Thursday, August 21, 2008

Mars Newsletter - Fokus (juga) Memberikan Functional Benefit

MARKETING RESEARCH
Marketing Research & Consumer Behavior Newsletter

Edisi 19 Tahun ke 2, Agustus 2008

Fokus (juga) Memberikan Functional Benefit

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan perusahaan riset marketing MARS Indonesia, ternyata faktor utama nasabah memilih bank syariah adalah keuntungan emosional atau emotional benefit. Hal ini tercermin dari dua alasan terbesar nasabah, yaitu kesesuaian dengan syariat Islam dan keinginan agar terhindar dari riba. Sementara sisanya, merupakan faktor yang bersifat keuntungan fungsional yang mendasar atau functional benefit. Seperti keamanan, kedekatan lokasi, bagi hasil, dan kualitas layanan.

Hasil ini juga memberi arti bahwa, mayoritas nasabah perbankan syariah merupakan nasabah emosional yang masih fokus pada keuntungan emosional semata. Namun, apakah berdasarkan hasil ini juga dapat disimpulkan kalau perbankan syariah kurang berhasil mendapatkan nasabah yang mementingkan keuntungan fungsional?

Jawaban setiap orang bisa berbeda-beda. Tetapi kenyataannya, data dari Bank Indonesia menunjukan bahwa sampai saat ini total aset perbankan syariah masih sangat kecil bila dibandingkan dengan total aset perbankan nasional. Sedangkan total aset terbesar masih dimiliki perbankan konvensional, yang diantara mereka selalu berlomba-lomba dalam memberikan keuntungan fungsional agar bisa menjadi pemenang.

Tabel Alasan Nasabah Memilih Bank Syariah (2007)*

No.

Alasan Pemilihan Bank Syariah

(responden boleh memilih > satu alasan)

Total

1.

Kesesuaian dengan syariat Islam

48,9

2.

Terhindar dari riba

37,9

3.

Aman

16,3

4.

Lokasi bank dekat dengan kantor

12,7

5.

Bagi hasilnya tinggi

12,5

6.

Pelayanannya memuaskan

10,9

7.

Lainnya

50,1

Total

186,1

Sumber: Studi Pasar & Perilaku Nasabah Bank Syariah 2008

Idealnya, perbankan syariah harus berhasil mendapatkan nasabah yang mengutamakan keuntungan emosional dan juga keuntungan fungsional.

Untuk itu, setelah selama ini berhasil memberikan keuntungan emosional, sekarang praktisi perbankan syariah perlu lebih agresif dalam meningkatkan keuntungan-keuntungan fungsional yang dituntut oleh nasabah. Karena saat ini bank sudah memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan hampir setiap orang. Bukan hanya sebagai tempat menyimpan uang, tetapi juga sebagai intermediator dalam transaksi bisnis, pembayaran gaji, dan semua aktivitas yang membutuhkan layanan cepat dan mememudahkan.

Jadi, perbankan syariah perlu fokus meningkatkan dan mengkomunikasikan baik kuantitas maupun kualitas produk dan layanannya. Sehingga, di tahun-tahun mendatang perbankan syariah tidak hanya dikenal jelas dalam memberikan keuntungan emosional tetapi juga kuat dalam memberikan kuntungan fungsional. Alhasil, akan banyak nasabah perbankan konvensional yang berbondong-bondong beralih ke perbankan syariah. Semoga Berhasil.***

www.marsindonesia.com

=== P R O D U K B A R U ===

Studi Pasar & Perilaku Nasabah

BANK SYARIAH 2008

Indonesia dengan mayoritas penduduknya yang beragama Islam, sekaligus terbesar di dunia, menjadikannya pasar bank syariah yang sangat potensial. Jika saat ini market size-nya masih jauh dibandingkan dengan bank konvensional, tidak berarti kondisi ini akan terus bertahan. Diproyeksikan bahwa perbankan syariah akan bertumbuh semakin pesat.

MARS INDONESIA telah melakukan penelitian tentang pasar dan perilaku nasabah bank syariah. Untuk pemesanan dan informasi, mohon menghubungi (021) 475-3080 atau langsung hubungi Imam Fauzie (0815-9290306).

Untuk melihat selengkapnya tentang Studi Pasar dan Perilaku Nasabah Bank Syariah 2008, silahkan klik masing-masing informasi di bawah ini:

· Daftar Isi, klik di: (Buka/Download)

· Harga dan form pemesanan, klik di: (Buka/Download)

Studi Pasar & Perilaku Nasabah

CONSUMER BANKING 2008

Memenuhi kebutuhan data yang sifatnya quick & general dalam dunia Perbankan, MARS (PT MARS Indonesia), perusahaan konsultan riset pemasaran sejak 1992, menerbitkan Studi Pasar & Perilaku Nasabah CONSUMER BANKING 2008 yang antara lain berisi tentang:

· Populasi dan Profil Nasabah Consumer Banking

· Awareness Terhadap Bank

· Penggunaan Bank

· Perilaku Menabung

· Loyalitas Terhadap Bank

· Tabungan

· Deposito

· Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

· Kredit Tanpa Agunan (KTA)

· Kredit Multiguna

· E-Channel

· Kartu Debit dan Kredit

Untuk melihat selengkapnya tentang Studi Pasar & Perilaku Nasabah CONSUMER BANKING 2008, silahkan klik masing-masing informasi di bawah ini:

· Daftar Isi, klik di: (Buka/Download)

· Contoh-contoh tampilan data (tabel/grafik), klik di: (Buka/Download)

· Harga dan form pemesanan, klik di: (Buka/Download)

Atau kunjungi http://www.marsindonesia.com

INDONESIAN CONSUMER PROFILE (ICP)2008

Data Lengkap Profil & Perilaku Konsumen Indonesia

Bagi pelaku bisnis, data merupakan basis bagi pengambilan keputusan. Walaupun seringkali yang dibutuhkan tidak terlalu detail, tetapi ketersediaan data merupakan hal yang tidak dapat ditawar.

MARS (PT MARS Indonesia), perusahaan konsultan riset pemasaran sejak 1992, menerbitkan INDONESIAN CONSUMER PROFILE 2008 (ICP) yang berisi tentang:

· Populasi Konsumen Indonesia

· Income & Expenditure Konsumen Indonesia

· Perilaku Belanja Konsumen Indonesia.

· Media Habit Konsumen Indonesia

· Profil & Perilaku Konsumen: Komputer dan Internet

· Profil & Perilaku Konsumen: Telekomunikasi

· Profil & Perilaku Konsumen: Perbankan

· Profil & Perilaku Konsumen: Asuransi

· Profil & Perilaku Konsumen: Otomotif dan Transportasi.

· Perilaku Konsumen Tentang Kesehatan.

· Penetrasi Produk Personal dan Rumah Tangga

Untuk melihat selengkapnya tentang INDONESIAN CONSUMER PROFILE (ICP) 2008, silahkan klik masing-masing informasi di bawah ini:

· Daftar Isi, klik di: (Buka) (Download)

· Contoh-contoh tampilan data (tabel/grafik), klik di: (Buka) (Download)

· Harga dan form pemesanan, klik di: (Buka) (Download)

Atau kunjungi http://www.marsindonesia.com

=== T R A I N I N G I N F O ===

BASIC DATA ANALYSIS FOR MARKETING RESEARCH

Jakarta, 25-26 Agustus 2008

Fasilitator: Dr. Ir. Budi Suharjo, MS

Menajemen modern saat ini banyak melakukan pengambilan keputusan berdasarkan informasi kuantitatif atau fakta empiris yang umumnya berupa sample. Untuk mendapatkan informasi yang akurat dari fakta empiris tidak cukup hanya melakukan analisis deskriptif, oleh karenanya statistika menjadi tools analisis yang tidak bisa dipisahkan dalam proses pengambilan keputusan manajemen. Untuk dapat memanfaatkan ilmu statistika secara optimal, pengetahuan tentang peran dan manfaat ilmu tersebut menjadi suatu yang perlu.

Melalui training ini Anda akan memperdalam topik-topik sebagai berikut:

· Peran Data dalam Mengambil Keputusan

· Manajemen Data

· Membangun dan Menguji Hipotesa

· Korelasi dan Analisis Regresi

· Analisis regresi linear berganda

· Logit Analysis

· Analisis Korespondensi

· Dll.

Untuk pendaftaran, hubungi : Firman (Telp: 021-4897874)

E-mail: marsschool@marsindonesia.com

for all your marketing research needs,
just call : MARS Indonesia
Telp: (021) 4753080 | Fax: (021) 4753110 | email :
marketing@marsindonesia.com
Graha MARS, Jalan Paus No.89G , Rawamangun , JAKARTA – 13220

If you don’t want to receive Marketing Research newsletter, just CLICK THIS

No comments: