Friday, March 28, 2008

Hasil Riset MARS: Dominasi Asuransi Jiwa

MARKETING RESEARCH
Marketing Research & Consumer Behaviour Newsletter

Edisi 11 Tahun ke 2, Maret 2008

Dominasi Asuransi Jiwa Bumiputera

Bisnis industri asuransi semakin menarik. Lihat saja, dari tahun ke tahun terus terjadi peningkatan market share. Bahkan, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memperkirakan pada tahun 2008 industri asuransi jiwa akan tumbuh sekitar 30%.

Pertumbuhan ini dipercaya karena adanya kontribusi yang besar dari produk unit linked dan saluran distribusi bancassurance. Selain itu, juga karena adanya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya asuransi. Meningkatnya kesadaran ini dimungkinkan karena peran Badan Mediasi Asuransi Indonesia (BMAI) yang sangat membantu dalam melakukan sosialisasi kemasyarakat.

Namun, tetap ada beberapa tantangan yang harus diperhatikan pelaku bisnis asuransi. Seperti misalnya masalah perlindungan kepuasan konsumen, masih rendahnya perhatian perusahaan terhadap good corporate governance, dan yang juga cukup penting adalah mengenai ketatnya persaingan antar perusahaan.

Tabel Perusahaan Asuransi Jiwa yang Digunakan oleh Konsumen (2007)*

No

Asuransi

Total

Jakarta

Surabaya

1

Bumiputera

27.6

23.5

30.8

2

Jiwasraya

12.8

11.4

22.4

3

Jamsostek

9.1

12.6

0.0

4

Allianz Life Indonesia

5.5

5.8

4.0

5

Eka Life

5.0

7.4

0.0

*Kelas A & B

Sumber: Indonesian Consumer Profile

Berdasarkan hasil riset MARS dalam Indonesian Consumer Profile, teramati bahwa Bumiputera menempati posisi pertama dalam lima besar asuransi jiwa yang dipilih konsumen selama tahun 2007. Kemudian diikuti oleh Asuransi Jiwasraya, Jamsostek, Allianz Life, dan Eka Life.

Dominasi Bumiputera untuk kategori asuransi jiwa cukup terlihat dari tahun ke tahun. Hal ini dimungkinkan karena Bumiputera telah berdiri sejak 1912 dan namanya telah memiliki kekuatan di benak konsumen. Apalagi, Bumiputera telah lebih awal dalam menerapkan strategi pemasaran yang menggunakan para agen asuransi (sales force). Jadi, hal yang wajar bila Bumiputera mendominasi pasar kategori asuransi jiwa.

Untuk itu, menjadi sebuah tantangan yang menarik bagi Jiwasraya, Jamsostek, dan beberapa perusahaan lainnya untuk bisa mematahkan dominasi Bumiputera. Karena pastinya, dibutuhkan strategi pamasaran yang tidak biasa. Tetapi, strategi yang benar-benar ampuh agar dapat mengakuisisi konsumen dari Bumiputera sekaligus memenangkan konsumen baru. Kita tunggu saja hasilnya sampai akhir tahun 2008.***

www.astosubroto.com

=== P R O D U K B A R U ===

INDONESIAN CONSUMER PROFILE (ICP)2008

Data Lengkap Profil & Perilaku Konsumen Indonesia

Bagi pelaku bisnis, data merupakan basis bagi pengambilan keputusan. Walaupun seringkali yang dibutuhkan tidak terlalu detail, tetapi ketersediaan data merupakan hal yang tidak dapat ditawar.

Yang sering kali terjadi adalah data tidak tersedia (kalaupun ada menjadi terlalu mahal), dan untuk mengadakan riset sendiri membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Sehingga para pengambil keputusan bisnis sering mendasarkan diri hanya berdasarkan asumsi.

MARS (PT Capricorn MARS Indotama), perusahaan konsultan riset pemasaran sejak 1992, menerbitkan INDONESIAN CONSUMER PROFILE 2008 (ICP) yang berisi tentang:

· Populasi Konsumen Indonesia

· Income & Expenditure Konsumen Indonesia

· Perilaku Belanja Konsumen Indonesia.

· Media Habit Konsumen Indonesia

· Profil & Perilaku Konsumen: Komputer dan Internet

· Profil & Perilaku Konsumen: Telekomunikasi

· Profil & Perilaku Konsumen: Perbankan

· Profil & Perilaku Konsumen: Asuransi

· Profil & Perilaku Konsumen: Otomotif dan Transportasi.

· Perilaku Konsumen Tentang Kesehatan.

· Penetrasi Produk Personal dan Rumah Tangga

Laporan ini dijual untuk umum dengan harga Rp. 11.960.000.

Untuk melihat selengkapnya tentang INDONESIAN CONSUMER PROFILE (ICP) 2008, silahkan klik masing-masing informasi di bawah ini:

· Daftar Isi, klik di: (Buka) (Download)

· Contoh-contoh tampilan data (tabel/grafik), klik di: (Buka) (Download)

· Harga dan form pemesanan, klik di: (Buka) (Download)

Atau kunjungi http://www.astosubroto.com

Anda juga dapat menghubungi MARS, baik tentang ICP maupun rencana melakukan Marketing Research di 021-4753080. Atau dapat langsung ke:

Marketing Division:

Bapak Imam Fauzie (0815 9290 306) | imam@mars-e.com

Ajang INDONESIAN BEST BRAND AWARD (IBBA) 2008

akan segera dimulai

Bagaimana Anda mengetahui

PERSEPSI konsumen terhadap MEREK Anda? KEKUATAN MEREK Anda dibanding merek pesaing? Berapa besarnya NILAI MEREK Anda?

Temukan jawabannya dalam

B R A N D E Q U I T Y & OMNIBUS S U R V E Y 2008

Laporan ini memuat analisis tentang:

- Brand Awareness

- Brand Used Most Often

- Brand Satisfaction & Loyalty

- Market Share Projection

- dan masih banyak lagi

Untuk informasi lebih lengkap, download disini

PESAN SEKARANG JUGA KE (021) 475-3080 atau

Imam (08159290306) Satria (081385955785)

Ikuti pula OMNIBUS SURVEY 2008

Di 7 KOTA dengan total 5.200 RESPONDEN

for all your marketing research needs,
just call : MARS – Research Specialist
Telp: (021) 4753080 | Fax: (021) 4753110 | email : marketing@mars-e.com

Graha MARS, Jalan Paus No.89G , Rawamangun , JAKARTA – 13220

If you don’t want to receive Marketing Research newsletter, just reply & type unsubscribe


No comments: