Monday, June 9, 2008

Reminder Pelaksanaan PHK Yang Efektif Tanpa Konflik

BMI Training
- Gives You More Values -


Kami informasikan training hr & manpower series BMI Training (management training division of PSM Global Network). http://www.binamanajemen.com


1.

Semua Beban Perusahaan Naik, Produktivitas Belum, Ancang-Ancang PHK ? Pelaksanaan PHK Yang Efektif Tanpa Konflik, Rabu, 18-06-2008 - Kamis, 19-06-2008

[Training-01]


Bila ada alamat email lain yang lebih tepat untuk kiriman informasi pelatihan ini harap diberitahukan kepada kami melalui email info@binamanajemen.com. Namun bila Anda tidak menghendaki adanya kiriman email seperti ini lagi - apapun alasannya - kami mohon kemurahan hatinya untuk memberitahukan kepada kami dengan mengirimkan email kosong ke: unsubscribe@binamanajemen.com. Terima kasih atas kerjasamanya.


: : BONUS !! FLASHDISK : :
: : Training ini jalan dengan minimal 7 peserta. Saat ini sudah ada 5 pendaftar : :


Training Description

[Training-01]
Semua Beban Perusahaan Naik, Produktivitas Belum, Ancang - ancang PHK?
Pelaksanaan PHK Yang Efektif Tanpa Konflik

TRAINING DESCRIPTION :


UU Ketenagakerjaan direncanakan akan melakukan revisi yang prosesnya sampai saat ini masih terus berlangsung. Untuk saat ini, mengenai ketentuan-ketentuan dalam ketenagakerjaan mengacu pada ketentuan perundang-undangan yang lama, yaitu UU No.13 Tahun 2003.

Dimana dalam UU tersebut terdapat pembahasan mengenai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang acapkali membuat perusahaan sering kali mengalami kesulitan dalam melakukan penentuan kebijakan PHK. Hal ini disebabkan sering kali kebijakan PHK diartikan sebagai kebijakan yang tidak memperhatikan karyawan. Selain itu masalah PHK ini berkaitan dengan banyaknya pihak dan faktor yang berkepentingan dengan kebijakan tersebut. Selain pihak pekerja, Disnaker, bahkan serikat pekerja eksternal juga berkepentingan.

Pada dasarnya kebijakan PHK oleh perusahaan tidak serta merta merupakan kebijakan yang merugikan karyawan. Namun pada saat kondisi tertentu, terdapat pula beberapa perusahaan yang memang menyalahi aturan yang berlaku. Permasalahan PHK ini sebenarnya dapat dilihat dari 2 konteks yaitu konteks pemahaman yang baik terhadap regulasi dan konteks modern management (pengelolaan) dalam kebijakan PHK tersebut (managerial). Dua hal tersebut di atas sangat penting untuk menghindari perselisihan yang dapat merugikan bagi kedua belah pihak, baik perusahaan maupun pihak pekerja.

Workshop ini sangat bermanfaat bagi perusahaan karena akan dibahas bagaimana pengelolaan PHK pekerja mulai dari pre-termination, exit interview, hingga post - action termination.

Selain itu, workshop ini akan membahas secara mendalam mengenai peraturan yang berlaku serta praktek dan pengalaman para praktisi dalam menyelesaikan PHK, disampaikan oleh para instruktur yang menguasai di bidangnya. Sehingga diharapkan dengan pemahaman yang utuh, proses kebijakan PHK yang diberlakukan memuaskan semua pihak.

MANFAAT YANG ANDA PEROLEH ?
Manfaat yang akan diperoleh para peserta dalam mengikuti Pelatihan ini adalah;
1. Update regulasi mengenai pemutusan hubungan kerja (PHK)
2. Memahami secara kompehensif pemutusan konsep hubungan kerja (PHK) berdasarkan undang-undang
3. Memahami bagaimana melakukan manajemen PHK yang efektif dan efisien.
4. Melakukan PHK sesuai dengan ketentuan yang berlaku
5. Mendapatkan informasi terbaru tentang masalah-masalah yang sering dihadapi perusahaan dalam PHK.

METODE PELATIHAN :
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lektur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif.

OUTLINE :


1. MANAJEMEN PHK : KONSEP & IMPLEMENTASI
a. Ketentuan dalam konsep manajemen PHK
b. Pedoman dalam PHK dan kesalahan - kesalahan yang terjadi dalam kebijakan PHK
c. Program pra PHK dan langkah - langkah dalam melakukan PHK
d. Formulasi program pensiun dini dan program pengunduran diri
e. Perhitungan dalam pembayaran pesangon, take home pay, program jamsostek, dll
f. Bentuk wawancara dalam PHK karyawan
g. Permasalahan - permasalahan dalam dokumen dan susunan dalam paket PHK
h. Kebijakan terbaru dan perencanaan paska PHK

2. PEDOMAN PELAKSANAAN PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA MENURUT UU
a. Dasar hukum PHK yang sesuai dengan UU
b. Prosedur yang harus dilakukan sebelum penetapan PHK oleh perusahaan
c. Hak dan kewajiban perusahaan dan karyawan dalam proses PHK
d. Etika dalam PHK
e. Kriteria yang termasuk kesalahan berat dalam PHK

3. WACANA PENGEMBANGAN PROGRAM DALAM PERLINDUNGAN PEKERJA YANG DI PHK
a. Kebijakan dan peraturan yang berlaku dalam perlindungan pekerja yang di PHK
b. Wacana mengenai pemberlakuan Peraturan Pemerintah tentang pembayaran pesangon pekerja yang di PHK
c. Dan lain-lain

4. MANAJEMEN PROSES PHK - LEGAL PERSPECTIVE
a. Dasar hukum yang dibutuhkan dalam pemecatan dan prosedur pengajuan PHK ke Disnaker
b. Uang penghargaan masa kerja
c. Hak Serikat Pekerja & Urgensitas PP / PKB dalam Proses PHK

5. MASALAH-MASALAH PHK & PENGUNDURAN DIRI DAN CARA PENYELESAIANNYA ANTARA PIHAK PERUSAHAAN & KARYAWAN
a. Pemecahan masalah dengan negosiasi win-win atau pengadilan, mana yang lebih baik?
b. Kesalahan-kesalahan perusahaan dalam proses penyelesaian PHK dengan penyelesaian antara perusahaan dan pekerja.
c. Studi kasus

6. MASALAH-MASALAH PHK DAN CARA PENYELESAIANNYA DITINGKATAN DISNAKER, DAN PENGADILAN
a. Material hukum yang diperlukan dalam penyelesaian PHK yang melibatkan pihak ketiga.
b. Kesalahan-kesalahan perusahaan dalam proses penyelesaian PHK yang melibatkan pihak ketiga
c. Studi kasus

Who Should Attend ?
Public

FEE/INVESTASI : Rp 3.000.000,-

VENUE :
Hotel Harris Tebet / The Park Lane Hotel Casablanca

COURSE LEADER :


SAIFUDIN BACHRUN
Saifudin Bachrun got academic for Chemical Analysis of Department of Industry Republic of Indonesia Bogor. He also graduated from Institute of Industrial Management Department of Industry Republic of Indonesia. He also one of founder of Indonesian Industrial Relation Association.
Mr. Saifudin has more 25 years experience in Personnel Management, Human Resources Department and Industrial Relations area. Working in various positions with multinational companies such as: PT. Amoco Mitsui, PT.MATTEL Indonesia, PT.CABOT Indonesia, PT. Maxus Southeast Sumatra, oil company as Head of HR Planning and Development.
He received many reward from companies such as: Mattell Inc. CEO (Head Quarter at El Segundo, California, USA) on Crisis Management, the Best Cabot Worldwide Employee Role Model from Cabot CEO, Boston, USA.

I WAYAN NEDENG, SH
Konsultan ketenagakerjaan di beberapa perusahaan dan lembaga pelatihan termasuk CHR dengan pengalaman sebagai Anggota Tim Asistensi Menakertrans (Ketua Pokja Hukum dan Perundangan-undangan). Sebelum pensiun beliau adalah mantan pejabat dilingkungan Depnakertrans, antara lain pernah menjabat sebagai Kepala Subdit Perjanjian Kerja, Kepala Subdit Penyelesaian Perselisihan Industrial Pada Perusahaan Swasta, KUPT ( Wakil Kakanwil) Depnaker Prop Kalimantan Barat, Kepala Kepaniteraan Panitia Penyelesaian Perselisihan Perburuhan Pusat (P4P), Direktur Persyaratan Kerja, Direktur Syarat Kerja, Pengupahan dan Jaminan Sosial serta Ketua Panitia Penyelesaian Perselisihan Perburuhan Pusat (P4P).

Jadual Bulan Juni 2008 :
Audit-Fraud Series
-
19-20 Juni : Effective Skills For The Beginning Auditors

Banking & Investment Series
- 18-19 Juni : Investment Feasibility Studies With MS Excel Application

Export Import Series
- 19-20 Juni :
Customs Facilities, Shipping Documents and Export Import Procedure
- 26-27 Juni : Implementasi L-C berdasarkan UCP 600 dalam Perdagangan International dan Tata Laksana Kepabeanan di Bidang Ekspor Impor

Finance Series
- 17-18 Juni : Effective Managerial Accounting Implement for Decision Making & Reduction Cost
- 19-20 Juni : Effective Budget and Cost Control For Planning, Controlling, and Decision Making
- 24-25 Juni : Cost Reduction Strategy for Non Financial Companies
- 26-27 Juni : Effective Inventory Accounting for Controlling & Decision Making

HR & Manpower Series
- 04-05 Juni : Comprehensive Training for Trainer
- 12-13 Juni : High Competent Supervisor - A President at Mini Company
- 17-18 Juni : Penyusunan Struktur Skala Upah yang Efektif sesuai Peraturan Pemerintah dan Pendekatan Pasar
- 18-19 Juni : Semua Beban Perusahaan Naik, Produktifitas Belum, Ancang-Ancang PHK ? Pelaksanaan PHK yang Efektif Tanpa Konflik

- 26-27 Juni : Meningkatkan KPI Perusahaan dgn Balance Scorecard yang terintergrasi dgn Performa Kinerja Perusahaan dan Pegawai melalui Balance Scorecard

Operation & Production Series :
- 02-03 Juni : Managing Supply Chain Aligning Corporate Strategy with Supply Chain Strategy
-
11 Juni : Effective Purchasing Management For New Buyer
-
17-18 Juni : Inventory Management & Control System : Design, Setup & Implementation
- 25-27 Juni : Project Financing and Evaluation

Taxation Series :
- 18 Juni : Financial Statement Analysis : Tax Analysis
- 19-20 Juni : Tax Loopholes : Optimalisasi Celah-Celah Pajak
- 25-26 Juni : Tax Planning and Tax Management (Efisiensi PPN, PPh 21, Witholding Taxes dan PPh Badan)

Others :
-
21 Juni : Electronic Filing and Document Management System

Untuk Pendaftaran dan informasi lebih lengkap, silahkan hubungi :
Dian (081383962620) dan Luthfi (08159932554)

Telepon : (021) 71340715 / 71340769 / 7420820
Faximili : (021) 7420820

email : registertraining@gmail.com

Registrasi via SMS :
Ketik : RegTraining TitleNama
Contoh : Reg PELAKSANAAN PHK YANG EFEKTIF TANPA KONFLIK Anton & Anna
Kirim ke : 081514738206

No comments: