MARKETING RESEARCH | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Edisi 1 Tahun ke 2, Januari 2008 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sekilas Persaingan Obat Masuk Angin 2007 Baru-baru ini Bintangin, produksi dari PT Bintang Tujuh, menggebrak pasar dengan iklannya yang cukup menarik dan sedikit nyeleneh “mau minum obat masuk angin aja kok mesti pintar”. Hal ini jelas ditujukan untuk menciptakan awareness konsumen akan keberadaan produk baru di kategori obat masuk angin. Namun, apakah Bintangin akan mampu menggeser awareness produk-produk lainnya pada tahun 2008? Penelitian yang dilakukan MARS pada tahun 2007 menunjukan bahwa Antangin menempati posisi pertama untuk pengaruh iklan terhadap awareness. Anda pasti ingat iklan yang dibintangi oleh almarhum Basuki dengan kata-kata populernya ”wes ewes ewes, bablas angine”. Sehingga, awareness dari Antangin berhasil melampaui obat masuk angin lainnya. Posisi kedua ditempati Jamu tolak angin Sido Muncul yang iklannya dibintangi oleh Rhenald Kasali dan Sofia Latjuba dengan kata-kata ampuhnya ”orang pintar minum tolak angin”. Lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini. Tabel: Tingkat Awareness Obat Masuk Angin (2007)
Sumber: Riset MARS Namun, apakah tingginya awareness dengan serta merta membuat konsumen puas dan terus membeli Antangin? Penelitian yang Kami lakukan menunjukan bahwa awareness Antangin berbanding lurus dengan market share-nya. Besarnya market share ini dipicu oleh besarnya keuntungan fungsional yang diterima konsumen. Yaitu, cepat menyembuhkan masuk angin dan didukung oleh harganya yang cukup terjangkau. Dan tanpa ragu-ragu, konsumen menjadi puas dan kembali melakukan pembelian yang mengakibatkan tingginya nilai penjualan Antangin. Namun jangan lupa, bagi Antangin atau produk lainnya, yang menjadi target akhir adalah jangan sekadar meningkatkan jumlah konsumen yang melakukan pembelian. Tetapi bagaimana menciptakan hubungan yang erat dengan konsumen. Sebuah hubungan yang mampu membuat konsumen sangat fanatik terhadap Antangin. Sehingga, sebesar apapun intervensi dari pesaing, sebesar apapun hambatan yang terjadi, konsumen Anda akan selalu loyal yang sebenar-benarnya terhadap produk Antangin.*** | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Training Update : 24 – 25 Januari 2008 STRUCTURAL EQUATION MODEL Fasilitator: Dr. Ir. Budi Suharjo, MS Info : Mars School , 021-4897874 or training@mars-e.com http://www.marsschool.wordpress.com Jika Anda membutuhkan data mengenai berbagai jenis riset Dapat menghubungi : MARS Multi Client 021 – 4753080 ( Imam / Satria ) imam@mars-e.com atau satria@mars-e.com for all your marketing research needs, If you don’t want to receive Marketing Research newsletter, just reply & type unsubscribe |
Wednesday, January 9, 2008
Mars Newsletter (Sekilas Persaingan Obat....) & Training Info (S.E.M.)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment