Friday, July 18, 2008

Pengiriman kuesioner untuk keperluan skripsi

Untuk dapat mengerjakan skripsi ini, saya harus memperoleh data yang saya perlukan untuk kemudian data tersebut akan diolah lebih lanjut dengan menggunakan software statistik. Adapun data yang saya perlukan adalah berupa jawaban atas kuesioner mengenai atribut kualitas audit dan reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP) terhadap kepuasan klien, yang saya kirimkan kepada para responden, yang antara lain terdiri dari Direktur, dan Auditor Internal/Controller Perusahaan Tbk (go public companies), yang listed di BEI. Oleh karena itu, saya memohon kesediaan Bapak/Ibu Direktur yang terhormat, dan juga Bapak/Ibu Auditor Internal/Controller untuk mengisi kuesioner yang saya ajukan. Atas kesediaan dan perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.

PERINCIAN MENGENAI KUESIONER:

Kuesioner – kuesioner ini terdiri dari dua kelompok, yang masing – masing kuesioner tersebut terdiri dari dua bagian, yaitu Bagian I mengenai data diri responden, dan Bagian II mengenai Atribut – atribut Kualitas Audit dan Reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP) terhadap Kepuasan Klien.

Kuesioner pada urutan pertama, ditujukan kepada Bapak/Ibu Internal Auditor perusahaan / Controller perusahaan, dan yang kedua ditujukan kepada Bapak/Ibu Direktur Perusahaan.

Apabila kuesioner – kuesioner tersebut telah diisi, mohon agar segera dikirimkan kembali kepada saya selaku peneliti, agar data ini bisa segera saya oleh untuk saya analisis lebih lanjut. Kuesioner ini dapat dikirimkan ke alamat e-mail saya di: aripujimulyani@yahoo.com

Demikian perincian mengenai kuesioner tersebut, atas perhatian dan bantuannya, saya mengucapkan terima kasih. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas segala kebaikan Bapak/Ibu sekalian yang telah membantu saya. Amin.

KUESIONER PENELITIAN

PENGARUH KUALITAS AUDIT, DAN REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) TERHADAP KEPUASAN KLIEN

Yth. Bapak/Ibu Internal Auditor/Controller

PT. ASURANSI BINTANG Tbk

Di tempat.

BAGIAN I : Data Diri Responden

Silahkan Anda memberi tanda (V) pada jawaban yang Anda pilih!

Apakah Anda seorang : INTERNAL AUDITOR ( ) / CONTROLLER ( )

1. Usia Anda saat ini :

  1. 18 – 24 tahun ( )
  2. 25 – 34 tahun ( )
  3. 35 – 44 tahun ( )
  4. 45 – 54 tahun ( )
  5. 55 tahun atau lebih ( )

2. Jenis kelamin Anda :

  1. Laki – laki ( )
  2. Perempuan ( )

3. Tingkat pendidikan terakhir Anda :

  1. SMU ( )
  2. Diploma ( )
  3. Sarjana Strata Satu (S1) ( )
  4. Sarjana Strata Dua (S2) ( )
  5. Sarjana Strata Tiga (S3) ( )

4. Lama Anda bekerja di Perusahaan Anda saat ini :

  1. Kurang dari satu tahun ( )
  2. 1 – 5 tahun ( )
  3. 6 – 10 tahun ( )
  4. 11 – 20 tahun ( )
  5. 21 tahun atau lebih ( )

5. Lama Anda menjabat kedudukan tersebut:

  1. Kurang dari satu tahun ( )
  2. 1 – 5 tahun ( )
  3. 6 – 10 tahun ( )
  4. 11 – 20 tahun ( )
  5. 21 tahun atau lebih ( )

BAGIAN II : Atribut-atribut Kualitas Audit, dan Reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP) terhadap Kepuasan Klien

Berdasarkan pengalaman Anda sebagai seorang Internal Auditor perusahaan / Controller perusahaan, Anda tentu memiliki pengalaman bekerja sama dengan KAP dan Tim Audit yang mengaudit perusahaan tempat Anda bekerja saat ini.

Di bawah ini terdapat lima belas (15) pertanyaan untuk mengungkapkan pendapat Anda mengenai kualitas audit, dan reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP) terhadap kepuasan klien (dari sudut pandang Anda sebagai Internal Auditor/Controller perusahaan).

Pemilihan jawaban untuk atribut-atribut kualitas audit ditentukan sebagai berikut :

Silahkan Anda memberi tanda (V) pada jawaban yang Anda pilih!

(1) Sangat Tidak Setuju (STS)

(2) Tidak Setuju (TS)

(3) Netral (N)

(4) Setuju (S)

(5) Sangat Setuju (SS)

ATRIBUT-ATRIBUT KUALITAS AUDIT

1.

KAP dan Tim Audit yang mengaudit perusahaan, sudah berpengalaman dalam mengaudit perusahaan-perusahaan yang sejenis

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

2.

KAP dan Tim Audit memiliki pemahaman mengenai industri klien untuk dapat secara efektif mengaudit suatu perusahaan

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

3.

KAP responsif terhadap kebutuhan klien (selain kebutuhan akan opini audit atas laporan keuangan perusahaan)

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

4.

Anggota Tim Audit secara teknis berkompeten dalam mengaplikasikan PSAK (Pedoman Standar Akuntansi Keuangan) dan SPAP (Standar Profesional Akuntan Publik)

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

5.

KAP dan anggota dari Tim Audit secara individual mampu mempertahankan sikap independen dalam kenyataan maupun dalam menjalankan proses audit

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

6.

Anggota Tim Audit memiliki kemahiran profesional secara cermat dan seksama dalam semua aspek audit

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

7.

KAP memiliki komitmen yang kuat terhadap kualitas

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

8.

Para manajer dari KAP secara aktif terlibat dalam proses audit

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

9.

Anggota-anggota dari Tim Audit dapat melakukan pekerjaan lapangan dengan tepat

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

10.

Anggota Tim Audit berinteraksi secara efektif dengan komite audit sebelum, selama, dan sesudah proses audit

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

11.

Anggota Tim Audit memiliki standar etik dan memiliki pengetahuan yang lebih tentang accounting dan auditing

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

12.

Anggota Tim Audit mempertahankan sikap skeptis (tidak mudah percaya) dalam menjalankan proses audit

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

REPUTASI KAP

13. Nama KAP (Kantor Akuntan Publik) yang saat ini melakukan proses audit dalam perusahaan :

a. Haryanto Sahari & Co. (PricewaterhouseCoopers)

b. Osman Ramli Satrio & Co. (Deloitte Touche Tohmatsu)

c. Siddharta, Siddharta & Widjaja (Klynveld Peat Marwick Goerdeler)

d. Purwantono, Sarwoko & Sandjaja (Ernst & Young)

e. Lain – lain, sebutkan :

Pemilihan jawaban untuk kepuasan klien ditentukan sebagai berikut:

Silahkan Anda memberi tanda (V) pada jawaban yang Anda pilih!

(1) Sangat Tidak Puas (STP)

(2) Tidak Puas (TP)

(3) Cukup (C)

(4) Puas (P)

(5) Sangat Puas (SP)

KEPUASAN KLIEN

14.

Seberapa puaskah Anda dengan kinerja yang dilakukan secara keseluruhan oleh KAP yang mengaudit perusahaan Anda?

STP

( )

TP

( )

C

( )

P

( )

SP

( )

15.

Seberapa puaskah Anda terhadap kinerja dari anggota Tim Audit sebagai suatu kelompok dalam mengaudit perusahaan Anda saat ini?

STP

( )

TP

( )

C

( )

P

( )

SP

( )


KUESIONER PENELITIAN

PENGARUH KUALITAS AUDIT, DAN REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) TERHADAP KEPUASAN KLIEN

Yth. Bapak/ibu Direktur

PT. ASURANSI BINTANG Tbk

Di tempat.

BAGIAN I : Data Diri Responden DIREKTUR PERUSAHAAN

Jabatan Anda saat ini sebagai Direktur :

Silahkan Anda memberi tanda (V) pada jawaban yang Anda pilih!

1. Usia Anda saat ini:

  1. 30 – 34 tahun ( )
  2. 35 – 39 tahun ( )
  3. 40 – 44 tahun ( )
  4. 45 – 49 tahun ( )
  5. 50 tahun atau lebih ( )

2. Jenis kelamin Anda:

  1. Laki – laki ( )
  2. Perempuan ( )

3. Tingkat pendidikan terakhir Anda:

  1. Diploma ( )
  2. Sarjana Strata Satu (S1) ( )
  3. Sarjana Strata Dua (S2) ( )
  4. Sarjana Strata Tiga (S3) ( )

4. Lama Anda bekerja di Perusahaan Anda saat ini:

  1. Kurang dari satu tahun ( )
  2. 1 – 5 tahun ( )
  3. 6 – 10 tahun ( )
  4. 11 – 20 tahun ( )
  5. 21 tahun atau lebih ( )

5. Lama Anda menjabat kedudukan tersebut:

  1. Kurang dari satu tahun ( )
  2. 1 – 5 tahun ( )
  3. 6 – 10 tahun ( )
  4. 11 – 20 tahun ( )
  5. 21 tahun atau lebih ( )

BAGIAN II : Atribut-atribut Kualitas Audit, dan Reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP) terhadap Kepuasan Klien

Berdasarkan pengalaman Anda sebagai salah seorang Direksi Perusahaan, Anda tentu memiliki pengalaman bekerja sama dengan KAP dan Tim Audit yang mengaudit perusahaan tempat Anda bekerja saat ini.

Di bawah ini terdapat lima belas (15) pertanyaan untuk mengungkapkan pendapat Anda mengenai kualitas audit, dan reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP) terhadap kepuasan klien (dari sudut pandang Anda sebagai Direktur Perusahaan).

Pemilihan jawaban untuk atribut-atribut kualitas audit ditentukan sebagai berikut :

Silahkan Anda memberi tanda silang (V) pada jawaban yang Anda pilih!

(1) Sangat Tidak Setuju (STS)

(2) Tidak Setuju (TS)

(3) Netral (N)

(4) Setuju (S)

(5) Sangat Setuju (SS)

ATRIBUT-ATRIBUT KUALITAS AUDIT

1.

KAP dan Tim Audit yang mengaudit perusahaan, sudah berpengalaman dalam mengaudit perusahaan-perusahaan yang sejenis

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

2.

KAP dan Tim Audit memiliki pemahaman mengenai industri klien untuk dapat secara efektif mengaudit suatu perusahaan

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

3.

KAP responsif terhadap kebutuhan klien (selain kebutuhan akan opini audit atas laporan keuangan perusahaan)

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

4.

Anggota Tim Audit secara teknis berkompeten dalam mengaplikasikan PSAK (Pedoman Standar Akuntansi Keuangan) dan SPAP (Standar Profesional Akuntan Publik)

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

5.

KAP dan anggota dari Tim Audit secara individual mampu mempertahankan sikap independen dalam kenyataan maupun dalam menjalankan proses audit

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

6.

Anggota Tim Audit memiliki kemahiran profesional secara cermat dan seksama dalam semua aspek audit

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

7.

KAP memiliki komitmen yang kuat terhadap kualitas

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

8.

Para manajer dari KAP secara aktif terlibat dalam proses audit

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

9.

Anggota-anggota dari Tim Audit dapat melakukan pekerjaan lapangan dengan tepat

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

10.

Anggota Tim Audit berinteraksi secara efektif dengan komite audit sebelum, selama, dan sesudah proses audit

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

11.

Anggota Tim Audit memiliki standar etik dan memiliki pengetahuan yang lebih tentang accounting dan auditing

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

12.

Anggota Tim Audit mempertahankan sikap skeptis (tidak mudah percaya) dalam menjalankan proses audit

STS

( )

TS

( )

N

( )

S

( )

SS

( )

REPUTASI KAP

13. Nama KAP (Kantor Akuntan Publik) yang saat ini melakukan proses audit dalam perusahaan :

a. Haryanto Sahari & Co. (PricewaterhouseCoopers)

b. Osman Ramli Satrio & Co. (Deloitte Touche Tohmatsu)

c. Siddharta, Siddharta & Widjaja (Klynveld Peat Marwick Goerdeler)

d. Purwantono, Sarwoko & Sandjaja (Ernst & Young)

e. Lain – lain, sebutkan :

Pemilihan jawaban untuk kepuasan klien ditentukan sebagai berikut:

Silahkan Anda memberi tanda (V) pada jawaban yang Anda pilih!

(1) Sangat Tidak Puas (STP)

(2) Tidak Puas (TP)

(3) Cukup (C)

(4) Puas (P)

(5) Sangat Puas (SP)

KEPUASAN KLIEN

14.

Seberapa puaskah Anda dengan kinerja yang dilakukan secara keseluruhan oleh KAP yang mengaudit perusahaan Anda?

STP

( )

TP

( )

C

( )

P

( )

SP

( )

15.

Seberapa puaskah Anda terhadap kinerja dari anggota Tim Audit sebagai suatu kelompok dalam mengaudit perusahaan Anda saat ini?

STP

( )

TP

( )

C

( )

P

( )

SP

( )

2 comments:

Anonymous said...

saya WILSON JANVIER ADIGUNA mau tanya kuesioner ini dapat dari siapa? dari MUKHLASIN.boleh saya minta journal yang asli

Anonymous said...

saya WILSON JANVIER ADIGUNA mau tanya kuesioner ini dapat dari siapa? dari MUKHLASIN,saya boleh minta jurnal yang asli untuk keperluan pembuatan skripsi. tolong kasih kabar secepatnya lewat email saya: janvier_wilson@yahoo.com atau telp 08179118188