Tuesday, April 21, 2009

Info Training & MARS Newsletter (78% Pekerja Jakarta.......)

Kepada Yth. Bapak/Ibu,

Berikut ini kami kirimkan MARS Newsletter,

sebuah newsletter mengenai marketing research dan consumer behavior

Sekaligus kami kirimkan juga informasi mengenai training yang akan kami selenggarakan

Semoga bermanfaat…

à Klik disini jika TIDAK ingin dikirimi e-mail MARS Newsletter lagi ß

à Klik disini jika Anda membutuhkan jasa RISET MARKETING ß

à Klik disini jika ingin membaca MARS Newsletter edisi sebelumnya ß

MARKETING RESEARCH
Marketing Research & Consumer Behavior Newsletter

Edisi 30 Tahun ke 3, April 2009

78% Pekerja di Jakarta Berkendaraan Pribadi

ke Tempat Kerja

Menurut data yang ada, jumlah penduduk yang bekerja di Provinsi DKI Jakarta per Februari 2008 sebesar 4,06 juta orang, bertambah sekitar 0,52 juta orang jika dibandingkan dengan keadaan Februari 2007 sebesar 3,54 juta orang.

Penambahan jumlah pekerja didominasi oleh kaum perempuan sebesar 379 ribu orang, sementara peningkatan pekerja laki-laki sebesar 133 ribu orang. Tingginya peningkatan pekerja perempuan ini diduga karena dorongan ekonomi, yaitu tuntutan keluarga untuk menambah penghasilan, selain semakin terbukanya kesempatan kerja bagi mereka.

Bagaimana mereka menuju tempat kerjanya? Dari 4,06 juta pekerja tersebut ternyata sebagian besar mereka menggunakan kendaraan pribadi sebagai sarana transportasi menuju tempat kerjanya ketimbang menggunakan angkutan umum. Hasil riset MARS Indonesia dalam “Indonesian Consumer Profile 2008” menunjukkan bahwa 78,4% pekerja di ibukota Jakarta lebih suka menggunakan kendaraan pribadi (mobil dan motor pribadi), sementara yang memilih angkutan umum hanya 18,1% pekerja.

Fakta ini menarik, karena ternyata angkutan umum (transportasi publik) di ibukota belum menjadi pilihan utama para pekerja, padahal pemerintah provinsi DKI Jakarta telah berusaha dengan berbagai cara agar angkutan umum jadi sarana publik favorit warga. Terakhir, mencoba mengintroduksi bus jalur khusus atau yang sekarang dikenal dengan sebutan “Busway”.

Namun sayang, selama tiga tahun beroperasi, angkutan massal ini masih jauh dari harapan. Jadwal kedatangan bus sering telat karena keterbatasan armada dan jalur khusus belum steril dari penyerobotan kendaraan lain. Akibatnya, bus jalur khusus ini pun tidak luput dari macet. Penumpang berdesak-desakan di halte maupun di dalam bus. Fasilitas bus pun kerap rusak. Sehingga kalangan menengah ke atas tidak mau lagi menaiki busway dan kembali mengendarai kendaraan pribadi. Alhasil, daya tampung busway secara total hanya mencapai 210.000 penumpang per hari, jauh dari target awal sebesar 500.000 penumpang per hari.

Sementara itu, pekerja yang memanfaatkan fasilitas kendaraan dinas dari kantor masih sangat minim, jumlahnya hanya 1,9% pekerja. Apalagi yang menggunakan bus karyawan lebih rendah lagi, yaitu 0,6% pekerja. Ini masih kalah tinggi oleh mereka yang memilih berjalan kaki menuju tempat kerja/kantor yang mencapai 0,9%. Mereka ini kebetulan tempat tinggalnya berdekatan dengan tempat kerjanya, atau yang sengaja kost/kontrak rumah dekat tempat kerja biar lebih efisien waktu.

Tabel: Alat Transportasi yang Digunakan Menuju Tempat Kerja

Jenis Kendaraan

Total

Jakarta

Surabaya

Kendaraan pribadi

85,0%

78,4%

92,7%

Angkutan umum

11,8%

18,1%

4,3%

Kendaraan dinas

2,1%

1,9%

2,2%

Berjalan kaki

0,7%

0,9%

0,4%

Bus karyawan

0,5%

0,6%

0,4%

Sumber: INDONESIAN CONSUMER PROFILE 2008 (ICP)

Tak pelak karena mayoritas warga yang bekerja di Jakarta lebih suka memilih berkendaraan pribadi, maka kemacetan yang jadi problem akut Jakarta tak mudah untuk diurai. Kondisi lalu lintas Jakarta diperparah lagi oleh pertumbuhan jumlah kendaraan yang tidak terkendali. Berdasarkan data Dishub DKI Jakarta, jumlah kendaraan di Jakarta pada 2007 mencapai 5,7 juta unit. Padahal, dua tahun sebelumnya hanya 4,9 juta unit. Artinya, kenaikan jumlah kendaraan mencapai 8% per tahun.

Dari total 5,7 juta jumlah kendaraan di Jakarta itu, 98,5% adalah kendaraan pribadi dan hanya 1,5% kendaraan umum. Padahal kendaraan pribadi hanya mengangkut 44% sementara kendaraan umum mengangkut 53% perjalanan.

Data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya lebih fantastis lagi. Jumlah kendaraan di Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang mencapai 9,5 juta unit pada 2008. Dua juta unit di antaranya adalah mobil pribadi. Jumlah tersebut meningkat hampir 2 juta unit dibanding jumlah kendaraan pada 2006 yang mencapai 7,9 juta unit. Persentase kenaikannya lebih dari 10% per tahun.

Nah, untuk mengurai problematika kemacetan di Jakarta, tampaknya tidak ada jalan lain selain menggulirkan kebijakan radikal dengan meminimalisir pertumbuhan kendaraan pribadi, dan menata kembali sistem transportasi publik sehingga benar-benar menjadi alternatif warga, dibarengi pula dengan mengakselerasi penambahan infrastruktur jalan secara simultan dan berkesinambungan. ***

www.marsindonesia.com

=== T R A I N I N G I N F O ===

BASIC DATA ANALYSIS FOR MARKETING RESEARCH

Jakarta, 29-30 April 2009

Fasilitator:

Dr. Ir. Budi Suharjo, MS

Topik Pelatihan:

- Peran Data dalam Pengambilan Keputusan

- Management Data

- Membangun dan Menguji Hipotesa

- Korelasi dan Analisis Regresi

- Analisis Regresi Linear Berganda (Multiple Linear Regression)

- Logit Analysis

- Analisis Korespondensi (Correspondence Analysis)

CUSTOMER SATISFACTION & SERVICE QUALITY RESEARCH

Jakarta, 6 – 7 Mei 2009

Fasilitator:

Dr. Asto S. Subroto

Dr. Ir. Budi Suharjo, MS

Topik Pelatihan:

- Service Quality and Service Improvement Model

- 10 Steps to Design Customer Satisfaction Study

- Moment of Truth & Attribute Development

- Customer Satisfaction: Available Method

- SERVQUAL: Concept & Implementation

- Mystery Shopping: 5 Steps to Design Mystery Shopping

- Discussion: Develop Service Measurement

- Analyze Customer Satisfaction & Service Quality Level

Untuk informasi lebih lengkap, Hubungi nama-nama berikut ini di (021) 475-3080

atau nomor selular:

• Imam Fauzie | 08159290306 | imam.fauzie@marsindonesia.com

• Firman Adi | 021-4897874 | firman.kristiyono@marsindonesia.com

for all your marketing research needs,
just call : MARS Indonesia
Telp: (021) 4753080 | Fax: (021) 4753110 | email : marketing@marsindonesia.com

Graha MARS, Jalan Paus No.89G , Rawamangun , JAKARTA – 13220

No comments: