Friday, January 16, 2009

Info Kalender Training MARSSCHOOL & MARS Newsletter

MARKETING RESEARCH
Marketing Research & Consumer Behavior Newsletter

Edisi 24 Tahun ke 3, Januari 2009

Honda Masih Raja Motor Indonesia

Kalau kita amati secara seksama menyemutnya sepeda motor di sudut-sudut jalanan di berbagai kota di Tanah Air, akan diketahui bahwa mayoritas merek kuda Jepang itu adalah Honda. Alasan pilihan para penggunanya, selain mesin Honda terkenal bandel alias tidak gampang rusak, ia juga dikenal paling irit penggunaan bahan bakarnya.

Karena itu menjadi wajar jika motor Honda banyak disukai oleh masyarakat kita, sehingga ia tetap merajai pasar motor di Indonesia. Menurut data PT Astra Honda Motor (AHM), Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sepeda motor Honda di Indonesia, hingga September 2008 produksi motor Honda mencapai 20 juta unit. Dan prestasi ini merupakan kali pertama yang dicapai oleh industri sepeda motor di Indonesia maupun regional ASEAN.

Fakta ini tidak berbeda jauh dengan hasil riset MARS Indonesia yang dimuat dalam “Indonesian Consumer Profile 2008”. Dalam riset yang dilakukan di 5 kota besar (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan) tersebut terlihat jelas bahwa motor Honda paling dominan dimiliki oleh para pengguna kendaraan roda dua dengan total porsi 64,5%. Disusul kemudian Yamaha 23%, Suzuki 16,5%, Kawasaki 2,8%, Piaggio 2,7%, dan merek-merek lainnya di bawah 1%.

Honda meraih posisi tertinggi di Surabaya dengan perolehan 72,4%, sementara Yamaha terunggul di Jakarta dengan porsi 27,9%, Suzuki di Semarang dengan porsi 24,0%, Kawasaki terbanyak di Jakarta dengan porsi 4,5%, dan Piaggio terfavorit di Medan dengan porsi 4,9%.

Tabel: Merek Sepeda Motor yang Dimiliki di Tahun 2007

Merek

Total

Jakarta

Bandung

Semarang

Surabaya

Medan

Honda

64,5%

61,3%

65,6%

60,8%

72,4%

66,3%

Yamaha

23,5%

27,9%

13,4%

25,1%

21,8%

15,8%

Suzuki

16,6%

14,2%

19,2%

24,0%

17,7%

16,8%

Kawasaki

2,8%

4,5%

1,2%

0,5%

0,9%

2,0%

Piaggio

2,7%

2,7%

2,3%

4,5%

0,7%

4,9%

Sumber: Indonesian Consumer Profile 2008

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebutkan, penjualan sepeda motor Indonesia seluruh merek selama periode Januari-November 2008 mencapai 5,813 juta unit. Sehingga target penjualan motor tahun 2008 sebesar 6 juta unit kemungkinan bakal tercapai.

Penjualan motor selama 11 bulan di 2008 ini juga mencatat penjualan tertinggi sepanjang sejarah pasar motor Indonesia. Sebelumnya penjualan tertinggi terjadi tahun 2005 sebanyak 5,089 juta unit.

Berikut penjualan motor terbesar hingga November 2008: Honda sebanyak 2,7 juta unit, Yamaha sebanyak 2,271 juta unit, Suzuki sebanyak 763,584 ribu unit, Kawasaki sebanyak 41.426 unit, dan lain-lain sebanyak 37.056 unit.

Nah, apakah dominasi Honda ini akan tetap berlanjut untuk tahun berikutnya, ataukah akan tergeser oleh para kompetitornya dengan inovasi produk dan strategi bisnis yang lebih kreatif yang dilakukan oleh mereka? Mari kita tunggu hasil riset MARS berikutnya!***

www.marsindonesia.com

=== P R O D U K R I S E T ===

Studi Pasar & Perilaku Nasabah

BANK SYARIAH 2008

Indonesia dengan mayoritas penduduknya yang beragama Islam, sekaligus terbesar di dunia, menjadikannya pasar bank syariah yang sangat potensial. Jika saat ini market size-nya masih jauh dibandingkan dengan bank konvensional, tidak berarti kondisi ini akan terus bertahan. Diproyeksikan bahwa perbankan syariah akan bertumbuh semakin pesat.

MARS INDONESIA telah melakukan penelitian tentang pasar dan perilaku nasabah bank syariah. Untuk pemesanan dan informasi, mohon menghubungi (021) 475-3080 atau langsung hubungi Imam Fauzie (0815-9290306).

Untuk melihat selengkapnya tentang Studi Pasar dan Perilaku Nasabah Bank Syariah 2008, silahkan klik masing-masing informasi di bawah ini:

· Daftar Isi, klik di: (Buka/Download)

· Harga dan form pemesanan, klik di: (Buka/Download)

Studi Pasar & Perilaku Nasabah

CONSUMER BANKING 2008

Memenuhi kebutuhan data yang sifatnya quick & general dalam dunia Perbankan, MARS (PT MARS Indonesia), perusahaan konsultan riset pemasaran sejak 1992, menerbitkan Studi Pasar & Perilaku Nasabah CONSUMER BANKING 2008 yang antara lain berisi tentang:

· Populasi dan Profil Nasabah Consumer Banking

· Awareness Terhadap Bank

· Penggunaan Bank

· Perilaku Menabung

· Loyalitas Terhadap Bank

· Tabungan

· Deposito

· Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

· Kredit Tanpa Agunan (KTA)

· Kredit Multiguna

· E-Channel

· Kartu Debit dan Kredit

Untuk melihat selengkapnya tentang Studi Pasar & Perilaku Nasabah CONSUMER BANKING 2008, silahkan klik masing-masing informasi di bawah ini:

· Daftar Isi, klik di: (Buka/Download)

· Contoh-contoh tampilan data (tabel/grafik), klik di: (Buka/Download)

· Harga dan form pemesanan, klik di: (Buka/Download)

Atau kunjungi http://www.marsindonesia.com

INDONESIAN CONSUMER PROFILE (ICP)2008

Data Lengkap Profil & Perilaku Konsumen Indonesia

Bagi pelaku bisnis, data merupakan basis bagi pengambilan keputusan. Walaupun seringkali yang dibutuhkan tidak terlalu detail, tetapi ketersediaan data merupakan hal yang tidak dapat ditawar.

MARS (PT MARS Indonesia), perusahaan konsultan riset pemasaran sejak 1992, menerbitkan INDONESIAN CONSUMER PROFILE 2008 (ICP) yang berisi tentang:

· Populasi Konsumen Indonesia

· Income & Expenditure Konsumen Indonesia

· Perilaku Belanja Konsumen Indonesia.

· Media Habit Konsumen Indonesia

· Profil & Perilaku Konsumen: Komputer dan Internet

· Profil & Perilaku Konsumen: Telekomunikasi

· Profil & Perilaku Konsumen: Perbankan

· Profil & Perilaku Konsumen: Asuransi

· Profil & Perilaku Konsumen: Otomotif dan Transportasi.

· Perilaku Konsumen Tentang Kesehatan.

· Penetrasi Produk Personal dan Rumah Tangga

Untuk melihat selengkapnya tentang INDONESIAN CONSUMER PROFILE (ICP) 2008, silahkan klik masing-masing informasi di bawah ini:

· Daftar Isi, klik di: (Buka) (Download)

· Contoh-contoh tampilan data (tabel/grafik), klik di: (Buka) (Download)

· Harga dan form pemesanan, klik di: (Buka) (Download)

Atau kunjungi http://www.marsindonesia.com

for all your marketing research needs,
just call : MARS Indonesia
Telp: (021) 4753080 | Fax: (021) 4753110 | email :
marketing@marsindonesia.com
Graha MARS, Jalan Paus No.89G , Rawamangun , JAKARTA – 13220

If you don’t want to receive Marketing Research newsletter, just CLICK THIS

No comments: