Wednesday, January 9, 2008

Mars Newsletter (Sekilas Persaingan Obat....) & Training Info (S.E.M.)

MARKETING RESEARCH
The Indonesian first Marketing Research & Consumer Behaviour Newsletter

Edisi 1 Tahun ke 2, Januari 2008

Sekilas Persaingan Obat Masuk Angin 2007

Baru-baru ini Bintangin, produksi dari PT Bintang Tujuh, menggebrak pasar dengan iklannya yang cukup menarik dan sedikit nyeleneh “mau minum obat masuk angin aja kok mesti pintar. Hal ini jelas ditujukan untuk menciptakan awareness konsumen akan keberadaan produk baru di kategori obat masuk angin. Namun, apakah Bintangin akan mampu menggeser awareness produk-produk lainnya pada tahun 2008?

Penelitian yang dilakukan MARS pada tahun 2007 menunjukan bahwa Antangin menempati posisi pertama untuk pengaruh iklan terhadap awareness. Anda pasti ingat iklan yang dibintangi oleh almarhum Basuki dengan kata-kata populernya ”wes ewes ewes, bablas angine”. Sehingga, awareness dari Antangin berhasil melampaui obat masuk angin lainnya. Posisi kedua ditempati Jamu tolak angin Sido Muncul yang iklannya dibintangi oleh Rhenald Kasali dan Sofia Latjuba dengan kata-kata ampuhnya ”orang pintar minum tolak angin”. Lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Tabel: Tingkat Awareness Obat Masuk Angin (2007)

Merek

Total

Jakarta

Bandung

Medan

(dalam %)

Antangin JRG

57.0

40.9

78.6

75.7

Jamu Tolak Angin Sido Muncul

38.7

53.3

20.0

22.1

Air Mancur

0.8

1.4

0.0

0.0

Orangin

0.5

0.7

0.9

0.0

Singkir Angin Nyonya Meneer

0.4

0.6

0.0

0.0

Basmingin

0.2

0.3

0.0

0.0

Tujuh Angin

0.1

0.0

0.0

0.3

Singkir Angin

0.1

0.0

0.0

0.0

Tidak tahu

2.3

2.8

0.6

1.9

Total

100.0

100.0

100.0

100.0

Sumber: Riset MARS

Namun, apakah tingginya awareness dengan serta merta membuat konsumen puas dan terus membeli Antangin?

Penelitian yang Kami lakukan menunjukan bahwa awareness Antangin berbanding lurus dengan market share-nya. Besarnya market share ini dipicu oleh besarnya keuntungan fungsional yang diterima konsumen. Yaitu, cepat menyembuhkan masuk angin dan didukung oleh harganya yang cukup terjangkau. Dan tanpa ragu-ragu, konsumen menjadi puas dan kembali melakukan pembelian yang mengakibatkan tingginya nilai penjualan Antangin.

Namun jangan lupa, bagi Antangin atau produk lainnya, yang menjadi target akhir adalah jangan sekadar meningkatkan jumlah konsumen yang melakukan pembelian. Tetapi bagaimana menciptakan hubungan yang erat dengan konsumen. Sebuah hubungan yang mampu membuat konsumen sangat fanatik terhadap Antangin. Sehingga, sebesar apapun intervensi dari pesaing, sebesar apapun hambatan yang terjadi, konsumen Anda akan selalu loyal yang sebenar-benarnya terhadap produk Antangin.***

Klik disini untuk membaca newsletter edisi sebelumnya

Training Update : 24 – 25 Januari 2008

STRUCTURAL EQUATION MODEL

Fasilitator: Dr. Ir. Budi Suharjo, MS

Info : Mars School , 021-4897874 or training@mars-e.com

http://www.marsschool.wordpress.com

Jika Anda membutuhkan data mengenai berbagai jenis riset

Dapat menghubungi : MARS Multi Client

021 – 4753080 ( Imam / Satria )

imam@mars-e.com atau satria@mars-e.com

for all your marketing research needs,
just call : MARS – Research Specialist
Telp: (021) 4753080 | Fax: (021) 4753110
email : marketing@mars-e.com

Graha MARS, Jalan Paus No.89G , Rawamangun , JAKARTA – 13220

If you don’t want to receive Marketing Research newsletter, just reply & type unsubscribe

No comments: