Tuesday, June 24, 2008

MARS Newsletter: Toyota Tetap Mayoritas

MARKETING RESEARCH
Marketing Research & Consumer Behaviour Newsletter

Edisi 16 Tahun ke 2, Juni 2008

Toyota Tetap Mayoritas

Keputusan pemerintah menaikan bahan bakar minyak (BBM), seperti biasa, menarik perhatian seluruh elemen masyarakat. Karena, kenaikan BBM ini jelas memicu naiknya harga-harga kebutuhan masyarakat lainnya. Akibatnya, terjadi perubahan perilaku belanja konsumen di Indonesia. Untuk itu, setiap perusahaan perlu menyikapi fenomena ini. Misalnya saja, fokus pada penciptaan produk yang kompetitif, tidak hanya dari sisi kualitas dan inovasinya, tetapi juga harganya.

Lalu, bagaimana dengan perilaku konsumen di industri otomotif, sebagai industri yang berhubungan erat dengan kenaikan bahan bakar? Untuk dapat memprediksi dan mengambil kebijakannya, tentu perlu melihat data sebelumnya mengenai pola belanja konsumen di industri ini.

Berdasarkan data dari Indonesian Consumer Profile (ICP) 2008, teramati perilaku konsumen di industri otomotif selama tahun 2007. Untuk konsumen dengan SES A dan B, yang memilih kendaraan pribadi sebagai alat transportasi ke kantor sebanyak 85%. Sedangkan yang menggunakan kendaraan umum 11,8%.

Tabel: Merek Mobil Jenis Sedan yang Dimiliki (2007)*

Merek

Total

Jakarta

Bandung

Semarang

Surabaya

Medan

dalam %

Toyota

32.4

42.0

13.1

22.4

22.8

33.0

Mitsubishi

17.9

22.6

24.1

0.0

9.7

24.5

Honda

14.7

7.4

0.0

63.3

19.3

12.2

Mazda

11.0

7.5

0.0

0.0

29.0

0.0

Suzuki

8.5

7.5

0.0

0.0

19.3

0.0

*Kelas A & B

Sumber: Indonesian Consumer Profile

Untuk jenis kendaraan pribadi, Toyota merupakan merek modil Sedan yang paling banyak dimiliki. Yaitu, sebesar 32,4% responden yang memilikinya. Toyota membawahi Mistubishi, Honda, Mazda, dan Suzuki yang menempati urutan kedua, ketiga, keempat, dan kelima sebagai kendaraan yang dimiliki responden. Untuk kendaraan Non-Sedan, Toyota juga memimpin dengan jumlah responden sebesar 41,3%.

Bagaimana dengan sepeda motor? Walaupun Yamaha sempat memimpin total penjualan di beberapa tahun belakangan ini, namun sampai saat ini Honda tetap merupakan merek motor yang paling banyak dimiliki responden. Untuk besar persentasenya, Anda dapat melihat secara detail di ICP 2008.

Nah, berdasarkan data-data tersebut, maka akan lebih mudah memprediksi besarnya pangsa pasar kendaraan bermotor di Indonesia. Tentunya juga dengan melihat tingkat inflasi yang berasosiasi dengan daya beli masyrakat.

Sekarang, tinggal bagaimana perusahaan otomotif mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan penetrasi dan penjualannya, agar mampu menguasai pangsa pasar kendaraan bermotor di Indonesia.***

=== P R O D U K B A R U ===

INDONESIAN CONSUMER PROFILE (ICP)2008

Data Lengkap Profil & Perilaku Konsumen Indonesia

Bagi pelaku bisnis, data merupakan basis bagi pengambilan keputusan. Walaupun seringkali yang dibutuhkan tidak terlalu detail, tetapi ketersediaan data merupakan hal yang tidak dapat ditawar.

Yang sering kali terjadi adalah data tidak tersedia (kalaupun ada menjadi terlalu mahal), dan untuk mengadakan riset sendiri membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Sehingga para pengambil keputusan bisnis sering mendasarkan diri hanya berdasarkan asumsi.

MARS (PT MARS Indonesia), perusahaan konsultan riset pemasaran sejak 1992, menerbitkan INDONESIAN CONSUMER PROFILE 2008 (ICP) yang berisi tentang:

· Populasi Konsumen Indonesia

· Income & Expenditure Konsumen Indonesia

· Perilaku Belanja Konsumen Indonesia.

· Media Habit Konsumen Indonesia

· Profil & Perilaku Konsumen: Komputer dan Internet

· Profil & Perilaku Konsumen: Telekomunikasi

· Profil & Perilaku Konsumen: Perbankan

· Profil & Perilaku Konsumen: Asuransi

· Profil & Perilaku Konsumen: Otomotif dan Transportasi.

· Perilaku Konsumen Tentang Kesehatan.

· Penetrasi Produk Personal dan Rumah Tangga

Laporan ini dijual untuk umum dengan harga Rp. 11.960.000.

Untuk melihat selengkapnya tentang INDONESIAN CONSUMER PROFILE (ICP) 2008, silahkan klik masing-masing informasi di bawah ini:

· Daftar Isi, klik di: (Buka) (Download)

· Contoh-contoh tampilan data (tabel/grafik), klik di: (Buka) (Download)

· Harga dan form pemesanan, klik di: (Buka) (Download)

Atau kunjungi http://www.astosubroto.com

Anda juga dapat menghubungi MARS, baik tentang ICP maupun rencana melakukan Marketing Research di 021-4753080. Atau dapat langsung ke:

Marketing Division:

Bapak Imam Fauzie (0815 9290 306) | imam.fauzie@marsindonesia.com

for all your marketing research needs,
just call : MARS Indonesia
Telp: (021) 4753080 | Fax: (021) 4753110 | email :
marketing@marsindonesia.com
Graha MARS, Jalan Paus No.89G , Rawamangun , JAKARTA – 13220

If you don’t want to receive Marketing Research newsletter, just CLICK THIS

No comments: