Thursday, October 9, 2008

Workshop Lean Manufacturing

======================================
LEAN MANUFACTURING :
Improving Efficiency & Competitiveness
======================================

WEBSITE : http://www.binamanajemen.com


Bila ada alamat email lain yang lebih tepat untuk kiriman informasi pelatihan ini harap diberitahukan kepada kami melalui email info@binamanajemen.com. Namun bila Anda tidak menghendaki adanya kiriman email seperti ini lagi - apapun alasannya - kami mohon kemurahan hatinya untuk memberitahukan kepada kami dengan mengirimkan email kosong ke : unsubscribe@binamanajemen.com. Terima kasih atas kerjasamanya.


Jadual & Lokasi :
Kamis, 16-10-2008 - Jum'at, 17-10-2008
Harris Hotel Tebet / The Park Lane Hotel Casablanca

: : BONUS ! ! FLASHDISK : :

Peserta yang telah mendaftar ada 3 orang. Training ini running dengan minimal peserta 4 orang.

Fee/Investasi :
- Rp 2.950.000,-

Who should attend ?
General manager, Manager, Department Head, Supervisor, Section Head

Course Leader :


DUDUNG DUHARA, ST, SSMBB
profesional konsultan yang memfokuskan diri pada bidang Productivity & Quality Management. Dudung pernah bekerja di Quality Assurance Department, PT. LG Innotek Indonesia - Quality Control Engineer, dan Konsultan Manajemen Kualitas dan Produktivitas pada PQM Consultants, Jakarta. Saat ini, selain sebagai associate consultant, juga menjadi Management Innovation Manager pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang chemical dan bio diesel. Dudung adalah lulusan dari Fakultas Teknik Industri, Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Nasional, Bandung, dan mendapatkan Certified Six Sigma Master Black Belt (SSMBB) dari International Quality Federation (IQF), Amerika Serikat. Untuk menambah wawasan pengetahuannya, Dudung pernah aktif sebagai Sekretaris Eksekutif pada Komunitas EDAS (Eksplorasi Dinamika & analisa Sosial), dan mengajar di Fakultas Teknik Universitas Islam "45" dan STT Mitra Karya Bekasi. Klien-klien yang telah ditanganinya antara lain : Pencil Lead Indonesia, Goodyear Indonesia, Cometa Can Indonesia, Gramedia Majalah, Sumitomo Electric Wintec Indonesia, DuPont Powder Coatings Indonesia, American Standard Indonesia, Yasulor Indonesia, Linfox Indonesia, Bumimulia Indah Lestari, Sumatera Prima Fibreboard, Indofarma, Bank Syariah Mandiri, Biotis Agrindo, Bank Mandiri, Indonesia Steel Tube Work, Danone Dairy Indonesia, Federal Nittan Indonesia, Actavis Indonesia, Trac Astra, Inter Aneka Kimia Lestari, Schneider Indonesia, Sanyo Prescision Batam, Eterindo Wahanatama, Saitama Stamping Indonesia.

Training Description :


"Apa yang membuat Toyota menjadi leader market dalam industri otomotif? Bagaimana Toyota memformulasikan proses produksinya, sehingga mampu menghasilkan output berkualitas dengan biaya rendah dan waktu proses cepat?"

Dalam implementasi Lean, sebuah perusahaan dituntut menghasilkan output berkualitas dalam jumlah yang tepat dan pada tempat yang tepat pula, dengan material, waktu proses, tenaga kerja, ruangan, waktu set up, mesin, dll seminimal mungkin. Dengan demikian pemborosan (muda) akan berkurang, persediaan dapat ditekan dan proses produksi akan mengalir, tidak tersendat-sendat.

Lean Manufacturing merupakan sistem produksi yang senantiasa mengupayakan penekanan pemborosan (Waste elimination) dengan melibatkan seluruh karyawan di dalam perusahaan. Pemborosan di sini diartikan sebagai segala sesuatu yang tidak memberikan nilai tambah.

SASARAN PROGRAM
- Memahami falsafah di balik LEAN
- Mengenal konsep LEAN secara menyeluruh
- Memahami teknik-teknik LEAN
- Mengintegrasikan teknik-teknik LEAN
- Memahami langkah-langkah penerapan LEAN

METODE WORKSHOP
dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, latihan, role play, dan presentasi

Outline :


1. FALSAFAH DAN KONSEP LEAN

2. OBSERVASI PEMBOROSAN DI TEMPAT KERJA & TEKNIK-TEKNIK MENGURANGI PEMBOROSAN

3. SISTEM KANBAN & SISTEM PRODUKSI YANG "MENGALIR"

4. CARA MEMPERKECIL LOT-SIZE & CARA MEMPERSINGKAT SET UP TIME

5. MENCIPTAKAN MUTU PADA SUMBERNYA DENGAN ANDON, POKA-YOKE, LINE STOP, JIDOKA, DLL

6. PENGORGANISASIAN TEMPAT KERJA & LANGKAH-LANGKAH IMPLEMENTASI LEAN


Skedul Training Oktober 2008 :

Audit-Fraud Series
- 29-31 Oktober : Fraud-Auditing : Prevention, Detection, & Investigation

Export Import Series
- 23-24 Oktober : Customs Facilities, Shipping Document and Export Import Procedure
- 30-31 Oktober : Kepabenan dan Perpajakan Dalam Transaksi Expor Impor Khusus Kawasan Berikat (Bonded Zone)

Finance Series
- 21-22 Oktober : Fixed Asset Management : Controlling & Decision Making
- 21-22 Oktober : Financial Statement Analysis
- 23-24 Oktober :
Managing Account Payable 2008
- 28-29 Oktober : Effective Budgeting and Cost Control : Planning & Controlling

- 30-31 Oktober : Finance For Non Finance Executive

HR & Manpower Series
- 21-22 Oktober : Penyusunan Struktur Skala Upah yang Efektif Sesuai Peraturan Pemerintah dan Pendekatan Pasar
- 23-24 Oktober : General Affair Officer Development Program
- 28-29 Oktober : Optimalisasi KPI Melalui Analisa Portofolio Bisnis : Sebuah Upaya Mengimplementasikan PMS dengan Pendekatan Balance Scorecard
- 28-29 Oktober : Effective HR Budgeting : Planning & Controlling
- 30-31 Oktober : Outsourcing, Perjanjian Kerja, Aspek Hukum Hubungan Industrial : Implementasi dan Permasalahannya

Operation & Production Series :
- 20-21 Oktober : Best Practice in Logistic Cost Reduction
- 20-21 Oktober : Effective Storekeeping, Warehouse Management, & Distribution System (UPDATE)
- 22-24 Oktober : Project Management with MS Project Application
- 28-29 Oktober : Production Planning & Inventory Control (UPDATE)
- 30-31 Oktober : Effective Profitable Purchasing : The Eazy Way to Boost up The Company Profit by Reducing Material Cost

Operation & Production Series :
- 16-17 Oktober : Lean Manufacturing : Improving Efficiency & Competitiveness
- 21-22 Oktober : Six Sigma Champions : Managing & Leading Six Sigma Implementation (UPDATE)

Taxation Series :
- 23-24 Oktober : Tax Accounting & Fiscal Reconciliation (UPDATE)
- 28 Oktober : Seminar Perpajakan "Mencermati Perubahan UU PPh Terbaru dan Antisipasinya (UPDATE)
- 29-30 Oktober : Seputar Permasalahan Faktur Pajak, SPT PPN & Manajemen Restitusi(UPDATE)

Other Series :
-
28 Oktober : Electronic Filing and Document Management System
- 31 Oktober- 01 November : Analytical & Creative Thinking For Problem Solving


PENDAFTARAN DAN INFORMASI, SILAHKAN HUBUNGI :

Dian (0813 83962620) dan Ilyas (08567066760)

Telepon : (021) 71340715 / 71340769 / 7420820
Faximili : (021) 7420820

email : registertraining@gmail.com

Registrasi via SMS :
Ketik : RegTraining TitleNama
Contoh : Reg Lean Manufacturing Anton & Anna
Kirim ke : 081514738206

PENYUSUNAN STRUKTUR SKALA UPAH YANG EFEKTIF SESUAI PERATURAN PEMERINTAH DAN PENDEKATAN PASAR

================================

======================================
PENYUSUNAN STRUKTUR SKALA UPAH YANG EFEKTIF SESUAI PERATURAN PEMERINTAH DAN PENDEKATAN PASAR
======================================

WEBSITE : http://www.binamanajemen.com


Bila ada alamat email lain yang lebih tepat untuk kiriman informasi pelatihan ini harap diberitahukan kepada kami melalui email info@binamanajemen.com. Namun bila Anda tidak menghendaki adanya kiriman email seperti ini lagi - apapun alasannya - kami mohon kemurahan hatinya untuk memberitahukan kepada kami dengan mengirimkan email kosong ke : unsubscribe@binamanajemen.com. Terima kasih atas kerjasamanya.


Jadual & Lokasi :
Selasa, 21-10-2008 - Rabu, 22-10-2008
Harris Hotel Tebet / The Park Lane Hotel Casablanca

: : BONUS ! ! FLASHDISK : :

Peserta yang telah mendaftar ada 1 orang. Training ini akan running dengan minimal peserta 6 orang.

Fee/Investasi :
- Rp 2.950.000,-

Who should attend ?
Public

Course Leader :


Ir. DINAR WULAN SUTOTO, M.Si
Adalah praktisi yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang SDM dan General Management, yang mendedikasikan diri pada upaya meningkatkan kemampuan insan SDM dalam menjalankan praktek pengelolaan SDM serta penyiapan infrastrukturnya. Sebagai seorang lulusan Magister of Science di bidang SDM dari Universitas Indonesia yang terus menimba ilmu di dalam dan luar negeri antara lain National University of Singapore serta Michigan University, saat ini berkolaborasi dalam bentuk konsorsium untuk pengembangan SDM antara Binamanajemen Indonesia sebagai penanggung jawab dalam pelaksanaan dibidang pelatihan dan Hardisc Consultant sebagai penanggung jawab dalam pelaksanaan dibidang konsultansi SDM. Dalam banyak keterlibatan dan berpengalaman sebagai internal counterpart team yang bekerja sama dengan beberapa konsultan manajemen terkenal baik lokal maupun multinasional, sehingga berwawasan luas baik dari sisi konsep maupun aplikasinya. Sebagai fasilitator dari beberapa modul pelatihan khususnya dalam bidang mengembangkan sistem pengelolaan SDM serta mempunyai kemampuan untuk melengkapi setiap modul pelatihan yang diselenggarakan dengan aplikasi komputer praktis barbasis MS Excel, sehingga lebih mudah dipahami sekaligus diimplementasikan di tempat kerja.

Training Description :


Sistem remunerasi merupakan hal yang krusial dalam konteks pengelolaan SDM. Selain merupakan hal yang sensitif, kesalahan dalam mengelola remunerasi perusahaan dapat mengakibatkan gejolak di internal perusahaan. Ditambah lagi kondisi eksternal yang kurang mendukung seperti situasi / kondisi makro ekonomi negara yang sulit saat ini terkait dengan penurunan daya beli karyawan juga situasi keuangan perusahaan kita yang juga sedang berupaya meminimalkan biaya - biaya. Kondisi ini menuntut adanya optimalisasi pemanfaatan Budget HR. Sistem remunerasi yang efektif perlu disusun dengan mempertimbangkan beberapa hal : internal equity, external competitive, dan sejalan dengan arah dan strategi bisnis perusahaan. Effective Remuneration System ditujukan bagi penanggung jawab remunerasi agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola sistem yang efektif di tempat tugasnya.

SETIAP PESERTA DIHARAPKAN MEMBAWA LAPTOP UNTUK PRAKTEK

Including :
- Training Kit (CD modules, Hand-out), sertifikat, makan siang dan snacks.
- Tools methodology (job evaluation, internal analisis, job grading and Corporate Culture Assessment) in excel formula.

Metode Pelatihan :
Pelatihan ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan

Outline :


1. FUNDAMENTAL C & B / TOTAL REWARD
- Basic Concept and Fundamental of Compensation & Benefit
- Basic Concept and Fundamental of Financial Reward, Benefits and Deferred Benefits
- Basic Concept and Fundamental of Pay for Performance, Merit increase
- Basic Concept and Fundamental of Sign on Bonus, Retention Program

2. POKOK - POKOK DAN PERMASALAHAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEBIJAKAN PEMERINTAH
A. Ketentuan normatif dan pelaksanaan di lapangan
- Tunjangan, tetap dan tidak tetap, upah, komponen upah, komposisi upah
- Lembur, upah lembur, siapa yang berhak dan tidak berhak mendapat lembur
- Perhitungan pesangon, Jam kerja, dan masa kerja
- Mekanisme dan perhitungan THR dan Jamsostek

B. Ketentuan yang diatur secara internal perusahaan :
- Pembagian Shift/regu bergilir
- Perhitungan cuti diluar tanggungan perusahaan
- Mekanisme pengambilan Pensiun dini
- Formula perhitungan Uang pisah
- Perhitungan Bonus, insentif dan penghasilan tidak tetap lainnya

3. ANALISA SISTEM REMUNERASI
- Analisa scatter diagram
- Regresi linier sebagai alat Bantu analisis
- Menetapkan kebijakan garis (trend line analysis)
- Simulasi internal analysis (excel file)

4. JOB EVALUATION (LANGKAH PENTING DALAM MELAKUKAN PENGATURAN SISTEM REMUNERASI)
- Pemilihan metode Job evaluation
- Menetapkan factor compansable
- Membuat Job Evaluation Guide Chart (excel file)

5. MENYUSUN SYSTEM GRADING
- Faktor-faktor yang harus diperhatikan (Struktur organisasi, sistem karir, rentang gaji, kompetensi, bobot jabatan, dll)
- Simulasi Grading (excel file)

6. SALARY INCREASE
- Dasar perhitungan kenaikan gaji
- Compa ratio dan analisa regresi sebagai alat bantu penetapan kenaikan gaji
- Masalah over-under paid dan alternatif penyelesaian
- Keterkaitan sistem remunerasi dengan sistem penilaian kinerja


Skedul Training Oktober 2008 :

Audit-Fraud Series
- 29-31 Oktober : Fraud-Auditing : Prevention, Detection, & Investigation

Export Import Series
- 23-24 Oktober : Customs Facilities, Shipping Document and Export Import Procedure
- 30-31 Oktober : Kepabenan dan Perpajakan Dalam Transaksi Expor Impor Khusus Kawasan Berikat (Bonded Zone)

Finance Series
- 21-22 Oktober : Fixed Asset Management : Controlling & Decision Making
- 21-22 Oktober : Financial Statement Analysis
- 23-24 Oktober :
Managing Account Payable 2008
- 28-29 Oktober : Effective Budgeting and Cost Control : Planning & Controlling

- 30-31 Oktober : Finance For Non Finance Executive

HR & Manpower Series
- 21-22 Oktober : Penyusunan Struktur Skala Upah yang Efektif Sesuai Peraturan Pemerintah dan Pendekatan Pasar
- 23-24 Oktober : General Affair Officer Development Program
- 28-29 Oktober : Optimalisasi KPI Melalui Analisa Portofolio Bisnis : Sebuah Upaya Mengimplementasikan PMS dengan Pendekatan Balance Scorecard
- 28-29 Oktober : Effective HR Budgeting : Planning & Controlling
- 30-31 Oktober : Outsourcing, Perjanjian Kerja, Aspek Hukum Hubungan Industrial : Implementasi dan Permasalahannya

Operation & Production Series :
- 20-21 Oktober : Best Practice in Logistic Cost Reduction
- 20-21 Oktober : Effective Storekeeping, Warehouse Management, & Distribution System (UPDATE)
- 22-24 Oktober : Project Management with MS Project Application
- 28-29 Oktober : Production Planning & Inventory Control (UPDATE)
- 30-31 Oktober : Effective Profitable Purchasing : The Eazy Way to Boost up The Company Profit by Reducing Material Cost

Operation & Production Series :
- 16-17 Oktober : Lean Manufacturing : Improving Efficiency & Competitiveness
- 21-22 Oktober : Six Sigma Champions : Managing & Leading Six Sigma Implementation (UPDATE)

Taxation Series :
- 23-24 Oktober : Tax Accounting & Fiscal Reconciliation (UPDATE)
- 28 Oktober : Seminar Perpajakan "Mencermati Perubahan UU PPh Terbaru dan Antisipasinya (UPDATE)
- 29-30 Oktober : Seputar Permasalahan Faktur Pajak, SPT PPN & Manajemen Restitusi(UPDATE)

Other Series :
-
28 Oktober : Electronic Filing and Document Management System
- 31 Oktober- 01 November : Analytical & Creative Thinking For Problem Solving


PENDAFTARAN DAN INFORMASI, SILAHKAN HUBUNGI :

Aziz (081513172435) dan Luthfi (02171066836)

Telepon : (021) 71340715 / 71340769 / 7420820
Faximili : (021) 7420820

email : registertraining@gmail.com

Registrasi via SMS :
Ketik : RegTraining TitleNama
Contoh : Reg PENYUSUNAN STRUKTUR SKALA UPAH Anton & Anna
Kirim ke : 081514738206

Strategic Maintenance Planner Development

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yth. Bapak/Ibu HRD Manager,
Al-Ikhlas Training Center mengingatkan kembali mengenai training Strategic Maintenance Planner Development yang akan dilaksanakan pada tanggal 22-24 Oktober 2008 di Bandung.Info lebih lanjut hubungi Rita di (021) 70099944, (0251) 2786775 atau 0818792929.
SRTATEGIC MAINTENANCE PLANNER DEVELOPMENT
22-24 Oktober 2008, Holiday Inn - Bandung
Instruktur: Dr.-Ing Ir. Tri Yuswidjajanto Zaenuri
(Peserta terdaftar 5 orang, status OK)
DESIGNED FOR
Maintenance Manager/Superintendent/Engineer/Planner/Supervisor
Project Engineer
Process & Manufacturing/ Engineer
Production Planner/ Engineer/ PPIC/ Operation Engineer
Other professional who wants to a better understanding and take advantage from the course
COURSE CONTENT
1. Introduction
2. Breaking Ice
3. Maintenance Planner & Scheduler Roles & Responsibility
4. Fundamentals of Maintenance Planning & Scheduling General
5. Overview
6. Planning, Scheduling and Controlling
7. Basic Planning Program: Improving Work Order System
8. Cost Reduction By Planning & Scheduling
9. Basic Planning Program: Best Practice in WO and Backlog
10. Management
11. Basic Planning Program: Task Development for Corrective
12. Maintenance & Corrective Action
13. Planning Program: Work Order Execution and Data Capture
14. Reliable Maintenance Work order Practice
15. Prioritizing Maintenance Works
16. Effective Manpower Utilization
17. Conducting JHA & JSA
18. Key Performance Indicators, Concepts, Philosophy And
19. Applications
20. Attachment for KPI Practices
21. References
TUITION FEES
Rp. 7.950.000,-
Pembayaran sebelum tanggal 13 Oktober 2008 Rp. 6.950.000,-
=============================================================
Training Bulan November:
1. ASME B31 Code: Piping System and Pipeline Integrity
3-7 Nov, The Park Lane Jakarta
Instruktur: Dr. Ir. I. Wiratmaja Puja

2. Programmable Logic Controller (PLC)
3 -7 Nov, Hotel Melia Purosani Yogyakarta
Instruktur: Harry Prabowo, M.T., M.IEEE., C.Eng., M.IET

3. Project Management with Crystal Ball uses Monte Carlo Simulation to Analysis Risks
10-12 Nov, The Park Lane Jakarta
Instruktur: Dr. Ir. Antarikso Abdulrahman, MBA, CPIM

4. Gas Engine Principles and Practices
10-13 Nov, Hotel Holiday Inn - Bandung
Instruktur: DR.-Ing. Ir. Tri Yuswijayanto Zaenuri

5. Distributed Control System (DCS)
24-28 Nov, Hotel Holiday Inn - Bandung
Instruktur: Dr. Ir. Edi Leksono, M. Eng & Team

6. Drilling for Engineer
17-21 Nov, Hotel Grand Aquila, Bandung
Instruktur: Rudi Rubiandini

Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Al-Ikhlas Training Center
Rita Salawati
Telp. (021) 700 999 44 atau (0251) 278 6775
Fax. (0251) 8556301
HP: 0818 792929

OPMAN Training PRESENT: 5R-Increasing Office Efficiency

OPMAN Training PRESENT:

5R-Increasing Office Efficiency

Hotel/Ececutive Club, Jakarta, 28 – 29 Oktober 2008

Including : Materi, Cd module, Certificate, Snack & Lunch.

====================================

PENGANTAR

Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin (5R) adalah kondisi tempat kerja yang siap pakai, efisien dan siap dikembangkan. Kondisi ini tidak terjadi begitu saja, tetapi membutuhkan perubahan pola pikir untuk menghasilkan kebiasaan-kebiasaan yang positif di tempat kerja. Konsep ini berasal dari Jepang, tetapi mempunyai nilai yang universal sehingga berbagai industri di negara maju telah sukses menerapkannya. Demikian juga di Indonesia, konsep ini telah sangat membantu menanamkan dan mengembangkan budaya disiplin setiap anggota di dalam perusahaan, disamping secara langsung memberikan manfaat ekonomis bagi perusahaan.

POKOK BAHASAN

Hari Pertama : Hari Kedua :

  1. Video 5R (konsep dan contoh) 7. Laporan Kelompok
  2. Langkah 1 – Ringkas (seleksi) 8. Evaluasi Survey
  3. Langkah II – Rapi (susun) 9. Langkah IV - Rawat (pemeliharaan)
  4. langkah III – Resik (bersih & tertib) 10. Langkah 5 – Rajin (pelatihan)
  5. Persiapan Survey 11. Rencana Tindak Lanjut
  6. Survey tempat kerja 12. Presentasi kelompok

MANFAAT :

- Peserta memahami teknik-teknik penting untuk menerapkan konsep 5R

- Peserta dapat menggunakan ruang kerja (space) secara lebih efisien, tidak perlu menambah lemari, gudang dan sebagainya, bahkan sebaliknya akan didapat kelebihan space, lemari, gudang yang dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih produktif.

- Peserta mempunyai disiplin kerja yang lebih baik untuk menghasilkan tempat kerja yang siap pakai, efisien dan siap dikembangkan.

Peserta :

Manager dan Supervisor serta setiap orang yang bertanggungjawab untuk peningkatan disiplin karyawan dan space efisiensi.

TRAINER

Ir. Hermanto Kosasih, MBA

Beliau adalah Director dan Senior Management Consultant di bidang Recruitment, Management Training & Consulting. Bapak Hermanto telah memperoleh pengetahuan dan pengalamannya tentang 5R ketika belajar di AOTS Jepang untuk Program for Quality Mangement, sebagai Manufacturing Assistant dari Japan Association for Manufacturing Assistance, dan pengalaman praktis di National Semiconductor di Indonesia, EPSON Printer di Hirooka - Jepang dan ACER Computer di Hsin Chu - Taiwan. Lulusan Teknik Fisika ITB dan MBA Program dari American Institute of Management Studies ini juga merupakan International Advisory and Review Board of World Customer Service Congress, Virginia – USA.

Investment:

Workshop Investment : Rp 2.950.000,-

Early bird : Rp. 2.725.000,- (registered before October 17th , paid before Oct 21st 2008)

Special price for group : Rp. 2.500.000,- (minimum 3 participants)

Including : Training Kit (CD modules, Hand-out), Certificate, Lunch and snacks.

Information :

For more information or register don't hesitate to call :

Opman Training

u.p. : Dony / Ipur / Slamet

Phone : (021) 798 2474

Fax : (021) 7918 1248

e-mail : opman.training@gmail.com

website : http://www.opman-training.com

For more informations about workshops & trainings, please visit to :

http://www.trainingmaster.co.id Indonesia's Training Guide

We are very sorry if this information makes you inconvenient.

If you choose not to receive any trainings information in the future, just unsubscribe by sending an email to opman.training@gmail.com

PERUSAHAAN YANG TELAH MENGIKUTI PROGRAM TRAINING OPMAN

BAPPENAS, BNI Card Center, CARE International Indonesia, Graha Niaga, GS Battery, Majalah Warta Ekonomi, PT BMB Eksport, PT. Air Mancur, PT. Amoco Mitsui PTA Indonesia, PT. AMWAY Indonesia, PT. Argha Karya Prima Industry Tbk, PT. Astra Honda Motor, PT. Badak Natural Gas Linguefaction (NGL), PT. Bank BII, PT. Bank Central Asia Tbk, Kantor Wilayah VIII, PT. Bank Negara Indonesia Tbk, PT. Bank Permata Tbk, PT. BMB Eksport, PT. Century Batteries Indonesa, PT. Chakra Jawara, PT. Combiphar, PT. Dankos Farma, PT. Dharmala Polimetal, PT. Diebold Indonesia, PT. EDS Manufacturing Indonesia, PT. Freeport Indonesia, PT. Geodipa Energi, PT. Gramedia Cikarang Plant, PT. Henkel Indonesien, PT. Hexindo Adiperkasa Tbk, PT. Indofood Sukses Makmur, PT. Indomobil Suzuki International, PT. Indosat Tbk, PT. Irawan Prima Utama, PT. ISM Bogasari Flour Mills, PT. Jati Piranti Solusindo, PT. Kompas Media Nusantara, PT. Matahari Putra Prima, PT. Merapi Utama Pharma, PT. Metito Indonesia, PT. Nagasakti Paramashoes Industry, PT. Nalco Indonesia, PT. Nissan Motor Indonesia, PT. Nutrifood Indonesia, PT. Orang Tua Group, PT. Panca Prima Eka Brother, PT. Paras Megah Utama, PT. Polifyn Canggih – Bandung, PT. Prima Inreksa Industries, PT. Pupuk Sriwijaya / Diklat, PT. Radiant Utama Interinsco, PT. Rekayasa Industri, PT. Repex Wahana, PT. Rintis Sejahtera, PT. Ritra Cargo Indonesia, PT. Samudera Indonesia, PT. San Miguel Purefoods Indonesia, PT. Sari Husada Tbk, PT. Serasi Autoraya (Trac Astra Rent a Car),PT. Siemens Indonesia, PT. Siwali Swantika, PT. Smart Tbk, PT. Sucofindo (Persero), PT. Sumberdaya Sewatama, PT. Surveyor Indonesia, PT. Syarikat Takaful Indonesia, PT. TeamworX Indonesia, PT. Terralog Teknologi Indonesia, PT. United Tractors.Siloam Hospital, WWF Indonesia, MKnows Consulting, PT, Fast Food Indonesia, PT. Prima Multi Perkasa, PT. Mintsubisi Indonesia, PT Chakra Jawara, PT. Mataram Tunggal Garmnet, PT. Kliring BErjangka Indonesia, PT. Opes Indonesia, PT. Andika Line(Andika Group), PT. Rekacipta Pratama, PT. Cogindo Daya Bersama, Bank Danamon

e-bulletin : Sense of Urgency

Sense of Urgency

Eileen Rachman & Sylvina Savitri
EXPERD
One-day Assessment Centre

Ditayangkan di KOMPAS, 27 September 2008


Seorang manajer mengeluh bahwa walaupun pencapaian target bagiannya hampir selalu tercapai, ia merasa bahwa teman
-teman di bagiannya kurang berinisiatif untuk mengejar target baru dan kurang kreatif dalam mencari tantangan baru. Bahkan, ada yang berkomentar mengenai dirinya sebagai orang yang tidak pernah puas dan pesimis. “Sebenarnya yang saya inginkan adalah anak buah bisa merasakan sense of urgency, sehingga mereka lebih siap dengan perubahan pasar dan realitas kompetisi. Dalam perasaan nyaman begini, mana mungkin mereka mengidentifikasi dan mendiskusikan potensi krisis sekaligus kesempatan-kesempatan besar?”

Ketika pada tahun 1989 Stephen R. Covey mengentaskan konsep manajemen waktu, dalam buku 7 HABITS , yang diantaranya mengemukakan pentingnya membedakan hal yang “penting dan mendesak (urgen)” dan hal yang “penting dan tidak mendesak”, kita dibuat menyadari betapa kita harus membedakan antara apa yang ‘penting’ dan apa yang ‘urgen’. Stephen Covey mengingatkan bahwa kita seringkali hanya berkonsentrasi pada yang hal yang mendesak (urgen), yang sudah bermasalah dan harus cepat ditangani, karena sebelumnya hal-hal ini diabaikan, tidak diperhatikan karena dianggap tidak penting. Sekarang kita kurang lebih sudah lihat hasilnya : budaya mementingkan “yang penting” menjadi semakin kuat. Buktinya kata ‘penting ‘menjadi sangat popular di lingkungan pergaulan.Ah, nggak penting….” kata seorang remaja atau “Atasan saya hanya mengurusi yang tidak penting …” demikian ujar seorang karyawan perusahaan.

Mengutamakan hal yang “penting” tentunya merupakan sikap antisipatif yang sangat positif, misalnya menyelesaikan laporan sebelum waktunya, mengecek peralatan secara rutin, melaksanakan pengawasan berkala, melakukan rapat reguler dan komunikasi efektif, sehingga kita bisa menekan munculnya masalah yang urgen. Pertanyaannya, apakah perhatian terhadap hal-hal yang penting ini juga mencakup perhatian kita terhadap terpeliharanya mental waspada dan sikap “bergegas” kita dalam bekerja ?

Sense of urgency” tidak sama dengan ‘menghadapi “urgency” ‘

Dalam dunia kerja dan bisnis sekarang, kita tentunya harus mempertanyakan kapan masih bisa menerapkan faham “alon-alon asal kelakon”. Kita bisa memilih mengatakan pada rekan kerja kita:Ayo ini sudah bulan oktober” atau “Ini masih bulan oktober”. Kecenderungan untuk hidup ‘enak’ , menutup mata dari kabar buruk dan dorongan untuk menghindar dari kenyataan pahit, sering membuat kita menjerumuskan diri dan tim kita dalam posisi ‘nina bobo’ alias comfort zone. Keadaan ini dipersubur bila tidak ada ukuran yang obyektif mengenai kinerja dan sikap yang diinginkan, sehingga tanpa terasa individu semakin nyaman berada di daerah abu abu dan menghindari konfrontasi hitam putih.

Di sebuah bank klien saya, baru-baru ini beredar sebuah slogan unik:No business as usual”, yang agak bertentangan dengan budaya di dunia perbankan yang biasanya mengembangkan sikap konservatif, mantap dan pasti. Sentakan yang dilontarkan pimpinan perusahaan ternyata menghasilkan tingkat kewaspadaan karyawan yang lebih baik, sehingga semangat kompetisi dan memenangkan tantangan menjadi lebih kuat. Tentunya peningkatan kewaspadaan ini bisa dicapai bila organisasi tidak bosan bosannya menyiapkan sasaran-sasaran baru, meningkatkan tantangan penjualan, produktivitas maupun kepuasan pelanggan, dan berkomunikasi secara jujur dan terbuka tentang kejadian enak dan tidak enak di dalam dan di luar perusahaan. Tidak banyak “happy talk” lagi dalam meeting, namun komunikasi digantikan dengan fakta-fakta mengenai pencapaian target, kesempatan di masa depan dan keberhasilan orang luar. Kondisi inilah yang membangunkan individu agar tidak terlalu banyak berkonsentrasi pada upaya ‘menyamankan diri’ dan mendorong diri untuk bersikap waspada, dinamis dan berkeinginan untuk menyambut tantangan baru atau “urgency” yang sesungguhnya.

‘4-A’ Sense of urgency

Seorang salesman saya terperangah, ketika saya tanyakan sasaran penjualan berikutnya, sesaat setelah baru saja kami sukses menutup sebuah penjualan yang ‘manis’. Mungkin dalam hatinya ia berkata “Nggak ada matinya ibu ini…”. Persoalannya, sense of urgency adalah sebuah siklus yang berpedoman : “Success motivates more success”. Siklus 4-A, yang terdiri dari Achieve – Assess – Activate dan Accelecate dimulai dari sebuah upaya pencapaian tantangan (achievement) yang bila tercapai, segera dievaluasi (assess), kemudian segera direvisi dan dihidupkan kembali (activate) untuk memulai sesuatu yang baru lagi, sambil tak lengah mendorong dan menggenjot energi (accelerate) untuk mengoptimalkan pencapaian hasil.

Banyak sekali hal-hal yang bisa menyebabkan individu lengah atau “slow down”, seperti menunggu keputusan,merayakan keberhasilan, menyusun anggaran, faktor birokrasi dan proses di pihak ketiga. Di sinilah sesungguhnya kekuatan kita diuji untuk tetap bergerak, dan mengayuh enerji. Begitu kita berhasil atauachieve” lagi, kita boleh merayakan suksesnya. Namun, kita tidak boleh terlena karena dengan segera kita pun perlu meng-“assess” dan membuat tantangan baru lagi. “Sense of urgency “ hanya bisa didapatkan oleh individu yang mau menceburkan diri ke dalam siklus yang bergerak kencang , bahkan bergoyang.

Jadilah “Person in Motion”.

Kita semua pasti setuju bahwa lebih mudah mengendalikan obyek yang bergerak daripada diam. Berpatokan pada hal ini, kita bisa mengadaptasi untuk lebih bersikap dinamis daripada statis. Seorang ahli menyatakan bahwa langkah pertama untuk menghidupkan “sense of urgency” adalah dengan berjalan kaki lebih cepat, sehingga kita juga mensugesti diri sendiri bahwa kita sedang bergegas. Bersikap responsif, misalnya dengan segera menjawab telpon, merespon email, voice mail, blackberry , maupun sms, serta berorientasi ‘action’ seperti ini akan mendorong individu tidak mengijinkan dirinya untuk mencari-cari alasan menunda pekerjaan. Dalam berkomunikasi, kita pun bisa membiasakan untuk tidak berbelit-belit, sehingga orang lain pun terpengaruh untuk berbicara “to the point”. Hal ini membuat kita bisa mengefisiensikan banyak waktu di dalam rapat dan pergaulan.

Kita mudah sekali melihat orang lain tidak mengadaptasi “sense of urgency”, padahal kita sendiri pun barangkali mempunyai penyakit yang sama. Karenanya , bergeraklah, “Do it now!”


EXPERD CONSULTANT
Adding value to business results
Plaza Pondok Indah 3 Blok C/2
Jl. Tb. Simatupang
Jakarta 12310
Telp. 021-7590 6448
Fax. 021-7590 6442

http://www.experd.com

Budgeting, Planning and Controlling

We invite you and your colleagues in your company to attend this training program. Do not hesitate to contact us for more information.

4 Day Program

Using Forecasting Application With MS Excel and Minitab Software

Melia Purosani Hotel – Yogyakarta, October 20 - 23, 2008

Instructor: Dr. Wiwiek M.Daryanto, SE-Ak, MM, CMA

Ir. Heru Kustanto, MSi

Introduction

Firms are established to manufacture products or to render services to meet consumers’ needs. They do these by utilizing resources (labor, materials, various services, buildings, and equipment). These resources need to be financed, or paid for. To work effectively, the people in a firm need information about the amounts of these resources, the means of financing them, and the results achieved through using them.

Budgeting is the process of planning the activities of the organization’s responsibility centers for the next period, usually the next year. In most markets, total demand and company demand are not stable, and good forecasting becomes a key factor in company success. Poor forecasting can lead to overly large inventories, costly price market-downs, or lost sales due to being out of stock. The more unstable the demand, the more critical is forecast accuracy and the more elaborate is forecasting procedure.

Companies commonly use a three-stage procedure to arrive at a sales forecast. First they make an economic forecast, then use it to make an industry forecast, and then use the industry forecast to make a company sales forecast. The economic forecast calls for projecting inflation, unemployment, interest rates, consumer spending and saving, business investment, government expenditures, net exports, and so on. The result is a forecast of gross national product, which is used along with other indicators to forecast industry sales. Then the company bases its sales forecast on the assumption of achieving a certain share of industry sales.

Forecasting is the art of anticipating what buyers are likely to do under a given set of conditions. This suggests that the buyers should be surveyed. Surveys are especially valuable if the buyers have clearly formulated intentions, will carry them out, and will describe them to interviewers.

Budget is a plan expressed in quantitative (monetary) terms covering a specified period of time, usually one year. Many companies refer to their annual budget as a profit plan, since it shows the planned activities that the company expects to undertake in its responsibility centers in order to obtain its profit goal. The budget serves as:

- An aid in making and coordinating short-range plans.

- A device for communicating these plans to the various responsibility center managers.

- A way of motivating managers to achieve their responsibility centers’ goals.

- A benchmark for controlling ongoing activities.

- A basis for evaluating the performance of responsibility centers and their managers.

- A means of educating managers.

Management control’s purpose is to attain desired results. A budget is a statement of the results desired as of the time the budget was prepared. A carefully prepared budget is the best possible standard against which to compare actual performance. This is because it incorporate the estimated effect of all variables that were foreseen when the budget was being prepared.

A comparison of actual performance with budgeted performance provides a “red flag”; it directs attention to areas where action may be needed. An analysis of the variance between actual and budgeted results may (1) help identify a problem area that needs attention, (2) reveal an exploitable opportunity not predicted in the budgeting process, or (3) reveal that the original budget was unrealistic in some way.

Objectives

- Understand the principles types of planning activities that are part of the management control process.

- Understand how to do sales forecasting as a basis of budgeting process by using MS. Excel software.

- Understand how to develop two main types of plans: (1) strategic (or long-range) plans, and (2) budgets, which are usually annual plans structured by responsibility centers.

- Learn how to evaluate company’s performance by using budget as a tool for controlling.

Benefits

Understand the budget’s purposes as a device for making and coordinating plans, for communicating these plans to those responsible for carrying them out, for motivating managers at all levels, as a benchmark for controlling ongoing activities, as a standard with which actual performance subsequently can be compared, and as a means of educating managers.

Who Should Attend

- Managers and supervisors in all areas.

Topics

Sales Forecasting

Budgeting

- Uses of the Budget

- The Master Budget

The Operating Budget

- Project Budgets

- Flexible (Variable) Budgets

- Management by Objectives

Preparing the Operating Budget

- Organization for Budget Preparation

- Budget Timetable

- Setting Planning Guidelines

- Preparing the Sales Budget

- Initial Preparation of Other Budget Components

- Negotiation

- Coordination and Review

- Final Approval and Distribution

- Revisions

The Cash Budget

The Capital Expenditure Budget

- Project Proposals

- Authorization

- Follow Up

Reporting and Evaluation

- Control Reports

- Incentive Compensation

- Standard Cost, Variable Costing Systems, Quality Costs, and Joint Costs

- Production Cost Variances

- Analyzing Other Variances

Short-Run Alternative Choice Decisions

Longer-Run Decisions: Capital Budgeting

Your Course Leader

Dr.Wiwiek M.Daryanto, SE-Ak,MM,CMA is an expert in accounting and finance. She earned a degree in accounting from the University of Gadjah Mada, a Master of Management (MM) from the University of the Philippines (UP) and a Doctoral degree from Institut Pertanian Bogor (IPB). She is also a member of Certified Management Accountant of the Institute of Certified Management accountant (ICMA) Australia.

Ir. Heru Kustanto, MSi is a lecturer in Microeconomics, Macroeconomics, Mathematical Economics, Statistics for Business, Market Research, Operations Research, Computer Application for Business and Management Information System. He is also an expert in software design and computer programming. He earned a master degree from Institut Pertanian Bogor (IPB), Majoring in Agro-Based Industrial Technology. He is a candidate of Doctor of Philosophy (Ph D) in Agricultural Economics, Institut Pertanian Bogor.

Workshop Fee

Rp 7,500.000,-- per participant. This will cover workshop fee, snack and lunch. Hotel accommodation and transport to the workshop venue are not included in this fee. For those who live outside of Yogyakarta we will be happy to assist you to book the hotel for you.

Participants will receive

  1. Hard copy of presentation materials.
  2. Certificate of Attendance
  3. CD: soft copy of presentation materials and simulation software

Contact us for more information: Our Address :

Phone : 021- 8661-3585; 021-8661-2052 Jl. Utama V/18, Pondok Bambu

FAX : 021- 861-6982 J a k a r t a 13430

Ulin: 021-3212-9043 email : kp_propatria@telkom.net ; admin01@kosmopro.com

Tika: 0813-2539-0528 propatria@cbn.net.id ; admin02@kosmopro.com