ISDM PRESENT:
IMPROVING EMPLOYEE MOTIVATION
Hotel / Executive Club* - Jakarta, 03-04 Maret 2009
====================================
PENGANTAR
Selama ini isu motivasi telah menjadi isu krusial bagi pihak manajemen ketika menghadapi kenyataan bahwa performance karyawan tidak sesuai dengan yang diharapkan di mana penyebabnya bukan karena faktor-faktor kemampuan dari si karyawan (misalnya, keahlian atau kecerdasan) ataupun faktor-faktor lain seperti sarana kerja dan kesempatan. Namun pertanyaan ‘Bagaimana cara memotivasi karyawan?’, pada kenyataannya masih menjadi salah satu pertanyaan terbesar di banyak benak pihak manajemen perusahaan. Akibatnya pihak manajemen harus terus-menerus menyimpan PR isu ini dan ketika berhadapan dengan masalah ini, manajemen mencoba-coba melakukan sesuatu yang hasilnya seringkali tidak memuaskan. Tidak jarang akhirnya manajemen ‘memaksa’ karyawan untuk perform dengan menggunakan basis ‘power’ yang dimilikinya.
Motivasi memang bukan sesuatu yang mudah untuk diambil manfaat praktisnya dan dipraktekkan dalam konteks organisasi karena menyangkut aspek kepribadian terdalam manusia yang terbangun dari latar belakang tumbuh kembang seseorang sepanjang hidup. Apalagi bila pihak manajemen tidak punya cukup pemahaman tentang ilmu perilaku, maka semakin sulit untuk menyelami apa yang dapat membuat seorang karyawan menunjukkan intensitas dan persistensi usaha yang tinggi dalam mencapai goals yang ditetapkan.
Namun demikian, sesuatu yang sulit bukan berarti tidak bisa dipelajari. Dengan memilah dan memilih teori yang relevan dan tepat ditambah dengan pengalaman praktek ‘program motivasi’ di berbagai perusahaan, pertanyaan ‘Bagaimana cara memotivasi karyawan?’ dapat dengan cepat dijawab.
TUJUAN PELATIHAN
- memahami prinsip-prinsip motivasi dalam menjelaskan perilaku karyawan
- menguasai langkah-langkah dalam memotivasi bawahan
- meningkatkan wawasan tentang program-program motivasi perusahaan
- meningkatkan keterampilan dasar memotivasi bawahan
- memahami alternatif desain organisasi untuk memperbaiki motivasi karyawan
MATERI PELATIHAN
1. Understanding Motivation
- Kumpulan teori yang menjelaskan bagaimana seseorang termotivasi
- Motivasi dalam konteks organisasi perusahaan
- Frame work utuh dari berbagai teori motivasi untuk menjelaskan performance karyawan
- Pengaruh kultur terhadap motivasi karyawan
- Diskusi Kelompok : Uang adalah sumber motivasi utama karyawan dalam bekerja
2. Faktor-faktor yang dapat menurunkan motivasi karyawan
3. Self Assessment : Apa yang diinginkan karyawan dari pekerjaannya?
4. Langkah-langkah dalam memotivasi karyawan berdasarkan prinsip-prinsip motivasi
5. Program-program yang dapat dijalankan perusahaan untuk meningkatkan motivasi karyawan :
o Management by Objectives
o Employee Recognition Programs
o Employee Involvement Programs
o Variable Pay Programs
o Skill-based Pay Plans
o Flexible Benefits
6. Memotivasi karyawan berdasarkan jenis pekerjaan
o Pekerja profesional
o Karyawan kontrak
o Pekerja low-skilled
o Pekerja tugas repetitif
7. Keterampilan yang diperlukan dalam memotivasi bawahan
- Membaca emosi bawahan
- Active listening
- Memberikan feedback
- Creative problem solving
8. Self Assessment :
- Listening skills
- Feedback skills
- How creative am I?
9. Role Play (memotivasi bawahan dengan menggunakan skenario kasus)
10. Pendekatan desain organisasi sebagai alternatif untuk memperbaiki motivasi karyawan
- Job Characteristics Model
- Job Rotation
- Job Enlargement
- Job Enrichment
TRAINER
Slamet Pririswanto, MBA
Memiliki pengalaman kerja lebih dari 10 tahun di bidang SDM antara lain di perusahaan konstruksi dan pertambangan Ossumulia Mineratama (HR Manager), Cahaya Department Store (HR Manager), dan Wicaksana Overseas International Group, sebuah distributor retail dengan lebih dari 8.000 karyawan (sebagai Senior HR & GA Manager). Pengalaman praktisinya menjadi semakin lengkap ketika sebelum terjun ke dunia HR, beliau pernah menjadi Finance and Accounting Manager di Scheering Indonesia -sebuah chemical industry-,selama lebih dari 10 tahun. Saat ini beliau adalah owner sekaligus Director dari PT. Primaper Tradea Utama, sebuah distributor spare part otomotif di Jakarta dengan cabang yang tersebar di kota besar Indonesia.
Workshop Investment : Rp 3.250.000,-
Early bird : Rp. 3.050.000,- (registered before February 19th, 2009)
Special price for group : Rp. 2.800.000,- (minimum 3 participants)
Including : Training Kit (CD modules, Hand-out), Certificate, Lunch and snacks.
ISDM PRESENT:
Human Resources Officer Program
( HROP )
Hotel / Executive Club* - Jakarta, 04 - 06 Maret 2009
====================================
PENGANTAR
Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, perusahaan harus diawaki para profesional yang memiliki motivasi tinggi dan mampu membangun Operational Excellence. Pengembangan dan manajemen SDM menjadi demikian penting dilihat dari dua segi: menyeimbangkan kebutuhan jumlah karyawan dengan laju pertumbuhan bisnis perusahaan, mengelola motivasi karyawan agar tetap kompetitif dan mengembangkan mereka untuk memiliki wawasan global, ketrampilan bisnis serta manajemen yang unggul dibandingkan dengan para profesional pesaing. Untuk menjadi mitra strategis para pengambil keputusan di perusahaannya, staff HR perlu menguasai proses HR dengan baik. Human Resources Officer Program (HROP) didesain untuk membantu para staff HR untuk mampu menjawab tantangan tersebut.
· Pengantar tentang HRD
· Human Resources Planning
- Definisi Human Resources Planning
- Human Resources Planning Vs Human Resources Plan
- Proces Human Resources Planning
- 4 Tahap Human Resources Planning
· Industrial Relations
- Konsep Industrial relation
- Mengelola hubungan industrial
- Hubungan dengan Pekerka
- Disciplinary action
- Proses penyelesaian perselisihan perburuhan
· Recruitment Management(1)
- Pengertian Recruitment
- Proses dan Tahapan Recruitment
· Recruitment Management (2)
- Interview dengan Behavioral Model
- Exercise
· Training Management (1)
- Peran Strategis T&D dalam organisasi bisnis
- Langkah-langkah dalam mendesain training
- Mengevaluasi Training dan Training Post Activity
· Training Management (2)
- Mengembangkan karyawan tanpa Training
- Model non-Training Development bagi Karyawan
· Pengelolaan Kineja (1)
- Mengapa Penilaian Kinerja diperlukan bagi perusahaan?
- Prinsip-prinsip Pengelolaan Kinerja
- Performance Planning
- Bagaimana menetapkan target?
· Pengelolaan Kinerja (2)
- Simulasi dan Role Play
- Prinsip-prinsip Coaching dan Counseling
- Do and Don’t dalam melakukan Coaching dan Counseling PA?
- Performance Evaluation
· Compensation System (1)
- Compensation Management Strategy
- Komponen Remuneration
- Evaluasi Jabatan
- Simulasi Evaluasi Jabatan
· Compensation System (2)
- Survey Gaji
- Struktur Penggajian
- Studi Kasus
TRAINER
ISDM Trainer Team
Workshop Investment : Rp 3.450.000,-
Early bird : Rp. 3.250.000,- (registered before February 20th, 2009)
Special price for group : Rp. 3.000.000,- (minimum 3 participants)
Including : Training Kit (CD modules, Hand-out), Certificate, Lunch and snacks.
ISDM PRESENT:
Supervisor Development Program
Situational Leadership
Hotel / Executive Club*, Jakarta 05 - 06 Maret 2009
PENGANTAR
Peran dan tanggung jawab seorang supervisor terbagi menjadi tiga manajemen yang berbeda; manajemen tugas/pekerjaan (task management), manajemen diri (self management), dan manajemen orang (people management). Dalam menjalankan tugas pengelolaan orang atau pengelolaan anak buah, seorang supervisor membutuhkan keterampilan akan memimpin yang baik. Tentu saja ada perbedaan yang mendasar antara memimpin dan mengelola. Demikian pula ada banyak variabel yang harus diperhitungkan dalam menjalankan fungsi kepemimpinan. Situasi atau kondisi kerja, perbedaan individu anggota tim, dan lain-lain, membuat seorang supervisor tidak bisa mengandalkan satu pendekatan saja dalam memimpin. Seorang pemimpin yang memahami ‘situational leadership’ akan cepat menyesuaikan dan mengubah gaya kepemimpinannya mengikuti perubahan situasi dan kondisi yang terjadi.
Pelatihan “Supervisor Development Program ; SITUATIONAL LEADERSHIP” ini merupakan salah satu modul yang dibutuhkan dalam menjawab kebutuhan tersebut, karena peserta program ini akan diajak untuk mengenali tantangan / hambatan dalam upaya mencapai tingkat prestasi kinerja yang optimal (high performances); bagaimana harus bertindak lebih inovatif dan proaktif agar kualitas kerja meningkat; menyikapi pekerjaan dengan waktu yang terbatas ataupun bagaimana menjalankan peran pemimpin yang fleksibel baik dalam situasi formal maupun informal.
MATERI PELATIHAN
· Peran seorang Manajer-Supervisor-Team Leader dalam memberikan hasil bagi organisasi.
· Memimpin dan Mengelola Pekerjaan dan Bawahan
· Kompetensi utama seorang Leader yang membedakannya dari perannya sebagai Manajer.
· Mengembangkan visi dan inisiatif sebagai Pemimpin
· Karakteristik diri yang penting sebagai seorang Pemimpin
· Kepemimpinan dalam konsep Situational Leadership
· Menentukan Level Pengembangan (Development Level)
· Gaya Kepemimpinan yang Efektif untuk setiap Level Pengembangan
TRAINER
Heru Cokro, S.Psi. M.Si
Seorang senior consultant dan operational director pada sebuah lembaga training dan konsultan. Pengalaman profesionalnya diperoleh di The National Conservacy (Washington Based NGO) dan Astra International Daihatsu (sebagai Training Analyst and Training Specialist). Pemegang gelar Master Ilmu Terapan di bidang Manajemen SDM dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini telah teruji dalam memberikan banyak training, antara lain untuk: Laboratorium Ekonomi UI, LPEM UI, PT Inhutani, PT Indosat Tbk, PT Adidas Indonesia, PT Lautan Luas Tbk, Sekolah Bisnis Bakrie, dan lain-lain.
Workshop Investment : Rp 2.950.000,-
Early bird : Rp. 2.725.000,- (registered before February 20th, 2009)
Special price for group : Rp. 2.500.000,- (minimum 3 participants)
Including : Training Kit (CD modules, Hand-out), Certificate, Lunch and snacks.
Information :
For more information or register don't hesitate to call : ISDM
u.p. :Dony / Ipur
Phone :
Fax : (021) 7918 1248
e-mail : Info.isdm@gmail.com
website : http://www.isdm.co.id
For more informations about workshops & trainings, please visit to :
http://www.trainingmaster.co.id Indonesia's Training Guide
We are very sorry if this information makes you inconvenient.
If you choose not to receive any trainings information in the future, just unsubscribe by sending an email to info.isdm@gmail.com
PERUSAHAAN YANG TELAH MENGIKUTI PROGRAM TRAINING ISDM
ABDA Insurance, ACCESS PROJECT, Adira Finance Div. Eletronik,
PT. Gramedia Percetakan, PT. Hadji Kalla, PT. Henkel Indonesia, PT. Hexindo Adiperkasa, PT. Hyundai, PT. Iforte Solusi Infotek, PT. INCO, PT. Indo Cognito, PT. Indocement Tunggal Perkasa Tbk, PT. Indofood Fritolay Makmur Semarang, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk - FID Purwakarta, PT. Indomobil Suzuki International, PT. Indonesia Epson Industri, PT. Indopoly Swakarsa Industry, PT. Indosat Tbk, PT. Indotek Engico, PT. Indotruck Utama, PT. Infomedia Nusantara, PT. Integra Optima Teknologi, PT. Inti Marina Netting, PT. Irawan Prima Utama, PT. ISM Bogasari Flour Mills, PT. Jakarta International Container Terminal, PT. JAPFA Comfeed Indonesia Tbk, PT. Jati Piranti Solusindo, PT. Johnson Home Hygiene Product, PT. Kaji Inova Media, PT. Kaltim Methanol Industri, PT. KAO Indonesia, PT. Kayaba Indonesia, PT. Kepland Investama, PT. Kiani Kertas, PT. KMK Global Sport, PT. Knauf Gypsum Indonesia, PT. Kompas Media Nusantara, PT. Konimex, PT Lautan Luas Tbk, PT. Lippo Bank Tbk, PT. Lippo Karawaci, Tbk- Hospitality Division, PT. Llyod's Register Indonesia, PT. Lufthansa Systems Indonesia, PT. Lyman, PT. Manara Terus Makmur, PT. Mandiri Sekuritas, PT. Marga Nusantara Jaya, PT. Maritim Batubara Pertama (
No comments:
Post a Comment