Tuesday, July 22, 2008

Opman Training : WAREHOUSE OFFICER PROGRAM & SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

Opman Training :

WAREHOUSE OFFICER PROGRAM

Hotel / Executive Club Jakarta, 13 – 14 Agustus 2008

Including : Manual, CD modules, certificate, lunch, snacks, WiFi Internet Access

PENGANTAR

Manajemen Logistik dan Pergudangan memegang peran yang sangat penting dalam kehidupan sebuah perusahaan. Barang yang disimpan di gudang bisa dalam bentuk bahan baku, barang setengah jadi, suku cadang maupun produk jadi. Peningkatan produktivitas dan pelayanan pergudangan akan sangat berpengaruh pada performansi perusahaan secara keseluruhan.

Pelatihan ini akan membahas aspek operasional sistem manajemen pergudangan. Karena titik utama pembahasan adalah masalah operasional logistik dan administrasi pergudangan, maka pelatihan ini sangat cocok untuk para eksekutif perusahaan di tingkat operasional dan menengah. Di dalam pelatihan ini, selain aspek manajemen juga akan dibahas secara terinci sistem dan prosedur administrasi pergudangan, laporan yang harus dihasilkannya beserta contoh setiap jenis formulir yang diperlukan.

TESTIMONIAL PESERTA

“Training ini bagus, cukup luas dan 95% bisa diimplementasikan di pekerjaan. Besar manfaatnya untuk pengurangan biaya-biaya di perusahaan.” (Teddy Hermawan, PT Siemens Indonesia).

“Sangat baik dan konstruktif, menambah pengetahuan peserta.”

(Rudy Irwan, Suplly Chain Vice GM PT Nagasakti Parashoes Industry)

MATERI PELATIHAN

1. Peran manajemen logistik dan Pergudangan dalam kehidupan Perusahaan.

? Evolusi sistem manajemen logistik.

? Siklus manajemen logistik.

? Pergudangan sebagai Subsistem dalam sistem logistik.

? Objektif Manajemen logistik dan Pergudangan.

? Fungsi fungsi manajemen logistik dan pergudangan.

? Fungsi Pelayanan Sistem logistik dan Pergudangan.

? Aktivitas gudang

? Struktur Pergudangan

? Pemilihan Lokasi Gudang

2. Pemeriksaan/Pengujian Barang.

? Dasar Pemeriksaan Barang.

? Destructive dan Non destructive test.

? Kriteria Pemeriksaan total dan sampling.

? Penentuan ukuran sample.

? Penentuan Acceptance Level.

? Pembuatan Berita Acara Pemeriksaan Barang.

3. Administrasi Penerimaan Barang.

? Prasyarat penerimaan barang.

? Pembentukan team penerimaan barang.

? Kriteria penerimaan barang.

? Sistem dan Prosedur Penerimaan Barang.

? Dokumen penerimaan barang.

? Berita Acara Penerimaan Sementara.

? Berita Acara Penerimaan Barang.

? Penyusunan laporan transaksi barang.

? Rekomendasi pembayaran.

4. Administrasi dan Teknik Penyimpanan Barang.

? Sistem dan Prosedur Penyimpanan Barang.

? Dokumen yang digunakan untuk penyimpanan barang.

? Tatacara Pengisian Kartu Barang.

? Tatacara Pengisian Kartu Administrasi Persediaan

? Tatacara perhitungan nilai persediaan barang

5. Teknik Penyimpanan Barang Berukuran Kecil.

  • Aktivfitas unloading barang ukuran kecil.
  • Pengendalian kualitas dan kuantitas.
  • Packaging.
  • Identifikasi produk.
  • Teknik penyimpanan dan pelayanan pelanggan
  • Pengendalian persediaan.
  • Authomatic identification method

6. Pengelolaan barang yang disimpan menggunakan karton (full-case)

  • Manfaat penyimpanan barang menggunakan karton.
  • Order-pick methods.
  • Teknik pengaturan penyimpanan menggunakan karton.
  • Identifikasi posisi karton dan pallet.

7. Akuntansi Persediaan.

? Peran akuntansi dalam pengelolaan persediaan.

? Kontrol intern dilihat dari segi organisasi serta sistem dan prosedur administrasi pergudangan.

? Perhitungan biaya material dengan metoda FIFO (First in First Out), LIFO (Last in First Out), dan AVERAGE.

? Laporan persediaan yang diperlukan akuntansi.

8. Laporan Sistem Pergudangan.

? Laporan status persediaan.

? Laporan Transaksi Barang.

? Klasifikasi Barang.

? Statistik Pemakaian Barang.

? Laporan Perhitungan Inventory Control.

9. Manajemen Pergudangan dan distribusi

· Konsep dasar Distribution Requirement Planning (DRP).

· Multi - echelon distribution system

· Pull system

· Push system

· Illustrasi order - point system

· Solusi order point

· Base - stock system

· Illustrasi perhitungan DRP

· Studi kasus DRP dengan menggunakan Software.

10. Inventory Control Techniques

§ Klasifikasi persediaan.

§ Biaya persediaan.

§ Sistem pengendalian persediaan.

§ Economic order quantity; Reorder point dan Safety Stock untuk Independent - material

§ Fixed order period inventory system

§ Latihan perhitungan optimasi persediaan .

11. Inventarisasi dan auditing persediaan

? Manfaat inventarisasi persediaan.

? Teknik inventarisasi persediaan.

? Inventarisasi total dan inventarisasi sebagian.

? Laporan Hasil inventarisasi.

12. Sistem Informasi dan Komputerisasi Sistem Manajemen Pergudangan

? Perbedaan data dan informasi pergudangan.

? Apa yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen.

? Pembentukan Master File Kodifikasi Barang.

? Pembentukan Master File Persediaan di Gudang.

? Penentuan Kode Lokasi Barang.

? Teknik Pencatatan Transaksi Barang.

13. Peragaan software manajemen pergudangan dan distribusi yang mencakup aspek :

  • Penerimaan barang,
  • Administrasi penyimpanan.
  • Pembentukan item master file.
  • Optimasi Persediaan.
  • DRP dan optimasi distribusi barang.
  • Lokasi barang.

14. Studi kasus sistem manajemen pergudangan.

TRAINER

OPMAN TRAINING TRAINER TEAM

Workshop Investment : Rp 2.750.000,-

Early bird : Rp. 2.550.000,- (registered before 2nd August 2008 , paid before 6th August 2008)

Special price for group : Rp. 2.400.000,- (minimum 3 participants)

Including : Training Kit (CD modules, Hand-out), Certificate, Lunch and snacks. .

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

Concept, strategy and implementation

Hotel / Executive Club, Jakarta, 17 – 18 July 2008

Including : Manual, CD modules, certificate, lunch, snacks.

PENGANTAR

Dinamika lingkungan industri serta persaingan yang semakin ketat telah mengubah sistem manajemen logistik yang selama ini dikenal. Supply chain management didefinisikan sebagai rangkaian aktivitas sejak dilakukan pembelian material, proses transformasi material menjadi bahan setengah jadi dan produk jadi serta mendistribusikannya melalui sistem distribusi yang ada. Jadi, supply chain mengatur aktivitas sejak di supply cycle, response cycle sampai ke delivery cycle.

Perkembangan teknologi informasi telah banyak menyumbang tumbuhnya sistem supply chain management. Saat ini semua fungsi manajemen logistik telah dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas internet dan intranet. Penggunaan Web dalam supply chain telah menjadi trend di perusahaan industri manufaktur dan industri jasa terkemuka akhir akhir ini.

Workshop dua hari ini dimaksudkan untuk memberikan pengertian mendalam tentang supply chain management dan dukungan teknologi informasi dalam operasinya. Workshop diberikan dengan case method disertai dengan peragaan penggunaan web untuk aktivitas supply chain management.

Pemandu workshop terdiri dari praktisi dan akademisi yang berpengalaman melakukan disain sistem web-based supply chain management di beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia.

MATERI PELATIHAN

1. Redefinisi, evolusi dan peran logistik dalam dunia usaha.

· Paradigma baru manajemen logistik.

· Manajemen logistik sebagai sebuah sistem.

· Redefinisi sistem manajemen logistik.

· Evolusi sistem manajemen logistik dan supply chain management.

· Pengaruh perkembangan teknologi informasi terhadap sistem manajemen logistik

2. Mengukur performansi sistem manajemen logistik.

· Ukuran performansi sistem manajemen logistik.

· Produktivitas sistem manajemen logistik.

· Kualitas sistem manajemen logistik.

3. Perencanaan dan manajemen persediaan.

· Dasar manajemen persediaan.

· Mengukur performansi sistem persediaan.

· Prakiraan kebutuhan barang.

· Order quantity engineering.

· Inventory control policy and replenishment design.

· Disain sistem dan manajemen persediaan.

4. Supply management.

· Perkembangan terakhir konsep supply management.

· Mengukur performansi supply management.

· Supplier integration and relationship management.

· Teknologi informasi dan aplikasi sistem internet dalam supply management.

5. Manajemen transportasi dan distribusi

· Model sistem transportasi dan distribusi.

· Rincian aktivitas sistem transportasi.

· Mengukur produktivitas sistem transportasi.

· Logistics network design.

· Shipment planning and management.

· Fleet, container and yard management.

· Freight and document management.

6. Manajemen Pergudangan

· Fungsi fungsi dalam manajemen pergudangan.

· Profil aktivitas manajemen pergudangan.

· Mengukur performansi manajemen pergudangan.

· Prinsip prinsip penerimaan barang.

· Operasi penyimpanan barang.

· Order picking operations.

· Shipping principles.

7. Disain organisasi logistik.

· Manajemen organisasi supply chain.

· Logistics strategic planning and project management.

· Logistics process and activity management.

8. Logistics and supply chain information system.

· Arsitektur sistem informasi manajemen logistik dan supply chain.

· Logistics data warehousing and decision support system.

· Manajemen logistik berbasis Web

· Paperless and wireless logistics system.

9. Studi kasus.

· Material Requirement Planning (MRP) and Supply Chain at Alenia Aircraft.

· Jaguar-Nippondenso Relation.

· Pengembangan Web-based Logistics Planning System and e-Procurement di sebuah BUMN terkemuka.

TARGET PESERTA

· Logistics /supply chain Manager,

· Purchasing Manager,

· Warehousing Manager,

· Distribution Manager,

· Logistics Planner,

· Production Manager,

· Production Planner,

· Marketing Manager

· dan semua posisi yang erat kaitannya dengan manajemen logistik serta siapa saja yang ingin mengetahui perkembangan terakhir Logistics and Supply Chain Management.

TRAINER

Ir. Asep Saefulbachri , MBA., MM.

Beliau mendapatkan gelar MBA-nya dari Asian Institute of Management pada tahun 1992 dan Magister Management dari sekolah Tinggi Manajemen Bandung (telkom) pada tahun 1996. Lulusan Teknik Industri ITB pada tahun 1981 ini mengikuti banyak training & pelatihan di dalam dan luar negeri, antara lain yang di adakan oleh: Arizona State university USA, ATI-Edmonto, Canada, dan Siemens-Munich West Germany.

Sebagai direktur sebuah training organizer dan konsultan di bidang management, beliau juga aktif memberikan training-training untuk Opration Managenet, Purchashing, Production, Logistic & Supply Chain Management, Business & financial Management, dan lain – lain.

Beliau juga memberikan mata kuliah untuk Logistic & Supply Chain Management dan financial Management di program Pasca Sarjana Fakultas Teknik Industri Universitas Pasundan Bandung

Workshop Investment : Rp 2.750.000,-

Early bird : Rp. 2.550.000,- (registered before July 7th, paid before July 10th 2008)

Special price for group : Rp. 2.400.000,- (minimum 3 participants)

Including : Training Kit (CD modules, Hand-out), Certificate, Lunch and snacks.

Information :

For more information or register don't hesitate to call :Opman-Training

u.p. : Dony/ Ipur

Phone : (021) 798 2474

Fax : (021) 798 2474

e-mail : opman.training@gmail.com

website : http://www.opman-training.com

For more informations about workshops & trainings, please visit to :

http://www.trainingmaster.co.id

Indonesia's Training Guide

We are very sorry if this information makes you inconvenient.

If you choose not to receive any trainings information in the future, just unsubscribe by sending an email to unsubscribe@opman-training.com

Thank you ...

PERUSAHAAN YANG TELAH MENGIKUTI PROGRAM TRAINING OPMAN

BAPPENAS, BNI Card Center,

CARE International Indonesia,

Graha Niaga,

GS Battery,

Majalah Warta Ekonomi,

PT BMB Eksport,

PT. Air Mancur,

PT. Amoco Mitsui PTA Indonesia,

PT. AMWAY Indonesia,

PT. Argha Karya Prima Industry Tbk,

PT. Astra Honda Motor,

PT. Badak Natural Gas Linguefaction (NGL),

PT. Bank BII,

PT. Bank Central Asia Tbk, Kantor Wilayah VIII,

PT. Bank Negara Indonesia Tbk,

PT. Bank Permata Tbk,

PT. BMB Eksport,

PT. Century Batteries Indonesa,

PT. Chakra Jawara,

PT. Combiphar,

PT. Dankos Farma,

PT. Dharmala Polimetal,

PT. Diebold Indonesia,

PT. EDS Manufacturing Indonesia,

PT. Freeport Indonesia,

PT. Geodipa Energi,

PT. Gramedia Cikarang Plant,

PT. Henkel Indonesien,

PT. Hexindo Adiperkasa Tbk,

PT. Indofood Sukses Makmur,

PT. Indomobil Suzuki International,

PT. Indosat Tbk,

PT. Irawan Prima Utama,

PT. ISM Bogasari Flour Mills,

PT. Jati Piranti Solusindo,

PT. Kompas Media Nusantara,

PT. Matahari Putra Prima,

PT. Merapi Utama Pharma,

PT. Metito Indonesia,

PT. Nagasakti Paramashoes Industry,

PT. Nalco Indonesia,

PT. Nissan Motor Indonesia,

PT. Nutrifood Indonesia,

PT. Orang Tua Group,

PT. Panca Prima Eka Brother,

PT. Paras Megah Utama,

PT. Polifyn Canggih – Bandung,

PT. Prima Inreksa Industries,

PT. Pupuk Sriwijaya / Diklat,

PT. Radiant Utama Interinsco,

PT. Rekayasa Industri,

PT. Repex Wahana,

PT. Rintis Sejahtera,

PT. Ritra Cargo Indonesia,

PT. Samudera Indonesia,

PT. San Miguel Purefoods Indonesia,

PT. Sari Husada Tbk,

PT. Serasi Autoraya (Trac Astra Rent a Car),

PT. Siemens Indonesia,

PT. Siwali Swantika,

PT. Smart Tbk,

PT. Sucofindo (Persero),

PT. Sumberdaya Sewatama,

PT. Surveyor Indonesia,

PT. Syarikat Takaful Indonesia,

PT. TeamworX Indonesia,

PT. Terralog Teknologi Indonesia,

PT. United Tractors

No comments: