, dan International Advisory and Review Board of World Customer Service Congress, Virginia – USA.

Workshop Investment : Rp 2.950.000,-

Early bird &nb sp; : Rp. 2.725.000,- (registered before 3rd November, paid before 6th November 2008)

Special price for group : Rp. 2.500.000,- (minimum 3 participants)

Back to Top

4. Industrial Relation Analyst Program : 13 – 14 November 2008

PENGANTAR

Mengelola secara optimal hubungan antara pekerja dengan perusahaan adalah hal yang krusial dalam konteks produktivitas kerja dan keberlangsungan perusahaan itu sendiri. Ketidak mampuan mengelola hubungan dengan karyawan dapat menimbulkan akibat-akibat negatif yang bukan saja memiliki konsekuensi hukum, tapi juga memiliki konsekuensi lateral dengan eksistensi bisnis.

Untuk mampu mengelola hubungan industrial, seorang Industrial Officer bukan saja perlu dibekali dengan konteks legalitas (perburuhan), tapi juga dengan keterampilan yang memadai dalam menginisiasi program-program yang dapat menjaga dan menjamin hubungan yang produktif antara perusahaan dan karyawan.

MATERI PELATIHAN

  • Konsep Hubungan Industrial

  • Model Pendekatan dalam Hubungan Industrial

  • Mengelola hubungan dengan karyawan

  • Dimensi kunci dalam membangun hubungan dengan karyawan

  • Mengelola hubungan perburuhan

  • Aspek legalitas (Serikat Pekerja, Asosiasi Pemberi Kerja, KKB, UU perburuhan dll)

  • Disciplinary Action

  • Proses penyelesaian perselisihan Perburuhan

LEAD TRAINER

Slamet Pririswanto, MBA

Memiliki pengalaman kerja lebih dari 10 tahun di bidang SDM antara lain di perusahaan konstruksi dan pertambangan Ossumulia Mineratama (HR Manager), Cahaya Department Store (HR Manager), dan Wicaksana Overseas International Group, sebuah distributor retail dengan lebih dari 8.000 karyawan (sebagai Senior HR & GA Manager). Pengalaman praktisinya menjadi semakin lengkap ketika sebelum terjun ke dunia HR, beliau pernah menjadi Finance and Accounting Manager di Scheering Indonesia -sebuah chemical industry-,selama lebih dari 10 tahun. Saat ini beliau adalah owner sekaligus Director dari PT. Primaper Tradea Utama, sebuah distributor spare part otomotif di Jakarta dengan cabang yang tersebar di kota besar Indonesia.

Workshop Investment : Rp 2.750.000,-

Early bird &nb sp; : Rp. 2.550.000,- (registered before 3rd November, paid before 6th November, 2008)

Special price for group : Rp. 2.400.000,- (minimum 3 participants)

Back to Top

5. Situational Leadership ; &n bsp; : 18 – 19 November 2008

PENGANTAR

Peran dan tanggung jawab seorang supervisor terbagi menjadi tiga manajemen yang berbeda; manajemen tugas/pekerjaan (task management), manajemen diri (self management), dan manajemen orang (people management). Dalam menjalankan tugas pengelolaan orang atau pengelolaan anak buah, seorang supervisor membutuhkan keterampilan akan memimpin yang baik. Tentu saja ada perbedaan yang mendasar antara memimpin dan mengelola. Demikian pula ada banyak variabel yang harus diperhitungkan dalam menjalankan fungsi kepemimpinan. Situasi atau kondisi kerja, perbedaan individu anggota tim, dan lain-lain, membuat seorang supervisor tidak bisa mengandalkan satu pendekatan saja dalam memimpin. Seorang pemimpin yang memahami ‘situational leadership’ akan cepat menyesuaikan dan mengubah gaya kepemimpinannya mengikuti perubahan situasi dan kondisi yang terjadi.

Pelatihan “Supervisor Development Program ; SITUATIONAL LEADERSHIP” ini merupakan salah satu modul yang dibutuhkan dalam menjawab kebutuhan tersebut, karena peserta program ini akan diajak untuk mengenali tantangan / hambatan dalam upaya mencapai tingkat prestasi kinerja yang optimal (high performances); bagaimana harus bertindak lebih inovatif dan proaktif agar kualitas kerja meningkat; menyikapi pekerjaan dengan waktu yang terbatas ataupun bagaimana menjalankan peran pemimpin yang fleksibel baik dalam situasi formal maupun informal.

MATERI PELATIHAN

· Peran seorang Manajer-Supervisor-Team Leader dalam memberikan hasil bagi organisasi.

· Memimpin dan Mengelola Pekerjaan dan Bawahan

· Kompetensi utama seorang Leader yang membedakannya dari perannya sebagai Manajer.

· Mengembangkan visi dan inisiatif sebagai Pemimpin

· Karakteristik diri yang penting sebagai seorang Pemimpin

· Kepemimpinan dalam konsep Situational Leadership

· Menentukan Level Pengembangan (Development Level)

· Gaya Kepemimpinan yang Efektif untuk setiap Level Pengembangan

LEAD TRAINER

Heru Cokro, S.Psi. M.Si

Seorang senior consultant dan operational director pada sebuah lembaga training dan konsultan. Pengalaman profesionalnya diperoleh di The National Conservacy (Washington Based NGO) dan Astra International Daihatsu (sebagai Training Analyst and Training Specialist). Pemegang gelar Master Ilmu Terapan di bidang Manajemen SDM dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini telah teruji dalam memberikan banyak training, antara lain untuk: Laboratorium Ekonomi UI, LPEM UI, PT Inhutani, PT Indosat Tbk, PT Adidas Indonesia, PT Lautan Luas Tbk, Sekolah Bisnis Bakrie, dan lain-lain.

Workshop Investment : Rp 2.000.000,-

Early bird &nb sp; : Rp. 1.850.000,- (registered before November 8th, paid before November 13th,2008)

Back to Top

6. Return On Training Investment ; : 18 – 19 November 2008

PENGANTAR

Sebagaimana aktivitas perusahaan yang lain, tentunya training/pelatihan juga harus memberikan suatu return yang lebih besar dari jumlah rupiah yang telah dibayarkan untuk membiayai suatu pelaksanaan training

Para pengelola HR selama ini banyak yang berbicara tentang manfaat training secara kualitatif, dengan gaya bahasa yang umumnya hanya dimengerti oleh orang-orang HR. Untuk dapat menjustifikasi manfaat setiap pelaksanaan training, maka sudah saatnya para pengelola HR dapat menampilkan data secara kuantitatif dengan menggunakan “bahasa bisnis” yang lebih mudah dipahami oleh pengambil keputusan.

MANFAAT PELATIHAN

“apa manfaat (terukur) yang bisa dipertanggungjawabkan kepada manajemen ketika anda memutuskan mengirim sejumlah pegawai untuk mengikuti sebuah pelatihan?”

Mengetahui tahapan dan cara mengevaluasi suatu kegiatan pelatihan berdasarkan konsep perubahan (KSA) Knowledge-Skill-Attitude.

Mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan suatu training yang terukur secara kuantitatif dalam memberikan kontribusi positif terhadap kinerja perusahaan.

Mengetahui cara membuatan procedur training dan metoda evaluasi yang akurat, obyektif dan accountable tentang pelaksanaan training yang diselenggarakan suatu perusahaan, baik yang bersifat “in house training” maupun “public training”.

POKOK BAHASAN

1. Peran HR dalam Pelatihan

2. Tingkat evaluasi dalam pelatihan

- Reaction and Planed action

- Learning

- Aplication

- Business Impact

- ROI (return of investment)

3. Mengetahui elemen penting yang harus diperhatikan dalam suatu pelaksanaan training dengan menggunakan Model ROTI

- Mengembangkan tujuan pelatihan

- Menyusun rencana evaluasi

- Menetapkan Data/informasi yang diperlukan

- Memilih dan menyusun format kuesioner yang efektif untuk menggali data/informasi

- Metoda pengumpulan data/informasi

- Tahapan dan waktu pengumpulan data

4. Analisa data dan pelaporan meliputi :

- Mengisolasi efek pelatihan

- Konfersi manfaat pelatihan dalam nilai yang terukur

- Penghitungan biaya pelatihan

- Identifikasi manfaat pelatihan

- Menyajikan laporan pelatihan kepada manajemen

TRAINING TOOLS

Simulasi 'Training Impact Evaluation' (Formula Ms Excel)

LEAD TRAINER

Ir. Dinarwulan Sutoto, MSi.

Berpengalaman lebih kurang 19 tahun sebagai praktisi, beliau pernah menjabat serangkaian posisi strategis di bidang sumber daya manusia (General Manager HR, Manager Planning & Recruiting). Pemegang gelar master di bidang manajemen SDM Universitas Indonesia ini telah mengikuti beberapa pelatihan HR beberapa insitusi terkemuka lokal maupun internasional (National University of Singapore, Michigan University, Watson & Wyatt Consulting, Hay Management Consulting dan Hewitt Indonesia). Beliau dikenal memiliki pengalaman unik dan menjadi legendaris setelah berhasil mengadaptasi beberapa modul dan sistem HR global ke kebutuhan/kondisi lokal.

Workshop Investment : Rp 2.950.000,-

Early bird &nb sp; : Rp. 2.725.000,- (registered before 8th Nov, paid before 13th Nov 2008)

Special price for group : Rp. 2.500.000,- (minimum 3 participants)

Back to Top

CONTACT US:

For more information or register don't hesitate to call :

ISDM

u.p. : Dony / Ipur / Slamet

Phone : (021) 798 8484

Fax : (021) 7918 1248

e-mail : info.isdm@gmail.com

website : http://www.isdm.co.id

PERUSAHAAN YANG TELAH MENGIKUTI PROGRAM TRAINING ISDM
ABDA Insurance, ACCESS PROJECT, Adira Finance Div. Eletronik, AIG Lippo, Astra Rent A Car, Australian Red Cross Banda Aceh Office, Bank BTN, BAPPENAS, BNI Card Center, BNI Div. SDM, Bridge Consultant, CARE International Indonesia, Catholic Relief Services, Century 21, CWS Indonesia, Dana Pensiun Telkom, DELTA Jakarta, EMP Kangean, Erha Healtcare, Gatra, GS Battery, IFES Indonesia, JOB-Pertamina-Medco Tomori Sulawesi, KOKARFI, Kompas Gramedia, LPPM, Magellan Resort Indonesia, Majalah Warta Ekonomi, Metro TV, MQ TV, Oxfam GB, Panatraco Corp, PERUM PEGADAIAN, Premier Oil, PT SAI Global Indonesia, PT. Abadi Barindo Autotech, PT. Abbot Indonesia, PT. Accenture, PT. ACNielsen Indonesia, PT. Ades Waters Indonesia, PT. Adira Dinamika Multifinance, PT. Adira Finance, PT. Air Mancur, PT. Air Products Indonesia, PT. Aker Kvaener, PT. Alandick Indonesia, PT. ALSTOM Power Energy Systems Indonesia, PT. Amoco Mitsui PTA Indonesia, PT. AMWAY Indonesia, PT. Anabatic Teknologi, PT. Antam Tbk, PT. Anugerah Pharmindo Lestari, PT. Apexindo Pratama Duta Tbk, PT. Argha Karya Prima Industry, PT. Artajasa Pembayaran Elektrik, PT. Artha Mixerindo, PT. Arthaasia Finance, PT. Asia Cellular Satelite, PT. Astom Indonesia, PT. Astra Daihatsu Motor, PT. Astra Graphia, PT. Astra Honda Motor, PT. Astra International Tbk, PT. Astra International Tbk-Honda, PT. Astra Otoparts Tbk, PT. Asuransi AIA Indonesia, PT. AXA Mandiri Financial Services, PT. Badak Natural Gas Linguefaction (NGL), PT. Bahana, PT. Bakrie & Brothers Tbk, PT. Bakrie Building Industries, PT. Banatama Abba Solution, PT. Bank Artha Graha International Tbk, PT. Bank BII, PT. Bank Central Asia Tbk, PT. Bank Century Tbk, PT. Bank Danamon, PT. Bank Lippo Tbk, PT. Bank Mandiri, PT. Bank Mega Tbk, PT. Bank Negara Indonesia, PT. Bank Niaga, PT. Bank Permata Tbk, PT. Bank Tabungan Negara, PT. BASF Indonesia, PT. Basowa Berlian Motor, PT. Bayer Indonesia, PT. BCA Finance, PT. BCA Kanwil VIII, PT. Bentoel Prima, PT. Berca Komputel, PT. Biggy Cemerlang, PT. BII, PT. Binawanasarana, PT. BMB Eksport, PT. BNI Tbk, PT. Bukit Makmur Group, PT. Bukit Makmur Mandiri Utama, PT. Bumi Menara Internusa, PT. Bumi Serpong Damai, PT. Catur Khita Persada, PT. CCBI Central Java, PT. Central Sari Finance, PT. Century Batteries Indonesia, PT. Chakra Jawara, PT. Cikal Klinik, PT. Cipta Mandiri Wirasakti, PT. Cipta Multi Usaha, PT. Citra Marga, PT. Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI), PT. Citra Widya Education, PT. Coca Cola Bottling Indonesia, PT. Cogindo Daya Bersama, PT. Combiphar, PT. Dankos Farma, PT. Daya Dimensi Indonesia, PT. Dexa Medica, PT. Dharmala Polimetal, PT. DHL, PT. Diebold Indonesia, PT. DSCO Indonesia, PT. Dupont Indonesia, PT. Duta Pertiwi, PT. Dynaplast Tbk, PT. EDS Manufacturing Indonesia, PT. Elnusa Computer, PT. Elnusa Petrofin, PT. Energizer Indonesia, PT. Erra Enersi Konstruksindo, PT. Federal International Finance, PT. Federal International Indonesia, PT. Filtech, PT. Freeport Indonesia, PT. Galenium Pharmasia, PT. Geodipa Energi, PT. Grahaniaga Tatautama, PT. Gramedia, PT. Gramedia Cikarang Plant, PT. Gramedia Percetakan, PT. Hadji Kalla, PT. Henkel Indonesia, PT. Hexindo Adiperkasa, PT. Hyundai, PT. Iforte Solusi Infotek, PT. INCO, PT. Indo Cognito, PT. Indocement Tunggal Perkasa Tbk, PT. Indofood Fritolay Makmur Semarang, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk - FID Purwakarta, PT. Indomobil Suzuki International, PT. Indonesia Epson Industri, PT. Indopoly Swakarsa Industry, PT. Indosat Tbk, PT. Indotek Engico, PT. Indotruck Utama, PT. Infomedia Nusantara, PT. Integra Optima Teknologi, PT. Inti Marina Netting, PT. Irawan Prima Utama, PT. ISM Bogasari Flour Mills, PT. Jakarta International Container Terminal, PT. JAPFA Comfeed Indonesia Tbk, PT. Jati Piranti Solusindo, PT. Johnson Home Hygiene Product, PT. Kaji Inova Media, PT. Kaltim Methanol Industri, PT. KAO Indonesia, PT. Kayaba Indonesia, PT. Kepland Investama, PT. Kiani Kertas, PT. KMK Global Sport, PT. Knauf Gypsum Indonesia, PT. Kompas Media Nusantara, PT. Konimex, PT Lautan Luas Tbk, PT. Lippo Bank Tbk, PT. Lippo Karawaci, Tbk- Hospitality Division, PT. Llyod's Register Indonesia, PT. Lufthansa Systems Indonesia, PT. Lyman, PT. Manara Terus Makmur, PT. Mandiri Sekuritas, PT. Marga Nusantara Jaya, PT. Maritim Batubara Pertama (MBP), PT. Marsh Indonesia, PT. Matahari Graha Fantasi, PT. Matahari Putra Prima, PT. MC Engineering Indonesia, PT. Medco Methanol Bunyu, PT. Media Nusantara Informasi, PT. Meiji Indonesia, PT. Merapi Utama Pharma, PT. Merck Tbk, PT. Metito Indonesia, PT. Minamas Gemilang, PT. Minamas Plantation, PT. Mitra Bahtera Segara Sejati, PT. Mitra Integrasi Komputindo, PT. Mitsubishi Chemical Indonesia, PT. Moores Rowland, PT. Mulia Industrindo, PT. Nagasakti Paramashoes Industry, PT. NALCO Indonesia, PT. NAP Info Lintas Nusa, PT. NEC Indonesia, PT. Nesic Bukaka, PT. Nesinak Industries, PT. Newmont Nusa Tenggara, PT. Nissan Motor Indonesia, PT. Orang Tua Group, PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk, PT. Pama Persada, PT. Panasonic Lighting Indonesia, PT. Panca Prima Eka Group, PT. Pandu Persada, PT. Paper Pulp Bintan, PT. Paras Megah Utama, PT. Pelayaran Meratus, PT. Pertiwi Agung/Landson, PT. Polifyn Canggih Bandung, PT. Prima Inreksa Group, PT. Prima Inreksa Industries, PT. Propan Raya, PT. Proquaman Konsultan, PT. Pupuk Sriwijaya, PT. Radiant Utama Interinsco, PT. Rekayasa Industri Tbk, PT. Repex Wahana, PT. Riau Andalan Pulp & Paper, PT. Rintis Sejahtera, PT. Ritra Cargo Indonesia, PT. Sampoerna Printpack, PT. Samudra Indonesia Tbk, PT. San Miguel Purefoods Indonesia, PT. Sanden Indonesia, PT. Sanggar Sarana Baja, PT. Sanghiang Perkasa, PT. Saptaindra Sejati, PT. Sari Enesis Indah, PT. Sari Husada Tbk, PT. Schneider Indonesia, PT. Semesta Citra Dana, PT. Serasi Autoraya, PT. Shanghiang Perkasa, PT. Sharp Semi Conductor, PT. Sharp Semiconductor Indonesia, PT. Siemens Indonesia, PT. Siwali Swantika, PT. Smart Tbk, PT. Sucofindo, PT. Sumalindo, PT. Sumberdaya Sewatama, PT. Summit Auto Group, PT. Sun Microsystem, PT. Surveyor Indonesia, PT. Syarikat Takaful Indonesia, PT. Tanjungenim Lestari, PT. Tarunacipta Kencana, PT. Teamworx Indonesia, PT. TELKOM Tbk, PT. Terralog Teknologi Indonesia, PT. Thiess Con]tractor Indonesia, PT. Tigaraksa Satria Tbk, PT. Timah Tbk, PT. Tirta Investama, PT. TNT Logistic Indonesia, PT. Trakindo Utama, PT. Transportasi Gas Indonesia, PT. Truba Jurong Engineering, PT. United Tractors, PT. Walet Kencana Perkasa, PT. Yamaha Indonesia Motor, PT. YTL Jawa Timur, PT. Yutaka Manufacturing Indonesia, PT.Boehringer Ingelhelm Indonesia, PT.Trimegah Security Tbk, Pusdiklat BRI, RS Mitra International, RS Pusat Pertamina, Santos (Sampang) Pty. Ltd, Solo Pos Harian Umum, The Jakarta Post, The Parklane Hotel, The Plaza Semanggi, UPH Karawaci, Yayasan Bina Swadaya, Yayasan Mitra Netra, Yayasan TIFA.

No comments: