Thursday, March 12, 2009

PROGRAM PENDIDIKAN AHLI KEUANGAN SYARIAH (DIMULAI 1 APRIL 2009)

MIZAN SHARIAH BUSINESS CONSULTING & MIZAN EDUCATION CENTER, dimulai 1 APRIL 2009 kembali menyelenggarakan :

PROGRAM PENDIDIKAN & SERTIFIKASI PROFESI

AHLI KEUANGAN SYARIAH

I. Pendahuluan

Saat ini perkembangan indutri keuangan syariah sudah begitu pesat dan kedepan semakin pesat. Ketahanannya menghadapi krisis terbukti dengan cobaan krisis pada 2008 ini. Keuangan syariah yang menggunakan transaksi riil dan underlying asset yang riil merupakan solusi dari krisis global yang disebabkan keuangan, pengelolaan asset dan underlying asset yang unreal.

Sejalan dengan perkembangan industri keuangan syariah yang pesat di Indonesia, tentu saja dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni. Untuk dapat mengisi berbagai posisi di lembaga keungan syariah tentu dibutuhkan pengetahuan dan pendidikan keuangan syariah yang cukup. Sehingga ahli keuangan syariah dapat dipenuhi dari dalam negeri, tidak hanya dipenuhi dari lulusan luar negeri seperti Malaysia atau Negara Timur Tengah lainnya atau bahkan dari negeri barat lainnya. Sejalan dengan hal tersebut maka Mizan Consulting dan Mizan Education Center menyelenggarakan program pendidikan ahli keuangan syariah. Nantinya lulusan dari program pendidikan ini akan mendapatkan sertifikasi dari Perhimpunan Profesi Ahli Keuangan Syariah Indonesia (PPAKSI) / Indonesia Islamic Finance Professional Society.

Berbeda dari sertifikasi dan keanggotaan dari lembaga profesi syariah lainnya. Program pendidikan ahli keuangan syariah ini menggunakan metoda pengajaran, pengujian dan sertifikasi dengan sistem kelas. Sehingga peserta wajib untuk mengikuti kelas sebagai syarat untuk lulus dan tersertifikasi. Selain itu program pendidikan ini bisa dikatakan program pendidikan yang “multi tasking” dan “multi function” dalam arti lulusannya aplikable untuk seluruh lembaga keuangan syariah baik bank maupun non bank serta siap untuk mengisi seluruh posisi di lembaga keuangan syariah tersebut. Sehingga pengetahuan dan wawasan yang didapat setiap lulusan dapat diterapkan di perbankan, asuransi, dana pensiun, sekuritas, pasar modal, multi finance, pegadaian, penjaminan, BMT, Koperasi dan lembaga keuangan lainnya yang berbasis syariah.

Kurikulum dari program pendidikan ahli keuangan syariah ini mengacu kepada Chartered islamic Finance Professional (CIFP) dari INCEIF Malaysia dengan pengayaan konten lokal serta regulasi RI. Ada tiga jenjang dalam pendidikan dan sertifikasi yaitu :

1. Tingkat Ajun/Associate (AIIFPS=Associate of Indonesia Islamic Finance Professional Society)

2. Tingkat Ahli/Fellow (FIIFPS=Fellow of Indonesia Islamic Finance Professional Society)

3. Tingkat Ahli Utama/ Chartered (CIIFPS = Chartered of Indonesia Islamic Finance Professional Society)

Apabila dilakukan secara konsisten, serius dan rutin serta peserta sudah berpengalaman setidaknya 5 tahun di industri lembaga keuangan syariah maka program pendidikan dan sertifikasi ini keseluruhannya dapat diselesaikan kurang dari 1 tahun.

Sehingga diharapkan pada tahun 2015 sudah didapatkan setidaknya 1.000 tenaga ahli keuangan syariah untuk mengisi pisisi-posisi di lembaga keungan syariah di Indonesia dan bahkan bukan tidak mungkin di luar negeri.

II. Kurikulum

Berdasarkan mengacu sebagian besar pada kurikulum CIFP (Chartered Islamic Finance Profesional) dengan pengayaan pada konten lokal. Yang terdiri atas 3 tingkatan

  1. Ajun/Associate (AIIFPS=Associate of Indonesia Islamic Finance Professional Society)

Pada jenjang ini ditekankan pada pengetahuan yang penting dalam ekonomi dan keuangan syariah.

AFP 1001 ISLAMIC ECONOMICS
Pada modul ini mengandung materi tentang pengertian Ekonomi Islam dampak dari aplikasi hokum syariah pada ekonomi dan sistem keuangan, sebuah gambaran tentang ekonomi islam dengan menekankan pada perbedaan kerja dengan prinsip syariah dengan prinsip ekonomi secara umum., menekankan pada pandangan umum tentang ekonomi syariah, pandangan para ahli ekonomi syariah, membandingkan ekonomi syariah dengan sistem lainnya, menjelaskan konsumsi dan produksi dalam ekonomi syariah, menjelaskan tentang konsep uang dari sudut syariah, menjelaskan hubungan ekonomi syariah dengan ekonomi dan keuangan konvensional, dan penjelasan tentang perkembangan sejarah institusi syariah seperti zakah, jizah, kharaj, takaful, sadaqah dan waqaf dan perannya dalam perekonomian.


AFP1002 ISLAMIC FINANCIAL INSTITUTIONS AND MARKETS

Modul ini membahas struktur lpasar keuangan syariah, instrument syariah dan lembaga keuangan syariah. Termasuk sejarah perkembangan lembaga keuangan dan pasar syariah, pengaturan bank sentral dalam kebijakan moneter dalam dual banking system, peran bank dan lembaga keuangan serta operasional perdagangan dan valuasi instrument keuangan termasuk asset, hutang, future dll


AFP1003 SHARIAH RULES IN FINANCIAL TRANSACTIONS

Selain menekankan pada syarat-syarat dari transaksi komersial syariah, modul ini juga mencakup 5 kategori prinsip syariah dalam transaksi komersial. Peserta mengerti akan aplikasi dan mekanisme prinsip syariah yang banyak dipakai seperti mudarabah, murabahah, bai bithaman ajil / bai muajal, musharakah, salam, istisna, ijarah, bai al-inah, tawarruq, hiwalah, kafalah, wakalah, wadiah, ijarah dan rahn.


AFP1004 DEPOSITS AND FINANCING OPERATIONS OF ISLAMIC BANKS

Modul ini menjelaskan peserta dengan pengertian beberapa variasi instrumen keuangan yang ditawarkan oleh perbankan syariah, risiko dari produk perbankan syariah, dan aspek hukum dari produk perbankan syariah.

AFP1005 WEALTH PLANNING AND MANAGEMENT
Modul ini mencakup konsep wealth, membentuknya, mengembangkan dan mendistribusikannya dengan menggunakan persepektif konvensional dan persepektif syariah sebagai sarana untuk wealth planning. Hal ini juga disertai detail proses alokasi wealth, mengenerik wealth dan mengembangkannya melalui investasi di surat berharga dan real estate, dalam wealth protection menggunakan asuransi dan asuransi syariah (takaful), dalam perencanaan masa depan melalui estate plan, tax plan dan perencanaan pensiun serta distribusinya menggunakan waris dan hukum yang menyertainya. Aspek hukum secara garis besar juga dijelaskan sebagai alat yang berguna untuk konsultan dan wealth planner.

AFP1006 ISLAMIC CAPITAL MARKET
Modul ini secara tajam membahas asal muasal dan teori pasar modal syariah da struktur instrumen pasar modal. Topik ini termasuk perkembangan sejarah pasar modal syariah dan funsinya dalam perkembangan ekonomi, dan mobilisasi modal syariah lewat beberapa produk syariah di pasar modal dan pasar obligasi.


AFP1007 SHARIAH ASPECTS OF BUSINESS AND FINANCE

Aspek syariah bisnis dan keuangan mengandung 3 hal utama yaitu : (a) Yuris prudensi Islami termasuk sumber syariah, Ahkam al-Shariah, Legal maxims dan Maqasid al Shariah; (b) Audit dan compliance Shariah termasuk Hisbah, Standard Shariah, Shariah issues dan Shariah audit; (c) teori kontrak syariah termasuk teori umum kontrak, Ahliyyah/kapasitas, Bentuk kontrak, Terms and conditions, Cakupan Kontrak, Breach and remedies.


AFP1008 REPORTING OF ISLAMIC FINANCIAL TRANSACTIONS

Modul ini dimulai dengan mengenalkan akuntansi dan konsep pertanggungjawaban dari Al Qur’an dan Sunnah dan berhubungan dengan hal-hal yang diperlukan dalam akuntansi syariah yang tidak diatur oleh akuntansi keuangan konvensional. Dari sini dapat dibandingkan laporan keuangan perbankan syariah dan konvensional. Penjelasan singkat tentang kontrak keuangan syariah dan penggunaannya dalam perbankan syariah. Modul juga membahas detail bagaimana transaksi keuangan di catat dan dilaporkan dalam lembaga keuangan syariah termasuk mudarabah, murabahah, ijarah, salam, istisna, bba, zakat, takaful dan sukuk. Akhirnya modul ini diakhiri dengan garis besar masalah dan implementasi dalam akuntansi dan audit lembaga keuangan syariah.

  1. Ahli/Fellow (FIIFPS=Fellow of Indonesia Islamic Finance Professional Society)

Pada tingkatan ini dibangun kemampuan yang dibutuhkan untuk berkarir di industri lembaga keuangan syariah

FFP2001 STRUCTURING FINANCIAL REQUIREMENTS
Modul ini membahas pengertian kebutuhan konsumen dan untuk mengembangkan kemampuan solusi struktur keuangan syariah. Dalam modul ini dijelaskan proses detail solusi struktur keuangan yang dapat diterapkan di berbagai sektor

FFP2002 MANAGING ISLAMIC FINANCIAL INSTITUTIONS
Dalam modul ini dibahas semua aspek manajemen lembaga keuangan syariah. Penjelasan mengenai topic pengembangan organisasi, manajemen hubungan konsumen, manajemen stratejik, manajemen keuangan, manajemen saluran distribusi dan faktor penting di manajemen dalam hubungannya dengan syariah.

FFP2003 RISK MANAGEMENT OF ISLAMIC FINANCIAL INSTITUTIONS

Modul ini menjelaskan semua aspek dari risiko yang dihadapi lembaga keuangan syariah, serta fokus pada mengidentifikasi , mengukur dan mebatasi risiko dalam paradigma perbankan. Topik lainnya membahas Basle II dan perkembangan dan manajemen produk treasury. Modul ini juga menjelaskan penegertian operasi dan manajemen risiko syariah, pengukuran eksposure risiko pasar, pengembangan dan aplikasi kontrol risiko dan pembatasan risiko, kemampuan mendesai kebutuhan pelaporan yang diharuskan dan sangat jelas sekali diterangkan tentang keputusan dan batasan syariah untuk membedakannya antara praktek konvensional dan praktek secara syariah.

FFP2004 TAKAFUL AND ACTUARIAL PRACTISES

Modul ini menjelaskan tentang konsep dasar asuransi syariah, prinsip syariah yang diterapkan untuk beberapa model operasi asuransi syariah, perbedaan aspek operasional asuransi syariah seperti pengembangan produk, underwriting, manajemen klaim, distribusi surplus, manajemen risiko dan konsep aktuaria penerapannya.

FFP2005 SHARIAH ISSUES IN MODERN ISLAMIC FINANCE

Modul ini mencakup 3 masalah besar yaitu : 1) masalah penting syariah di perbankan 2) Masalah syariah dalam pasar modal 3) Masalah syariah dihubungkan dengan wealth management. Dengan menyelesaikan modul ini peserta mengerti masalah syariah yang dihadapi sektor keuangan syariah dalam mengimplementasikan konsep syariah dan prinsip dalam praktek sehari-hari. Dengan mengerti permasalahan ini peserta dapat mengambil langkah atau strategi untuk memecahkan permasalahan sesuai kaidah-kaidah syariah yang berlaku. Modul ini juga diperkaya aspek syariah dalam pengembangan produk.

FFP2006 ETHICS AND GOVERNANCE
Tujuan utama modul ini adalah mengarahkan peserta mengerti tentang konsep, perkembangan evolusi, dan fungsi kepatutan perusahaan dalam perekonomian pasar umum, terutama dalam lembaga keuangan syariah. Tujuannya adalah menjelaskan pentingnya kepatutan yang berhubungan dengan compliance baik di syariah maupun non syariah, praktek terbaik untuk menjaga kelanggengan investor dan share holder. Dengan pengetahunan dan pengertian tentang permasalahan memungkinkan peserta menerapkan kepatutan dan kebijakan dan pengambilan keputusan. Sehingga kepatutan dapat diterapkan dalam tingkat operasional sehari-hari.

  1. Ahli Utama/ Chartered (CIIFPS = Chartered of Indonesia Islamic Finance Professional Society)

Pada tingkatan ini ini dibangun kompetensi dan pengalaman dalam industri lembaga keuangan syariah. Pada tingkat akhir ini menekankan pada pembuatan paper terutama yang berhubungan dengan lembaga keuangan syariah, sistem ekonomi syariah serta pengembangan pengalaman peserta sendiri dalam industri keuangan syariah.

Semua tingkatan dengan bahasa pengantar Bahasa Indonesia.

III. Program pendidikan :

  1. Dilaksanakan dengan tatap muka dalam kelas ber AC yang terbatas antara 10-15 orang
  2. Materi diberikan dalam soft copy berupa file di flash disk (setiap peserta mendapatkan 1 flash disk free) dan setiap peserta selama di kelas berhadapan dengan satu komputer yang selalu on line dengan internet
  3. Materi pendidikan dipaparkan dengan menggunakan infocus dan peserta dapat mengedit langsung di soft copy nya, materi apa yang perlu dicatat.
  4. Pertemuan dilaksanakan antara 12-14 kali ditambah 1 x pertemuan untuk ujian yang nantinya untuk disertifikasi
  5. Pendaftaran, permintaan formulir dan keterangan lainnya hubungi :
    021-23758905, 0812-8597076, 021-70771721, 021-99550442,
    Fax : 021-7996003
    e-mail :mizan.consulting@gmail.com

IV. Waktu pendidikan :

Periode April-Mei 2009 dilaksanakan sesuai skedul berikut ini :

  1. AFP 1001 senin pukul 17-22
  2. AFP 1002 selasa pukul 17-22
  3. AFP 1003 rabu pukul 17-22
  4. AFP 1004 kamis pukul 17-22
  5. AFP 1005 jumat pukul 17-22
  6. AFP 1006 sabtu pukul 07-12
  7. AFP 1007 sabtu pukul 13- 18
  8. AFP 1008 minggu pukul 09-14

Untuk kelas FFP dilaksanakan sesuai permintaan peserta dengan persyaratan tertentu.

V. Biaya Pendidikan :

  1. Tingkat Ajun/ Associate Rp 1.500.000,- per modul termasuk pendaftaran dan biaya ujian sertifikasi. Atau Rp 7.000.000,- untuk keseluruhan 5 modul pilihan termasuk pendaftaran dan biaya ujian sertifikasi.
  2. Tingkat Ahli /Fellow Rp 2.000.000,- per modul termasuk pendaftaran dan biaya ujian sertifikasi. Atau Rp 9.000.000,- untuk keseluruhan 5 modul pilihan termasuk pendaftaran dan biaya ujian sertifikasi.
  3. Untuk tingkat Profesional / Chartered sementara ini belum diadakan.
  4. Biaya pendidikan dapat setor Kas atau transfer ke Bank Mandiri Kc Bogor Juanda A/C 133-00-05166160
    A/n : Lathifah Iqlima
    Fax bukti bayar ke : 021-7996003

VI. Persyaratan Peserta :

  1. Tingkatan Associate/AFP terbuka untuk semua kalangan termasuk new entry, fresh graduate maupun mahasiswa.
  2. Tingkatan Fellow / FFP untuk peserta yang sudah lulus tingkat Associate / AFP atau peserta S-1 dari Ekonomi/Keuangan Syariah telah 3 tahun di industri keuangan syariah (harus mengikuti matrikulasi FFP) atau peserta dari S-1 lainnya dengan syarat telah 5 tahun di industri keuangan syariah (harus mengikuti matrikulasi FFP)
  3. Tingkatan Chartered / CFP untuk peserta yang sudah lulus tingkat fellow / FFP atau peserta S-2 dari Ekonomi / keuangan syariah dengan pengalaman 5 tahun di lembaga keuangan syariah (harus mengikuti matrikulasi AFP) atau peserta S-2 lainnya dengan syarat telah 8 tahun di industri keuangan syariah (harus mengikuti matrikulasi AFP)

VII. Keuntungan Pendidikan dan Sertifikasi Profesi Ahli Keuangan Syariah

  1. Diakui dan dapat diaplikasikan oleh Perbankan, Asuransi, Multifinance, Dana Pensiun, Sekuritas, Pasar Modal, Koperasi, BMT, Penjaminan, Pegadaian,
  2. Pengetahuan dan sertifikasi yang didapat dapat langsung diaplikasikan di seluruh lini/posisi di lembaga keuangan syariah Bank maupun non Bank.
  3. Meningkatkan pengetahuan, wawasan dan profesionalisme pelaku industri keuangan syariah

VIII. Tim Pengajar

  1. Ir Hj. Aida Heralina, MM, Msi, CIFP, CIIFPS (Koordinator)
  2. drs. H. Zantono AAAIJ, CIIFPS
  3. DR. M. Rasyidi Issom, MM, Msi, FSAI, AAIJ, FIIS, CIIFPS
  4. Pengajar lain dari praktisi berpengalaman, ahli keuangan syariah dan akademisi keuangan syariah

IX. Benefit tambahan

  1. Gratis 1 flash disk 1 GB
  2. Gratis internet di laboratorium kami selama diluar jam belajar selama masa pendidikan
  3. Discount 10% untuk refill tinta dan tonner printer di tempat kami (served by X4 Print)
  4. Discount 10% untuk pengiriman dokumen dan paket melalui ESL, Caraka dan DHL di tempat kami (served by mailshop)
  5. Kemudahan mendapatkan tiket pesawat domestik dan internasional di tempat kami.
  6. Kemudahan mendapatkan voucher hotel di tempat kami
  7. Kemudahan dan diskon 5% untuk pemasangan iklan di surat kabar / media nasional maupun daerah di tempat kami.

-end of file-

Program Training "FREDDWAY" Maret 2009

Apakah Karyawan anda sudah tidak berproduksi?

Mau tahukah cara merubah mindset yang salah?

Apakah anda ingin tahu cara yang efektif untuk memotivasi diri sendiri & orang lain?

Apakah anda menginginkan “Goal Setting” yang instant?

Be Excellent or Fail in Work’s Competition?

Temukan Jawaban dalam Workshop:

DEVELOP EFFECTIVE WORKING HABITS IN YOUR TEAM

Hotel Menara Peninsula, 27 Maret 2009 / Pk. 08:30 – 16:00

Apakah Tim Sales Anda Pintar Bernegosiasi?

Ingin Mencapai Target Sales dengan MUDAH?

Punya Kendala “How to threat Client” dalam Bernegosiasi?

Bila Anda Mengikuti Workshop kami, Jawaban yang anda Butuhkan ada disini :

PRACTICAL SALES NEGOTIATION SKILL

Hotel Menara Peninsula, 14 Maret 2009 / Pk. 08:30 – 16:00

Di Zaman era serba cepat, Perusahaan perlu cepat tanggap dalam memberi service kebutuhan pelanggan.

Apakah Pelanggan sudah puas terhadap service anda selama ini?

Mau tahu cara praktis mengenal karakter pelanggan anda?

Mau tahu Bagaimana cara berkomunikasi melalui berbagai tipe pelanggan anda?

So What You Waiting For, Silakan Mengikuti Workshop Kami :

POWERFULL CUSTOMER SERVICE SKILL FOR FRONTLINERS

Hotel Menara Peninsula, 24 Maret 2009, Pkl. 08.30-16.00

Note : For detail, please see the attachment ” Program Training Maret 2009 ”

Regards,

Indrayanti

(021) 652 2569 / 7077 9856

FIXED ASSET MANAGEMENT : Implementation & Controlling (RUNNING)

=====================================
FIXED ASSET MANAGEMENT :
IMPLEMENTATION &
CONTROLLING
=====================================

WEBSITE : http://www.binamanajemen.com


Bila ada alamat email lain yang lebih tepat untuk kiriman informasi pelatihan ini harap diberitahukan kepada kami melalui email info@binamanajemen.com. Namun bila Anda tidak menghendaki adanya kiriman email seperti ini lagi - apapun alasannya - kami mohon kemurahan hatinya untuk memberitahukan kepada kami dengan mengirimkan email kosong ke : unsubscribe@binamanajemen.com. Terima kasih atas kerjasamanya.


Jadual & Lokasi :
Selasa, 17-03-2009 -Rabu, 18-03-2009
Harris Hotel Tebet / The Park Lane Hotel Casablanca

: : BONUS ! ! FLASHDISK : :

:: TRAINING INI SUDAH PASTI RUNNING ::

Fee/Investasi :
Rp 2.500.000,-

: : Early Bird Rp 2.350.000 untuk pembayaran sebelum tanggal 06 Maret 2009 : :
: :
Untuk pendaftaran Group sebesar Rp 4.500.000 untuk pendaftaran 2 orang peserta : :

Who should attend ?
Public

Course Leader :


Ir. SLAMET AFFANDI, MBA
Merupakan praktisi dan konsultan bisnis dan manajemen dengan kekhususan keuangan, akunting, operasi dan strategi bisnis, dan sistem pengendalian internal. Berkarir lama dan menimba pengalaman di sebuah lembaga keuangan bukan bank milik pemerintah yang mengkhususkan operasinya dalam venture capital dan management services, konsultan bisnis dan manajemen di beberapa proyek Asian Development Bank, Direktur Operasional dan Keuangan di perusahaan swasta nasional, dan aktif sampai saat ini sebagai konsultan bisnis dan manajemen pada perusahaan swasta dan BUMN. Yang bersangkutan merupakan Instruktur/Pembicara reguler berbagai pelatihan manajemen di berbagai lembaga pelatihan, dan juga staf pengajar (home base) di program Magister Manajemen, Magister Teknik Industri, dan Magister Teknik Mesin di Jakarta. Memperoleh gelar MBA dari IEU Institute Management/European University majoring in financial controlling and planning.

TIM PRAKTISI DAN PENGAJAR BMI TRAINING
Praktisi Manajemen Perusahaan, Akunting dan keuangan dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dan jabatan yang pernah dipegang antara lain sebagai, Operational Director, Finance Director, Financial Planning Manager, Finance and Accounting Manager, dan Accounting Manager.

Pernah bekerja di Nasional dan Multinasional terkemuka di Indonesia dan lulusan dari universitas terkemuka dari dalam dan luar negeri.

Training Description :


Asset management merupakan sebuah langkah manajerial yang harus dilakukan seorang manajer keuangan saat ini, didalam merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi kinerja aset perusahaan secara efektif dalam upaya peningkatan nilai yang akan memberikan kontribusi pada efisiensi penggunaan kapital, nilai ekonomi sumber daya, produktifitas dan kualitas. Kegiatan manajemen ini juga ditujukan dalam rangka meningkatkan kontrol atau pengawasan terhadap aktiva tetap dan revaluasinya yang berbasis nilai pasar. Fixed Asset (aktiva tetap) adalah kekayaan perusahaan yang memiliki wujud dan manfaat ekonomis lebih dari satu tahun dengan tujuan untuk melakukan kegiatan perusahaan.

Setiap peserta yang mengikuti lokakarya ini akan diajak untuk melihat manajemen asset secara komprehensif dan integrated yang disesuaikan dengan perkembangan jaman dan tuntutan masa kini.

TUJUAN WORKSHOP
1. Memberikan pemahaman dalam pengelolaan asset yang profesional
2. Membekali peserta bagaimana melakukan perencanaan, pengelolaan dan pengevaluasian atas kinerja aset perusahaan dengan teknik penilaian & penyusutan aset dsb
3. Membekali pemahaman komprehensif dan pondasi berpikir yang kokoh dalam pengambilan keputusan strategis berkenaan dengan optimalisasi utilitas aset perusahaan
4. Memberikan pemahaman mengenai struktur, tugas dan tanggung jawab pengelola aset
5. Dapat memanfaatkan kesempatan untuk:
- mendapatkan pemecahan masalah yang mungkin dihadapi berkaitan dengan topik bahasan
- me-refresh/mereview kembali metode yang digunakan selama ini apakah sudah efektif atau masih mungkin disempurnakan
- sharing experience dengan sesama peserta dan instruktur

METODE PELATIHAN :
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lektur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif.

Outline :


1. DEFINING ASSET MANAGEMENT
(Overview Manajemen Aset dan Aktiva tetap)

2. ASSET LIFE CYCLE MANAGEMENT

3. RUANG LINGKUP DAN STRUKTUR ORGANISASI
(Kode, Jenis, Golongan, Tahun Perolehan, Fungsi dan Lokasi)

4. FUNGSI, TUGAS, DAN TANGGUNG JAWAB DAN ANALISANYA

5. PENGHITUNGAN DAN PENILAIAN ASET PERUSAHAAN
(karakteristik, Jenis Transaksi yang mengubah harga pokok serta mengubah akumulasi depresiasi)

6. INTERNAL CONTROL

7. DOKUMEN YANG TERKAIT DALAM TRANSAKSI AKTIVA TETAP

8. JARINGAN YANG TERKAIT DALAM MANAJEMEN ASET
(Pembelian, Perolehan, Penghentian Pemakaian, Transfer, Revaluasi & Akuntansi Depresiasi)

9. TACTICAL ASSET MANAGEMENT DECISION MAKING

10. CASE STUDY AND SHARING EXPERIENCE


Skedul Training Bulan Maret 2009 :

Audit-Fraud Series
- 18-20 Maret : Fraud-Auditing : Prevention, Detection & Investigation
- 30-31
Maret : Best Practice in Effective Reporting Audit & Analysis Audit Investigation

Export Import Series
- 13-14 Maret : Pemahaman Prosedur dan Fasilitas Kepabeanan, Shipping Document & Pembayaran Internasional dalam Transaksi Ekspor Impor
- 24-25 Maret : Teknik Mengantisipasi Tambah Bayar dan Sanksi Administrasi Dalam Pengajuan Dokumen Pemberitahuan Impor Barang

Financial, Accounting & Banking Series
- 11-12 Maret : How To Create SOP Enterprise : Set up, Design & Implementation (UPDATE)
- 12-13 Maret : Credit Control Management and Collection Strategy
- 17-18 Maret : Fixed Asset Management (UPDATE)
- 19-20 Maret : Effective Cost Accounting : Financial Analysis, Reduction Cost & Decision Making
- 20-21 Maret : Low Cost Strategy Using MS. Excell (UPDATE)
- 24-25 Maret : Financial Control Management 2009
- 30-31
Maret : Project Financing : Analysis, Financial Risk, Evaluation & Decision Making

HR & Manpower Series
- 05-06 Maret : Supervisory Management : Leveraging Managerial Skills & leadership
- 11-12
Maret : Improving Corporate Training Syllabus
- 19-20
Maret : Implementasi Sistem Karir Melalui Pendekatan Talent Based Management (UPDATE)
- 24-25 Maret : Training Needs Analysis (TNA) and Measuring Impact of Training (UPDATE)
- 30-31 Maret : Best Practice in Recruiting, Interviewing and Selecting Employees Management
- 31 Mar-01 April : Outsourcing, Perjanjian Kerja, Aspek Hukum Hubungan Industrial : Implementasi dan Permasalahannya

Logistics, Purchasing & Supply Chain Series :
- 05-06
Maret : Lean Logistic: Reducing Cost in Your Logistic Chain (UPDATE)
- 17-18
Maret : Effective Inventory Management and Control System : Planning and Controlling (UPDATE)
- 18-20 Maret : Project Management With Ms Project Application

- 19-20 Maret : Production Planning & Inventory Control
- 20-21 Maret : Effective Warehouse Operation Through Lean Warehousing (UPDATE)
- 24-25 Maret : Pergudangan dan Persediaan : Manajemen & Administrasi
- 24-25
Maret : Effective Profitable Purchasing : The Eazy Way to Boost-up The Company Profit By Reducing Material Cost (UPDATE)
- 27 Maret : Best Practice in Fundamental of Supply Chain Management : Concept and Implementation

Productivity & Quality Series :
- 17
Maret : Executive Six Sigma : Vision to Business Excellence /Six Sigma Vision

Taxation Series :

- 11 Maret : Financial Statement Analysis : Fiscal Approach (UPDATE)
- 12-13 Maret : Tax Accounting and Reconciliation (UPDATE)
- 24-25 Maret : Tax Loopholes : Pemanfaatan celah - celah Pajak (UPDATE)
- 31
Maret : Creative Accounting Vs Tax Planning : Sebuah Upaya Melakukan Penghematan Pajak (UPDATE)

IT & Computer Series :
- 18-20 Maret : Powerfull Report Writing With MS. Word 2007 For Secretary & Administrator Professional (UPDATE)
- 23-25 Maret : Powerfull Data Analysis & Reporting With Excel 2007 (UPDATE)

Management Series :
- 04-05 Maret : Super Secretary : Improving Your Personal Business Skill


PENDAFTARAN DAN INFORMASI, SILAHKAN HUBUNGI :

Ayu (0856 1941165) dan Luthfi (02171066836)

Telepon : (021) 71340715 / 71340769 / 7420820
Faximili : (021) 7420820

email : registertraining@gmail.com

Registrasi via SMS :
Ketik : RegTraining TitleNama
Contoh : Reg FIXED ASSET MANAGEMENT Anton & Anna
Kirim ke : 081514738206

CSR Video Conference at UI Salemba

World Bank Institute (WBI)

Asian Institute of Management (AIM)

Tokyo Development Learning Center (TDLC)

Jointly present

A Videoconference-based Distance Learning Course

Corporate Social Responsibility (CSR)

For Sustainable Business and Development

17th – 19th March, 2009

BACKGROUND

Under the current financial and economic crises many companies are being forced to revisit their business strategies both in developed and in developing countries, and in doing so, “sustainability” issues have become even more important. Increasingly, companies need to integrate their CSR activities into their core business strategy to remain competitive in the global economy. The “CSR for Sustainable Business and Development” program has been established jointly by the World Bank Instutute, Asian Management of Institute, and the Tokyo Development Learning Center to analyze the relevance and benefits of CSR activities as well as the connection between corporate strategy and development issues.

IMPACT

Key objectives of this program are to:

Raise awareness of and build capacity for CSR activities in the Asia-Pacific region

Stimulate high-level discussion on the role of CSR in supporting development through a video-conference seminar series connecting several Asian countries

Enhance public private partnership (PPP) in the implementation of CSR initiatives

COURSE DESCRIPTION

This is a three day video conference-based course that aims to stimulate participants’ thinking around the new role of business through high-level discussions, best practices and case studies on how effective and inclusive CSR strategies can enhance competitiveness of private corporations and, at the same time, contribute to the realization of sustainable business growth.

The program integrates both traditional and on-line teaching methodologies, including local workshops and video conferencing. Instructors will include professors from leading academic institutions in Japan and elsewhere in Asia, development experts from the World Bank and other international institutions, and business practitioners. The proposed connecting sites include Tokyo, Manila, Hong Kong, Jakarta, and others.

Language: English

More info: www.jointokyo.com

COURSE STRUCTURE

Day 1: March 17, 2009

13:00-14:30 Lecture

14:45-15:30 Case Presentation and Discussions

Supply Chain Management

Day 2: March 18, 2009

13:00-14:30 Lecture

14:45-15:30 Case Presentation and Discussions Environment / Climate Change

Day 3: March 19, 2009

13:00-14:30 Lecture

14:45-15:30 Case Presentation and Discussions

Bottom of Pyramid (BOP) Business/ Building Sustainable CSR Strategy

ACCREDITATION

Participants who attend all VC lectures will be awarded a Certificate of Course Completion by WBI, AIM, and TDLC.

WHO SHOULD PARTICIPATE

The program is designed for participants including:

Corporate executives and employees responsible for CSR policy and implementation

Corporate executives doing business with/in developing countries

Public sector officials responsible for engaging with the private sector

Development agency officials

NPO representatives

Students and researchers

PROGRAM FEE: IDR. 3,000,000

Group Discount:

3 pax : 3% discount 4 pax : 4% discount

5 pax : 5% discount 6/more : 7.5% discount

VENUE

Global Development Learning Network (GDLN)

University of Indonesia

IASTH Building 1st floor

Salemba Campus – University of Indonesia

CONTACT

AIM Indonesia Representative Office

Tel: +62-21-835-6280/81

Fax: +62-21-835-6281

Email: aimrep@aimjak.com / maria@aimjak.com

www.aim.edu