Tuesday, May 13, 2008

Mars Newsletter: Tinggi, Minat Konsumen ke Dokter

MARKETING RESEARCH
Marketing Research & Consumer Behaviour Newsletter

Edisi 14 Tahun ke 2, Mei 2008

Tinggi, Minat Konsumen ke Dokter

Bagaimana sebenarnya reaksi pertama kali ketika konsumen terkena sakit? Apa yang dilakukannya dan obat apa yang pertama kali teringat di benak mereka?

Hal ini penting untuk diketahui, karena dapat menjadi referensi yang kuat. Baik bagi konsumen agar dapat mengambil tindakan tepat maupun bagi industri farmasi dalam membuat strategi pemasaran yang tepat.

Hasil penelitian dalam Indonesian Consumer Profile 2008, memperlihatkan bahwa reaksi pertama konsumen ketika sakit adalah beristirahat. Kedua, memutuskan pergi ke dokter praktek. Dan ketiga, konsumen memilih untuk membeli obat warung.

Sedangkan intensitas kunjungan responden ke dokter dapat terlihat juga dalam ICP 2008. Pada tahun 2007, dalam waktu 6 bulan, mayoritas konsumen (83,9% responden) sering melakukan kunjungan ke dokter satu sampai dua kali. Padahal, jumlah konsumen yang pernah sakit dalam waktu 6 bulan tidak terlalu besar (19,2% responden).

Ini menunjukan, ada banyak konsumen yang tetap pergi ke dokter praktek meskipun sedang tidak sakit. Apa alasannya? Bisa jadi untuk check-up atau sekadar konsultasi ke dokter. Namun, ini menunjukan tingginya minat konsumen untuk pergi ke dokter praktek.

Tabel: Kunjungan ke Dokter dalam 6 bulan terakhir (2007)*

No

Intensitas

Total

Jakarta

Surabaya

1

1 - 2 kali

83.9

80.2

87.4

2

3 - 4 kali

8.9

8.6

9.2

3

5 - 6 kali

5.4

8.6

2.3

4

9 - 10 kali

0.6

1.2

0.0

5

>10 kali

1.2

1.2

1.1

Total

100.0

100.0

100.0

*Kelas A & B

Sumber: Indonesian Consumer Profile

Selain ke dokter praktek, ternyata konsumen juga sering pergi ke rumah sakit. Jumlahnya cukup besar, yakni mencapai 67%, bila dibandingkan dengan jumlah konsumen yang sakit.

Perilaku konsumen ini menjadi fenomena yang menarik. Baik bagi dokter, rumah sakit, maupun perusahaan farmasi. Karena, ada sebuah peluang besar yang dapat dimanfaatkan.

Namun yang perlu diingat, bagaimana dengan top of mind untuk merek obat? Anda dapat melihat lebih detailnya dalam ICP 2008.***

www.astosubroto.com

=== P R O D U K B A R U ===

INDONESIAN CONSUMER PROFILE (ICP)2008

Data Lengkap Profil & Perilaku Konsumen Indonesia

Limited Edition

Bagi pelaku bisnis, data merupakan basis bagi pengambilan keputusan. Walaupun seringkali yang dibutuhkan tidak terlalu detail, tetapi ketersediaan data merupakan hal yang tidak dapat ditawar.

Yang sering kali terjadi adalah data tidak tersedia (kalaupun ada menjadi terlalu mahal), dan untuk mengadakan riset sendiri membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Sehingga para pengambil keputusan bisnis sering mendasarkan diri hanya berdasarkan asumsi.

MARS (PT MARS Indonesia), perusahaan konsultan riset pemasaran sejak 1992, menerbitkan INDONESIAN CONSUMER PROFILE 2008 (ICP) yang berisi tentang:

· Populasi Konsumen Indonesia

· Income & Expenditure Konsumen Indonesia

· Perilaku Belanja Konsumen Indonesia.

· Media Habit Konsumen Indonesia

· Profil & Perilaku Konsumen: Komputer dan Internet

· Profil & Perilaku Konsumen: Telekomunikasi

· Profil & Perilaku Konsumen: Perbankan

· Profil & Perilaku Konsumen: Asuransi

· Profil & Perilaku Konsumen: Otomotif dan Transportasi.

· Perilaku Konsumen Tentang Kesehatan.

· Penetrasi Produk Personal dan Rumah Tangga

Laporan ini dijual untuk umum dengan harga Rp. 11.960.000.

Untuk melihat selengkapnya tentang INDONESIAN CONSUMER PROFILE (ICP) 2008, silahkan klik masing-masing informasi di bawah ini:

· Daftar Isi, klik di: (Buka) (Download)

· Contoh-contoh tampilan data (tabel/grafik), klik di: (Buka) (Download)

· Harga dan form pemesanan, klik di: (Buka) (Download)

Atau kunjungi http://www.astosubroto.com

Anda juga dapat menghubungi MARS, baik tentang ICP maupun rencana melakukan Marketing Research di 021-4753080. Atau dapat langsung ke:

Marketing Division:

Bapak Imam Fauzie (0815 9290 306) | imam.fauzie@marsindonesia.com

for all your marketing research needs,
just call : MARS Indonesia
Telp: (021) 4753080 | Fax: (021) 4753110 | email :
marketing@marsindonesia.com
Graha MARS, Jalan Paus No.89G , Rawamangun , JAKARTA – 13220

No comments: