Friday, July 18, 2008

MARS Newsletter: Alasan Nasabah Memilih Bank

MARKETING RESEARCH
Marketing Research & Consumer Behavior Newsletter

Edisi 17 Tahun ke 2, Juli 2008



Alasan Nasabah Memilih Bank





Sebelum menentukan strategi untuk mendapatkan nasabah baru, Bank perlu mengidentifikasi terlebih dahulu alasan nasabah memilih bank. Hal ini penting agar Bank mampu secara tepat dan cepat meningkatkan pertumbuhan jumlah nasabah dan kapitalisasinya.



Hasil riset Mars Indonesia menunjukkan, ada beberapa faktor utama yang mendasari nasabah Indonesia dalam memilih sebuah bank dibandingkan dengan bank lain. Pertama lokasi (dekat dengan rumah atau kantor), kedua pelayanan, dan ketiga adalah keamanan.



Hasil penelitian ini cukup berbeda dibandingkan dengan penelitian sebelumnya (1995). Pada penelitian sebelumnya keamanan menjadi faktor paling dominan baru kemudian lokasi. Yang menarik adalah munculnya faktor pelayanan pada posisi kedua, yang pada penelitian sebelumnya masih menjadi faktor ke-4 atau ke-5.



Tabel: Alasan Menjadi Nasabah Bank Berdasarkan

Tingkat Pendidikan dan SES (2007)*

No
Alasan
Total
Pendidikan
SES




SD/SLTP
SLTA
Diploma
S1/S2/S3
A
B



Dalam %

1.
Lokasi bank dekat dengan rumah
17,6
29,3
19,4
15,7
14,1
17,3
18,0

2.
Pelayanannya memuaskan
16,8
17,3
13,4
16,8
20,8
19,2
12,8

3.
Keamanan
15,2
16,0
14,8
18,9
13,8
15,7
14,4

4.
Lokasi bank dekat dengan kantor
13,9
10,7
11,9
17,8
15,3
13,9
14,0

5.
Fasilitas ATM
7,4
4,0
6,7
5,9
9,5
7,6
7,2


*Kelas A & B

Sumber: Consumer Banking 2008



Kalau melihat latar belakang pendidikan, ada kecenderungan bahwa nasabah pada tingkat pendidikan dasar dan menengah memilih bank karena lokasi bank dekat dengan rumah. Hal ini bisa dimungkinkan karena pada tingkat pendidikan tersebut, umumnya adalah ibu-ibu rumah tangga yang tinggal dirumah. Sementara pada tingkat pendidikan menengah dan tinggi lebih memilih bank karena faktor pelayanan.



Jika dilihat SES nya, di SES A, faktor dominan yang menjadi alasan SES ini dalam memilih bank karena faktor pelayanan. Sedangkan di SES B, karena faktor lokasi.



Beberapa faktor tersebut sangat penting untuk diketahui setiap bank. Dengan begitu, maka bank akan lebih siap dalam membuat strategi dalam mengakuisisi atau mempertahankan nasabah. ***

www.marsindonesia.com

=== P R O D U K B A R U ===

Studi Pasar & Perilaku Nasabah

CONSUMER BANKING 2008

Memenuhi kebutuhan data yang sifatnya quick & general dalam dunia Perbankan, MARS (PT MARS Indonesia), perusahaan konsultan riset pemasaran sejak 1992, menerbitkan Studi Pasar & Perilaku Nasabah CONSUMER BANKING 2008 yang antara lain berisi tentang:



· Populasi dan Profil Nasabah Consumer Banking

· Awareness Terhadap Bank

· Penggunaan Bank

· Perilaku Menabung

· Loyalitas Terhadap Bank

· Tabungan

· Deposito

· Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

· Kredit Tanpa Agunan (KTA)

· Kredit Multiguna

· E-Channel

· Kartu Debit dan Kredit



Untuk melihat selengkapnya tentang Studi Pasar & Perilaku Nasabah CONSUMER BANKING 2008, silahkan klik masing-masing informasi di bawah ini:



· Daftar Isi, klik di: (Buka/Download)

· Contoh-contoh tampilan data (tabel/grafik), klik di: (Buka/Download)

· Harga dan form pemesanan, klik di: (Buka/Download)



Atau kunjungi http://www.marsindonesia.com



INDONESIAN CONSUMER PROFILE (ICP)2008

Data Lengkap Profil & Perilaku Konsumen Indonesia



Bagi pelaku bisnis, data merupakan basis bagi pengambilan keputusan. Walaupun seringkali yang dibutuhkan tidak terlalu detail, tetapi ketersediaan data merupakan hal yang tidak dapat ditawar.



MARS (PT MARS Indonesia), perusahaan konsultan riset pemasaran sejak 1992, menerbitkan INDONESIAN CONSUMER PROFILE 2008 (ICP) yang berisi tentang:



· Populasi Konsumen Indonesia

· Income & Expenditure Konsumen Indonesia

· Perilaku Belanja Konsumen Indonesia.

· Media Habit Konsumen Indonesia

· Profil & Perilaku Konsumen: Komputer dan Internet

· Profil & Perilaku Konsumen: Telekomunikasi

· Profil & Perilaku Konsumen: Perbankan

· Profil & Perilaku Konsumen: Asuransi

· Profil & Perilaku Konsumen: Otomotif dan Transportasi.

· Perilaku Konsumen Tentang Kesehatan.

· Penetrasi Produk Personal dan Rumah Tangga



Untuk melihat selengkapnya tentang INDONESIAN CONSUMER PROFILE (ICP) 2008, silahkan klik masing-masing informasi di bawah ini:



· Daftar Isi, klik di: (Buka) (Download)

· Contoh-contoh tampilan data (tabel/grafik), klik di: (Buka) (Download)

· Harga dan form pemesanan, klik di: (Buka) (Download)



Atau kunjungi http://www.marsindonesia.com


for all your marketing research needs,
just call : MARS Indonesia
Telp: (021) 4753080 | Fax: (021) 4753110 | email : marketing@marsindonesia.com
Graha MARS, Jalan Paus No.89G , Rawamangun , JAKARTA – 13220

No comments: