Monday, April 14, 2008

MARS Newsletter - "Mengintip" Pola Belanja Konsumen.

MARKETING RESEARCH
Marketing Research & Consumer Behaviour Newsletter

Edisi 12 Tahun ke 2, April 2008

“Mengintip” Pola Belanja Konsumen Indonesia

Bagaimana pola belanja konsumen Indonesia di tahun 2008 ini? Pertanyaan ini menarik. Karena, dengan mengetahui lebih dalam mengenai pola belanja konsumen, maka sebuah perusahaan dapat lebih siap mengatur strategi bisnisnya agar dapat memenuhi permintaan konsumen sekaligus memenangi persaingan.

Namun, untuk memprediksi perilaku belanja konsumen tahun 2008 kita perlu melihat kembali ke tahun 2007. Seperti apa pola belanja konsumen pada tahun 2007? Misalnya, apa tempat favorit konsumen untuk berbelanja makanan, pakaian, barang-barang elektronik, dan aneka kebutuhan rumah tangga lainnya? Dan bagaimana pola belanja secara kredit?

Hasil survey dan riset MARS Indonesia dalam Indonesian Consumer Profile 2008 menunjukan bahwa, selama tahun 2007, tempat favorit berbelanja berbagai kebutuhan makanan dan aneka kebutuhan rumah tangga lainnya adalah Carrefour. Sedangkan untuk kebutuhan pakaian, Matahari Department Store menjadi pilihan pertama.

Yang menarik, ternyata untuk kebutuhan elektronik, Carrefour menjadi tempat favorit untuk wilayah Jakarta. Ini berarti, Carrefour mampu memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen. Namun, untuk wilayah Surabaya, Hartono Elektronik merupakan tempat favorit belanja elektronik.

Tabel: Jenis Belanja Konsumen Secara Kredit (2007)*

No

Jenis Belanja

TOTAL

KOTA

Jakarta

Surabaya

1

Sepeda motor

44.1

37.6

55.7

2

Rumah

34.1

33.6

42.2

3

Barang elektronik

17.0

21.5

5.8

4

Mobil

8.9

10.6

7.0

5

Alat-alat Rumah Tangga

1.3

1.7

0.5

*Kelas A & B

Sumber: Indonesian Consumer Profile

Bagaimana dengan pola belanja secara kredit? Data dari ICP 2008 menunjukan bahwa pada tahun 2007 sebanyak 28% responden berbelanja secara kredit. Dan, mayoritas dari 28% responden tersebut melakukan kredit untuk keperluan pembelian sepeda motor. Kemudian, untuk kebutuhan pembelian rumah, dan ketiga untuk keperluan barang-barang elektronik.

Nah, dengan mengetahui lebih banyak data mengenai pola belanja konsumen, maka perusahaan memiliki banyak ‘amunisi’ dalam membuat strategi pemasaran yang ampuh. Dan, perusahaan pun menjadi lebih percaya diri dalam memenangi persaingan yang semakin kompetitif seperti saat ini.***

www.astosubroto.com

=== P R O D U K B A R U ===

INDONESIAN CONSUMER PROFILE (ICP)2008

Data Lengkap Profil & Perilaku Konsumen Indonesia

Limited Edition

Bagi pelaku bisnis, data merupakan basis bagi pengambilan keputusan. Walaupun seringkali yang dibutuhkan tidak terlalu detail, tetapi ketersediaan data merupakan hal yang tidak dapat ditawar.

Yang sering kali terjadi adalah data tidak tersedia (kalaupun ada menjadi terlalu mahal), dan untuk mengadakan riset sendiri membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Sehingga para pengambil keputusan bisnis sering mendasarkan diri hanya berdasarkan asumsi.

MARS (PT MARS Indonesia), perusahaan konsultan riset pemasaran sejak 1992, menerbitkan INDONESIAN CONSUMER PROFILE 2008 (ICP) yang berisi tentang:

· Populasi Konsumen Indonesia

· Income & Expenditure Konsumen Indonesia

· Perilaku Belanja Konsumen Indonesia.

· Media Habit Konsumen Indonesia

· Profil & Perilaku Konsumen: Komputer dan Internet

· Profil & Perilaku Konsumen: Telekomunikasi

· Profil & Perilaku Konsumen: Perbankan

· Profil & Perilaku Konsumen: Asuransi

· Profil & Perilaku Konsumen: Otomotif dan Transportasi.

· Perilaku Konsumen Tentang Kesehatan.

· Penetrasi Produk Personal dan Rumah Tangga

Laporan ini dijual untuk umum dengan harga Rp. 11.960.000.

Untuk melihat selengkapnya tentang INDONESIAN CONSUMER PROFILE (ICP) 2008, silahkan klik masing-masing informasi di bawah ini:

· Daftar Isi, klik di: (Buka) (Download)

· Contoh-contoh tampilan data (tabel/grafik), klik di: (Buka) (Download)

· Harga dan form pemesanan, klik di: (Buka) (Download)

Atau kunjungi http://www.astosubroto.com

Anda juga dapat menghubungi MARS, baik tentang ICP maupun rencana melakukan Marketing Research di 021-4753080. Atau dapat langsung ke:

Marketing Division:

Bapak Imam Fauzie (0815 9290 306) | imam@mars-e.com


Ajang INDONESIAN BEST BRAND AWARD (IBBA) 2008

akan segera dimulai

Bagaimana Anda mengetahui

PERSEPSI konsumen terhadap MEREK Anda? KEKUATAN MEREK Anda dibanding merek pesaing? Berapa besarnya NILAI MEREK Anda?

Temukan jawabannya dalam

B R A N D E Q U I T Y & OMNIBUS S U R V E Y 2008

Laporan ini memuat analisis tentang:

- Brand Awareness

- Brand Used Most Often

- Brand Satisfaction & Loyalty

- Market Share Projection

- dan masih banyak lagi

Untuk informasi lebih lengkap, download disini

PESAN SEKARANG JUGA KE (021) 475-3080 atau

Imam (08159290306) Satria (081385955785)

Ikuti pula OMNIBUS SURVEY 2008

Di 7 KOTA dengan total 5.200 RESPONDEN

for all your marketing research needs,
just call : MARS Indonesia
Telp: (021) 4753080 | Fax: (021) 4753110 | email : marketing@mars-e.com

Graha MARS, Jalan Paus No.89G , Rawamangun , JAKARTA – 13220

No comments: