Monday, December 1, 2008

Fraud Auditing

======================================
FRAUD-AUDITING :
Prevention, Detection, & Investigation
======================================

WEBSITE : http://www.binamanajemen.com


Bila ada alamat email lain yang lebih tepat untuk kiriman informasi pelatihan ini harap diberitahukan kepada kami melalui email info@binamanajemen.com. Namun bila Anda tidak menghendaki adanya kiriman email seperti ini lagi – apapun alasannya – kami mohon kemurahan hatinya untuk memberitahukan kepada kami dengan mengirimkan email kosong ke : unsubscribe@binamanajemen.com. Terima kasih atas kerjasamanya.


Jadual & Lokasi :
Rabu, 10-12-2008 - Jum'at, 12-12-2008
Harris Hotel Tebet
/ The Park Lane Hotel Casablanca

: : BONUS ! ! FLASHDISK : :

PESERTA YANG MENDAFTAR 2 ORANG. TRAINING INI RUNNING MINIMAL 6 PESERTA

Fee/Investasi :
Rp 3.950.000,-

Who should attend ?
Public

Course Leader :


JARIYATNA, SE, Ak., MM, CPA
Praktisi dalam bidang akuntansi dan audit dan pernah menjabat sebagai Kepala Seksi di BPK RI, yang memiliki kualifikasi baik dalam praktek maupun akademik. Ia memperoleh gelar sarjana ekonomi jurusan akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Gelar Magister Management International Class - Auditing Program diperolehnya dari Universitas Gadjah Mada. Sedangkan gelar profesional Certified Public Accountant dari Ikantan Akuntan Indonesia. Berpengalaman dalam mengaudit perusahaan-perusahaan seperti perusahaan energi listrik, perusahaan penambangan, rumah sakit, perusahaan penerbangan, perusahaan perkebunan, dsb.

NASSER JA'FAR SEFF, M.Si, AAAIK, QIA
Praktisi internal audit yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun. Pernah menjabat sebagai staff ahli Direktur Utama dan Kepala Divisi Satuan Pengawasan Internal di sebuah perusahaan Asuransi BUMN besar yang memiliki kualifikasi baik dalam praktek maupun akademik. Pemegang gelar master dari Fisip UI untuk Ilmu Administrasi dan Kebijakan Bisnis. Selain itu pernah mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan singkat yang terkait dengan internal audit baik dari dalam maupun luar negeri. Pelatihan singkat luar negeri yang pernah diikutinya salah satunya di The Institute of Internal Auditors 2007 International Conference Amsterdam.

Training Description :


There is a growing pressure on organisations to demonstrate to stakeholders in depth as to how they are managing fraud and corruption risks. This workshop will help you to understand fraud and corruption, by teaching you how to identify the actual risks within your organisation and then how to prevent them. Gain practical advice by attending this insightful workshop and develop a strategic approach to managing fraud and corruption, which is being adopted by new financial institutions and commercial organisations; large and small.

By the end of this workshop, participants will have :
-
Practical experience of drawing up a fraud profile of an organisation;
- Knowledge of the key elements required in implementing a fraud and corruption risk management strategy;
- Knowledge of the key requirements to raise fraud awareness and implement a practical detection program;
- an Assessment methodology to measure resistance to fraud corruption.

Metode Pelatihan :
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lektur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif.

Outline :


1. OVERVIEW FRAUD-AUDITING
a. Terminologi
b.
Pihak-Pihak yang Terlibat Fraud
c. Faktor-Faktor yang Mendorong Terjadinya Fraud
d. Faktor-Faktor yang Dapat Mempengaruhi Terjadinya Fraud
e. Usaha Mengurangi Fraud
f. Symtomps
g. Warning Sings

2. PENDEKATAN KEBIJAKAN DAN KONTROL MANAJEMEN (All business process : marketing, finance-accounting, purchasing, etc)

3. PENCEGAHAN FRAUD
a. Penyusunan Sistem Control
b. Faktor-Faktor Kegagalan Mencegah Fraud
c. Teknik Pencegahan Fraud
d. Teknik Pengendalian
e. Peran Serta Pegawai
f. Hiring Decision

4. PENDETEKSIAN FRAUD
a. Teknik Mendeteksi Fraud
b. Audit Fraud
c. Aspek Hukum
d. Interview

5. PEMANFAATAN TEKNOLOGI
a. Audit dengan Teknologi Informasi
b. Sistem Pengamanan Jaringan dan Komputer
c. Internet

6. INVESTIGASI
a. Pembuktian
b. Kesaksian
c. Laporan

7. JENIS DAN MODUS OPERANDI FRAUD
a. Korupsi
b. Penyalahgunaan Asset
c. Rekayasa Laporan

8. MEMBANGUN BUDAYA DAN ETIKA PERUSAHAAN
a. Three General Models for ethical decision making
b. Ethics Awareness
c. Managing values
d. The moral compas

9. CASE STUDY

Audit-Fraud Series
Workshop : FRAUD-AUDITING : Prevention, Detection, & Investigation
Date : Rabu - Jumat, 10 - 12 Desember 2008, pukul 09:00 - 16:30 WIB
Venue : Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca

Workshop : FRAUD AUDITING IN INSURANCE INDUSTRY
Date : Kamis - Jumat, 18 - 19 Desember 2008, pukul 09:00 - 16:30 WIB
Venue : Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca

Financial Accounting & Banking Investment Series
Workshop : EFFECTIVE CASH MANAGEMENT
Date : Kamis - Jumat, 11 - 12 Desember 2008, pukul 09:00 - 16:30 WIB
Venue : Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca

Workshop : Finance For Non Finance Executive (FINON)
Date : Selasa - Rabu, 16 - 17 Desember 2008, pukul 09:00 - 16:30 WIB
Venue : Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca

Workshop : COST REDUCTION STRATEGY : Strategi Reduksi Biaya untuk memperkokoh daya saing bisnis
Date : Selasa - Rabu, 16 - 17 Desember 2008, pukul 09:00 - 16:30 WIB
Venue : Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca

Workshop : EFFECTIVE BUDGETING AND COST CONTROL : Planning & Controlling
Date : Kamis - Jumat, 18 - 19 Desember 2008, pukul 09:00 - 16:30 WIB
Venue : Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca

Workshop : CREDIT DERIVATIVES
Date : Senin - Selasa, 22 - 23 Desember 2008, pukul 09:00 - 16:30 WIB
Venue : Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca

Workshop : Managing Account Payable 2008
Date : Senin - Selasa, 22 - 23 Desember 2008, pukul 09:00 - 16:30 WIB
Venue : Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca

Workshop : Financial Statement Analysis (FSA)
Date : Senin - Selasa, 22 - 23 Desember 2008, pukul 09:00 - 16:30 WIB
Venue : Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca

Workshop : FIXED ASSET MANAGEMENT : IMPLEMENTATION & CONTROLLING
Date : Senin - Selasa, 22 - 23 Desember 2008, pukul 09:00 - 16:30 WIB
Venue : Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca

Taxation Series
Workshop : TAX ACCOUNTING & FISCAL RECONCILIATION : Implementasi UU PPh No. 36 Tahun 2008
Date : Senin - Selasa, 22 - 23 Nopember 2008, pukul 09:00 - 16:30 WIB
Venue : Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca

Workshop GREY AREA PERPAJAKAN, DALAM PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TERBARU TAHUN 2008
Date : Selasa - Rabu, 30 - 31 Desember 2008, pukul 09:00 - 16:30 WIB
Venue : Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca


Kami menerima jasa In-House Training untuk materi di atas atau materi lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda tidak ingin menerima email edisi mendatang silahkan kirim email kosong ke unsubscribe@binamanajemen.com

Binamanajemen Indonesia Training
IMZ Building 4th Floor,
Kompleks Perkantoran Ciputat Indah Permai, blok A-12
Jln. Ir. H. Juanda No. 50, Ciputat.
Phone : 021-71340715, 021-71340769, 021-7420820
Fax : +62-021-7420820
PENDAFTARAN, HUBUNGI :
- Dian (0813 83962620)
- Ilyas (08567066760)

Australi & China Tour Product

Untuk melengkapi rencana Liburan akhir tahun bagi Perusahaan Bapak / Ibu, maka bersama ini kami sampaikan Product Paket Tour kami. Semoga dapat ditrerima dengan baik dan mohon dapat disampaikan pada Divisi / Personal yang terkait dalam pengurusan Hal tersebut diatas.
Terima kasih atas perhatian dan kerjasama yang baik.
Hormat kami,
Leonardo Tenmury
WITC TOUR & TRAVEL
( World Instant Travel Center )
Jl. Suryopranoto No. 55 Jakarta Pusat - 10160
Phone : 021 – 3446482 Fax : 021 – 3446483
Email : operations@witctour.com
Mobile Phone : 0817 0955 134
for Reservation (chat Line by YM) : siguntankman@yahoo.co.uk

Workshop New Corporate Law

WORLD TRADE CENTER UNIVERSITY JAKARTA

Menyelenggarakan : W O R K S H O P 2 HARI

" NEW CORPORATE LAW "

Tanggal 18 - 19 Desember 2008,Jam 08.30 – 18.00 Invest Rp.2.500.000,-

( Certified Training Program by World Trade Center University U.S.A )

Instructor : Ibu Susy Tan,SH,MH ( OC.Kaligis Law Firm )

Special Event

Bapak Agus Prabowo,SH,MH.

Bapak I Made Astawa,SH,LL.M ( Praktisi Hukum)

Bapak Harinanto,SH,MH( Notaris )

Bapak Arus Akbar Silondae,SH,LL.M ( Purek Perbanas )

1. Perseroan Terbatas l

¨ Prosedur pendirian

¨ Penentuan Maksud dan tujuan (KLBI)

¨ Kelengkapan dokumentasi hukum dan prosedur perolehannya.

¨ Perubahan Anggaran Dasar & prosedur serta akibatnya terhadap dokumen hukum.

¨ Rapat Umum pemegang saham.

¨ Saham dan daftar pemegang saham.

¨ Pengalihan Saham dan prosedurnya.

2. Perseroan Terbatas ll.

¨ Organ perseroan beserta hak, kewajiban dan tugas serta kewenangannya

¨ Pelanggaran terhadap maksud dan tujuan

¨ Tanggung jawab yang renteng

¨ Sanksi atas pelanggaran / tidak dipenuhinya ketentuan dalam anggaran dasar.

¨ Kewenangan bertindak perseroan

¨ Kapan suatu tanggung jawab menjadi tanggung jawab perseroan, pengurus / pemegang saham.

3. Perjanjian kontrak / kontrak

¨ Prinsip-prinsip dalam hukum perjanjian.

¨ Pilihan hukum dan hukum yang berlaku

¨ Pasal 1320 KUH perdata.

¨ Penyelesaian perselisihan.

¨ Pengertian umum mengenai MOU, persetujuan , kesepakatan, perjanjian dan perikatan.

4. Good Corporate Governance.

¨ Definisi dari good Corporate Governance

¨ Prinsip-prinsip Good Corporate Governance

¨ Penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance.

¨ Untuk siapakah Good Corporate Governance

Ini ???

5. Pemeriksaan Dari segi Hukum.

¨ Pemeriksaan mengenai legalitas perseroan.

¨ Pemeriksaan mengenai kewenangan.

¨ Pemeriksaan mengenai permodalan Saham dan kepemilikan Saham.

¨ Pemeriksaan perijinan.

¨ Pemeriksaan mengenai kewajiban-kewajiban perseroan.

6. Penanaman Modal asing.

¨ Hal-hal yang terbuka dan tertutup bagi investor asing

¨ Prosedur penanaman modal asing.

¨ Karakteristik yang membedakan PT.Fasilitas PMA dengan PT.non fasilitas.

¨ Perubahan atas penanaman modal asing.

¨ Ijin Usaha Tetap.

¨ Laporan Kegiatan Penanaman Modal.

7.Aspek Hukum Pengalihaan Assets

8.Penggabungan, Peleburan dan Akuisisi,Pembubaran

¨ Proses pengabungan, peleburan dan akuisisi .

¨ Dan lain-lain

9. Aspek Pidana

  • Bagaimana seorang director bisa dipidanakan dalam mengambil keputusan
  • Perusahaan bisa dapat dipidanakan.

10. Studi Kasus

Empowering Companies by Placing the Right People

Omegasoft Payroll

Omega Recruitment Services

*** Empowering Companies by Placing the Right People ! ***

KEPADA YTH. HR MANAGER

Bersama ini perkenankanlah kami Omega Recruitment Services, sebuah perusahaan head-hunter menawarkan jasa pencarian kandidat pegawai BERKUALITAS untuk semua sektor industri, mulai dari level yunior s/d level direktur secara MUDAH, CEPAT dan BERGARANSI.

Kelebihan jasa yang kami tawarkan antara lain:

1. QUALIFIED CANDIDATE. Dengan didukung head hunter berpengalaman, database yang berisi ratusan ribu data kandidat dan jaringan relasi luas, memungkinkan kami untuk memberikan kandidat pegawai berkualitas yang kualifikasinya sesuai kebutuhan perusahaan.

2. EASY PROCEDURE. Anda tinggal mengisi Formulir Pemesanan Kandidat kemudian kirim kepada kami via FAX untuk diproses.

3. QUICK RESPONSE. Kandidat yang dicari dapat ditemukan dalam waktu cepat, paling lambat dalam 5 (lima) hari kerja.

4. SUCCESS BASED FEE. Tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan sama sekali oleh perusahaan bilamana tidak ada kandidat yang diterima bekerja.

5. REPLACEMENT & MONEY BACK GUARANTEE. Bilamana pegawai mengundurkan diri atau diberhentikan dalam masa percobaan, dapat digantikan dengan kandidat lainnya atau bilamana tidak ditemukan penggantinya biaya rekruitmen dapat dikembalikan s/d 100%.

6. FREE SOFTWARE HR, untuk menyimpan bio data, photo, riwayat kerja, riwayat sangsi, riwayat prestasu, riwayat pendidikan, anggota keluarga, dll.

Untuk memperoleh Formulir Pemesanan Kandidat dan informasi lebih lanjut mengenai prosedur proses Rekruitmen sampai dengan Penempatannya silakan menghubungi kami, di no. telp: 021-5443673 atau 0858-85711558.

Tanggapan dan kabar baik dari perusahaan Bapak/Ibu atas penawaran ini kami nantikan.

Salam,

Linda

Omega Recruitment Consultant

e-bulletin : Pabrik Talenta

PABRIK TALENTA

Eileen Rachman & Sylvina Savitri

EXPERD

One-day Assessment Centre

(Ditayangkan di Kompas, 22 November 2008)

Seorang guru pernah mengatakan pada saya bahwa mengasah manusia bekerja jauh lebih mudah daripada mengasuh-asah murid di sekolah. Alasannya, bibit yang masuk ke perusahaan adalah bibit-bibit pilihan, sementara yang masuk ke sekolah, masih tercampur aduk. Hal ini memang ada benarnya. Namun, teman saya ini lupa bahwa mengajar di sekolah ataupun di universitas, seperti yang saya alami sendiri, sangat dimudahkan oleh niat mahasiswa untuk belajar dan untuk lulus ujian, sehingga si pengajar biasanya lebih punya ‘power’. Di perusahaan, terasa betul betapa manusia dewasa ini punya pilihan untuk belajar ataupun tidak belajar, serta ingin menentukan cara belajarnya sendiri. Sarana pelatihan, sharing knowledge maupun seminar yang sudah susah-susah diupayakan dan diselenggarakan oleh perusahaan untuk mengembangkan talenta, tak jarang disepelekan. Sebagai fasilitator pelatihan di perusahaan, teman saya geleng-geleng kepala bila melihat sikap-sikap manusia dewasa yang terlihat tidak bersemangat lagi untuk belajar, seperti titip absen, banyak bercanda, datang terlambat, merayu trainer untuk menyelesaikan sesi lebih cepat, sibuk ber-sms, menelpon berlama-lama, ataupun sengaja memperpanjang-panjang waktu istirahat.

Bila bicara mengenai pabrik talenta, banyak orang langsung menarik nafas panjang dan mengisyaratkan ‘frustrasi’. Mulai dari yang lemot, sampai yang tidak ada motivasi. Singkat kata, di samping kesulitan fungsional kita juga menghadapi kesulitan vitalitas, dari yang ingin memperkaya asset maupun yang akan dijadikan asset. Sebagai akibat, banyak manajemen perusahaan yang kemudian memutuskan untuk ‘membeli jadi’ saja orang bertalenta dan menomorduakan pengembangan sumber daya manusia di tempat kerjanya.

Membangun talenta bukanlah hal baru. Selain itu istilah talenta bukanlah ditujukan hanya kepada orang orang yang berbakat special (baca: gifted), yang populasinya hanya seperberapa persen dari populasi dunia. Adanya ‘welders’ Indonesia alias tukang las bersertifikat yang bekerja secara global, bukan hal yang terjadi kemarin sore. Tukang kayu yang mumpuni secara teknis, dan bekerja rapih dan teliti , juga adalah individu bertalenta dan bisa membawa devisa negara. Keadaan sekarang di mana ketersediaan orang bertalenta tidak seimbang dibandingkan kebutuhannyalah yang menyebabkan kita tidak bisa berlama-lama menunggu agar talenta sumber daya manusia kita matang.

Kesulitan pembinaan talenta perlu kita sikapi secara optimistis, terutama karena jumlah manusia di negara kita yang demikian banyak, sehingga menggambarkan potensi kekuatan ‘human capital’ yang tidak terhingga. Bukankah kita sudah membuktikan terciptanya kampung pengrajin tas di Tanggulangin? Bayangkan bila kemudian di salah satu kampung kita, berkembang ketrampilan IT yang hebat, sehingga bisa menelorkan programmer-programmer kelas dunia seperti programmer asal Bangalore, India.

Gantung Standar yang Super-Tinggi

Organisasi yang sanggup menelorkan manusia bertalenta, biasanya mempunyai standar kinerja yang menuntut individunya bekerja mati-matian untuk mencapai presisi dan keunggulan kinerja, tidak tanggung-tanggung. GE adalah contoh perusahaan yang tidak ragu-ragu menuntut para top manajemennya untuk berkinerja lebih. Perusahaan ini juga menjunjung tinggi nilai-nilai profesi yang distandarkan dan senantiasa diujikan ke setiap eksekutif. Tidak lolos ujian berarti keluar dari perusahaan. GE juga adalah contoh perusahaan yang memperhatikan dan melakukan pendekatan pada setiap individu di perusahaan secara utuh dan unik, sampai kepada kesejahteraan keluarganya. “Tidak ada formula yang general untuk membentuk talenta individual”, demikian ujar CEO General Electrics.

Dapatkan hatinya dulu

Salah satu hal yang sering menghambat dalam pengembangan talenta adalah bila kita melihat talenta sebagai sesuatu yang melulu ‘vocational’, sehingga fokus kita hanya memompakan ilmu dan ketrampilan pada individunya. Saat individu dinilai seharusnya ‘sudah lulus’ dan ‘bisa dilepas’, pada kenyataannya tak jarang kita frustrasi sendiri bila kita tidak melihat pembelajaran yang diberikan membuahkan hasil yang diinginkan. Ternyata, kita masih sering lupa bahwa individu yang bertalenta adalah individu yang selain pandai, juga bermotivasi tinggi, berinisiatif dan kuat dalam menyambut tantangan. Artinya, latihan ketrampilan teknis saja, sama sekali tidak menjamin terbentuknya talenta yang kita inginkan. Individu bertalenta, sudah hapal mati prosedur kerjanya, sudah menikmati seni berprofesinya, bahkan mempunyai semangat yang memancar dari kinerjanya, apapun profesinya.

Tentunya kita semua setuju bahwa tanpa perhatian sepenuh hati, individu tidak mungkin menguasai suatu ketrampilan sampai tuntas. Adanya ‘passion’, konsentrasi dan fokus-lah yang akan membuat individu bisa memberikan seluruh perasaan dan enerjinya untuk menguasai suatu ketrampilan dan pengetahuan. Jangan anggap sepele pernyataan: companies need to not only capture people's minds but their hearts”. Bila dalam mengembangkan individu kita juga menstrategikan program yang menyentuh hatinya, membuatnya ‘excited’, membawa individu merasakan secara langsung, barulah bisa kita lihat pembelajaran membuahkan hasil yang lebih nyata. Saat kita serius melakukan komunikasi efektif dan tidak lelah memacu, mendera, memonitor kemajuannya, barulah pengembangan ‘mindset’ dan prinsip kerja berkualitas dan professional akan menyertai pembelajaran yang diberikan.

Dalam mengembangkan pabrik talenta yang efektif, suasana belajar perlu dibuat kondusif. Hubungan psikologis dilandasi trust dan respect antara manajemen dan individu-lah yang juga akan membentuk sikap belajar individu. Individu perlu mendapat kesempatan untuk mengeluarkan ide , berani bereksperimen, berinovasi dan merasa aman bahwa ide dan buah pikirannya akan dihargai dan ditanggapi. Talenta yang optimal hanya di tampilkan oleh individu dewasa yang ‘self directed dan tertantang untuk menyandang tanggung jawab lebih. Bila kita sudah memahami bahwa pikiran, pengetahuan, ketrampilan manusia bisa berkembang tidak berbatas, mengapa tidak kita bersikeras mengembangkannya mati-matian?

EXPERD CONSULTANT
Adding value to business results
Plaza Pondok Indah 3 Blok C/2
Jl. Tb. Simatupang
Jakarta 12310
Telp. 021-7590 6448
Fax. 021-7590 6442

http://www.experd.com


AGENDA TRAINING DESEMBER 2008

Berikut kami informasikan kembali AGENDA TRAINING bulan DESEMBER 2008 yang akan dilaksnakan oleh Al-Ikhlas Training Consulting, informasi lebih lanjut silakan hubungi Rita, Abdul Haknuh, Firdaus di (021) 70099944, (0251) 2777929, 2786775, 0818792727, 0818792929, atau email ke training@alikhlas.net.

1. EXCELLENT INVENTORY MANAGEMENT
Tanggal 15-17 Desember 2008, Bandung (peserta sdh mendaftar 2, Min 6 peserta)
Instruktur: Dr. Ir. Antarikso Abdulrahman, MBA, CPIM

2. PIPE STRESS ANALYSIS AND PRACTICE USING CAESAR II
Tanggal 15-19 Desember 2008, Bandung
Instruktur: DR. Ir. I Wayan Suweca

3. PRIMAVERA PROJECT PLANNER (P3)
Tanggal 17-19 Desember 2008, Jakarta (peserta sdh mendaftar 2, Min 5 peserta)
Instruktur: Sachbudin Abbas Ras, M. Eng.

4. ACTIVITY BASED COSTING & MANAGEMENT
Tanggal 17-19 Desember 2008, Jakarta
Instruktur: DR. Wiwiek M. Daryanto, SE, Ak., MM, CMA

5. PROJECT MANAGEMENT WITH MS PROJECT AND CRYSTAL BALL MONTE CARLO SIMULATION
Tanggal 22-24 Desember 2008, Bandung
Instruktur: Dr. Ir. Antarikso Abdulrahman, MBA, CPIM

6. STRATEGIC NEGOTIATING AND LOBBYING SKILLS FOR LEADER
Tanggal 22-24 DEsember 2008, Kuta - Bali (peserta sdh mendaftar 4, Min 6 peserta)
Instruktur: Drs. Elyus Lanin, M.Si

7. ASME B31 CODE: PIPING SYSTEM AND PIPELINE INTEGRITY
Tanggal 22-26 Desember 2008, Bali (peserta sdh mendaftar 7,Status OK)
Instruktur: DR. Ir. IGN Wiratmaja Puja

8. STRATEGIC MAINTENANCE PLANNER DEVELOPMENT
Tanggal 22-26 Desember 2008, Bali
Instruktur: DR.-Ing. Ir. Tri Yuswijayanto Zaenuri

9. STRATEGIC BUDGET PLANNING & COST CONTROLLING
Tanggal 22-26 Desember 2008, Bali
Instruktur: DR. Wiwiek M. Daryanto, SE, Ak., MM, CMA

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya, bagi yang tidak berkenan dengan informasi kami silahkan email ke unsubscribe@alikhlas.net.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Al-Ikhlas Training Consulting
Rita Salawati
Telp. (021) 700 99944, (0251) 2777929, 2786775
Fax. (0251) 8556301
HP: 0818792929
http://www.alikhlas.net